10 Museum Terkenal Di Jawa Tengah

Jawa Tengah, memiliki banyak Museum yang bisa anda datangi sebagai wisata sejarah dalam daftar tujuan wisata jalan-jalan anda. Beberapa yang bisa anda kunjungi akan saya ceritakan di bawah ini. Sebagian besar berlokasi di Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah, dan beberapa lagi berada di kota sekitarnya.

Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito adalah museum terlengkap di Kota Semarang. Dengan luas 1,8 hektar, museum ini menampung berbagai koleksi alam, arkeologi, sejarah, hingga pembangunan saat ini terdokumentasi di dalam museum ini. Buka setiap hari kecuali hari Senin, dari jam 08.00 hingga 14.00 wib.

Museum Mandala Bakti

Museum Mandala Bakti, sumber gambar.

Museum Mandala Bakti

Ingin mempelajari lebih jauh tentang bagaimana ABRI membantu memperoleh dan mempertahankan kemerdekaannya dari musuh? Museum Mandala Bakti memiliki koleksi berbagai macam data dan senjata, serta peralatan perang yang cukup lengkap.

Museum Jamu Jago dan Muri

Kenal dengan Jaya Suprana? Kunjungi jalan Setiabudi No. 179 di Srondol, Semarang. Di dalam museum jamu jago dan Muri ini anda bisa melihat berbagai macam koleksi foto dan alat pembuatan jamu tradisional, dan berbagai macam catatan rekor dan prestasi anak bangsa dari berbagai bidang. Berbeda dengan kebanyakan museum lain yang tutup pada hari Senin, Museum Jamu Jago dan Muri ini malah memiliki jadwal buka dari Senin hingga Jum’at, mulai jam 08.00 hingga 16.00, dengan biaya masuk gratis.

Museum Kereta Api Ambarawa

Agak sedikit ke luar kota Semarang, ada sebuah museum di Kota Ambarawa, yang memiliki berbagai macam lokomotif tua sebagai koleksinya. Di museum inilah, berbagai lokomotif buatan Belanda, Swiss dan Jerman, dikumpulkan. Jika sedang beruntung, anda juga bisa menikmati jalan-jalan berwisata bersama 100 orang teman lainnya secara berombongan, menempuh jarak sekitar 10 kilometer dari Ambarawa menuju Bedono, pp.

Museum Diponegoro

Di Museum inilah, merupakan kamar yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro pada jaman dahulu. Lokasinya di Pendopo Karesidenan Kedu. Dibangun tahun 1810 dan memiliki berbagai koleksi peninggalan Pangeran Diponegoro. Salah satu peninggalan berharganya adalah sebuah meja kursi untuk berunding, di mana salah satu sisinya terdapat bekas guratan kuku Pangeran Diponegoro saat berunding.

Museum Gula

Di luar Kota Semarang, terdapat Museum Gula di Kota Klaten, sebuah kota di antara Yogyakarta dan Solo. Di Museum Gula ini terdapat sebuah pabrik gula yang dibangun pada tahun 1860. Anda bisa mengunjungi museum ini karena ada tour yang bisa anda nikmati naik lokomotif, melihat proses produksi gula. Tetapi tour ini hanya diselenggarakan hanya di bulan Mei hingga Agustus, karena pada bulan tersebut panen raya tebu dan produksi gula dilakukan.

Museum Kubah Sangiran

Sragen, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, memiliki objek wisata museum yang cukup terkenal, berlokasi di kawasan Kubah sangiran, Museum sangiran menjadi salah satu tujuan yang bisa anda kunjungi saat jalan-jalan ke Jawa Tengah. Terletak di kaki Gunung Lawu, 17 kilometer dari Kota Solo. Sangiran adalah nama daerah yang sering disebut dalam pelajaran sejarah yang saat sekolah kita pelajari, merupakan daerah ditemukannya fosil manusia purba. Bagi anda yang tertarik dengan arkeologi, situs wisata sejarah Museum dan Kubah Sangiran cocok untuk dikunjungi.

Museum Kretek

Kudus adalah salah satu kabupaten terpenting jika kita sedang membicarakan industri rokok dan kretek di Indonesia. Anda bisa jalan-jalan ke Museum Kretek yang terletak di Kudus jika ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana sejarah rokok dan kretek dibuat. Sebelum tahun 1900, rokok kretek telah diproduksi secara masal di pabrik rokok yang terdapat di Kudus, Jawa Tengah. Haji Djamari, dipercaya sebagai yang paling pertama memproduksi rokok kretek yang dibungkus dengan klobot, kulit jagung yang telah dikeringkan.

Museum RA Kartini

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang Kartini, sosok perempuan yang memperjuangkan emansipasi di negeri ini, cocok jika Anda jalan-jalan ke Jepara, kota asal Kartini. Terlahir sebagai anak seorang adipati, Kartini meninggalkan begitu banyak benda bersejarah yang kini semuanya dimuseumkan di dalam Museum Kartini. Belum lama berdiri (1975) museum ini sudah menyedot banyak perhatian pengujung.

Museum Tosan Aji

Jika kebetulan anda melintas di Purworejo, sebuah Kabupaten yang cukup ramai dan strategis di Jawa Tengah, tak ada salahnya jika berkunjung ke Museum Tosan Aji. Museum ini dikenal karena memiliki berbagai koleksi benda peninggalan pusaka seperti keris dan tombak dari jaman dahulu.
Majapahit sebagai sebuah kerajaan yang sangat terkenal pada jamannya, tentu saja memiliki berbagai pusaka dan alat-alat yang bernilai sejarah tinggi untuk dipelajari. Tanggal 1 Syuro adalah tanggal yang ramai di Museum Tosan Aji, karena pada saat itulah dilakukan prosesi jamasan atau “pemandian” alat-alat sakti tersebut.

18712 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply