10 Air Terjun Menakjubkan Di Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki berbagai objek wisata andalan yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata bagi turis lokal maupun internasional. Salah satunya adalah berbagai air terjun indah yang tersebar di hampir semua kabupaten di wilayah propinsi Jawa Tengah. Di mana sajakah air terjun tersebut berada? Yuk, simak satu per satu. Siapa tahu saat mampir di Jawa Tengah, Anda bisa berwisata ke salah satu air terjun ini.

Curug Tujuh Bidadari

Berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kab. Semarang. Merupakan air terjun 3 susun setinggi sekitar 10 meter ini airnya jernih, segar dan udaranya sejuk serta dikelilingi pohon dengan pemandangan terasiring persawahan. Tidak jauh dari tempat itu, gemericik air di pertemuan dua sungai yaitu Sungai Beringin dan Sungai Banteng, memecah kesunyian. Konon, sejumlah bidadari pernah mampir untuk mandi di air terjun tersebut. Menjadikan air terjun tujuh bidadari merupakan sebuah perpaduan yang menyenangkan bagi penyuka jalan-jalan, sepeda gunung, dan fotografi serta membantu menghilangkan penat dari rutinitas.

Air Terjun Grojogan Sewu

Di dalam hutan wisata Tawangmangu curug Grojogan Sewu ini berada. Masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 80 meter dan aliran yang sangat deras sehingga percikannya membasahi daerah sekitar, menjadikan air terjun ini favorit wisatawan di Jawa Tengah. Untuk mencapai air terjun, kita harus menuruni anak tangga, dan perjalanannya cukup melelahkan. Apalagi saat pulang, anak tangga yang harus dinaiki sangatlah berat. Di sini kita bisa menjumpai monyet yang hidup liar, dan juga berbelanja tanaman hias. Kuliner yang terkenal adalah sate kelinci.

Air Terjun Curug Sewu

Namanya hampir mirip dengan Grojogan Sewu ya, tapi Air Terjun Curug Sewu ini ada di Kabupaten Kendal. Curug Sewu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya, karena ketinggiannya yang mencapai 80 meter ini terdiri dari 3 tingkat, masing-masing 45, 15 dan 20 meter. Lokasinya berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, dan memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, gardu pandang, taman bermain anak dan kebun binatang.

Air Terjun Grinjingan Sewu

Air terjun dengan ketinggian 25 meter ini berada di tengah kesejukan alam yang asri dan indah. Lingkungan yang masih alami, terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati. Karena aksesnya yang masih sulit dilalui kendaraan bermotor, maka objek wisata yang satu ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Anda mau jadi salah satu yang paling awal?

Air Terjun Songgolangit

Objek wisata ini terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, 30 kilometer setelah utara Kota Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter. Dinamakan Songgolangit karena dilihat dari bawah maka air terjun tersebut nampak seakan menjadi penyangga horizon. Panorama alam di sekitar objek wisata ini begitu indah dan udaranya cukup nyaman. Cocok untuk acara santai atau kegiatan rekreasi lainnya. Banyak kupu kupu beraneka ragam dengan warna warni yang cukup indah. Objek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua karena jalan beraspal cukup baik.

Curug Bengkawah

Curug Bengkawah menawarkan keaslian air terjun alami yang belum tersentuh. Suara gemuruh air terjun seolah bersahutan dengan kicau burung liar. Dinaungi rindangnya pepohonan, menjadikan kawasan wisata Curug Bengkawah ini masih terasa sangat asri. Objek wisata ini terletak di Desa Sekasur, kecamatan Belik, 35 kilometer arah selatan Kota Pemalang. Tantangan menuju Curug Bengkawah ialah harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Air Terjun Kedung Kayang

Objek wisata ini berada di jalur lalu lintas Blabak – Boyolali, atau di sebelah selatan Ketep. Tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Air Terjun Kedung Kayang menyimpan panorama yang menawan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut.

Curug Trocoh Temanggung

Curug Trocoh dikenal pula dengan nama curug Surodipo. Surodipo adalah nama seorang pengikut setia Pangeran Diponegoro. Pernah dipercaya sebagai panglima perang saat melawan tentara Belanda. Lokasi Curug Trocoh ini ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Selain curug, daerah ini dulunya adalah lokasi Pangeran Diponegoro membangun benteng pertahanan dan mengumpulkan panglima perangnya. Air di Curug Trocoh tak pernah berhenti mengalir sepanjang tahun, termasuk saat musim kemarau.

Curug Silangit

Kabupaten Purworejo memiliki satu objek wisata air terjun yang unik yang terletak di Desa Kaligesing, tepatnya di Dusun Jaketro, Desa Kaligono. Salah satu daya tarik curug Silangit adalah karena memiliki 3 tingkatan, yaitu 30 meter, 10 meter dan terakhir 10 meter. Masing-masing tingkatan memiliki kolam di bawah curug. Pengunjung biasanya memanfaatkan kolam-kolam sedalam sekitar 5 meter tersebut untuk mandi dan berenang.

Air Terjun Gumiwang

Air terjun Gumiwang terletak di dalam lokawisata Baturaden dengan ketinggian sekitar 25 meter dan bersumber dari mata air Gunung Slamet. Banyak anak-anak di sekitar Baturaden yang melakukan atraksi terjun / lompat dari puncak air terjun dan menyelam untuk mengambil uang logam yang dilempar pengunjung.

3168 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *