10 Pantai Baru yang Harus Kamu Kunjungi di Tahun 2014

Bagi sebagian orang, Pantai Kuta atau Pantai Pangandaran mungkin sudah mulai membosankan. Indonesia memiliki ratusan pantai tersembunyi yang masih perawan dan belum banyak dijamah wisatawan lokal dan mancanegara. Selain masih perawan, pantai-pantai ini juga akan menawarkan pengalaman baru bagi kamu.

1. Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi memiliki batu-batu besar, pasir putih, dan ombak yang bersahabat. Batu-batu yang terkenal karena film Laskar Pelangi itu konon berasal dari langit karena di sekitarnya sama sekali tidak ada gunung berapi. Bebatuan itu membuat Pantai Tanjung Tinggi ini tersekat-sekat yang membentuk bilik-bilik pantai. Inilah yang membuat seolah inilah pantai pribadi kamu. Tidak jauh dari pantai ini, kamu bisa naik perahu untuk melihat mercusuar tua di Pulau Lengkuas.

2. Pantai Teluk Kiluan, Lampung

Teluk Kiluan menjadi satu-satunya pantai yang menawarkan pengalaman melihat lumba-lumba di alam bebas. Jika sedang beruntung, kamu bisa melihat lumba-lumba berlompat-lompatan ke permukaan di samping perahu yang sedang kamu naiki. Jika hari sedang cerah akan ada ratusan lumba-lumba yang ‘berterbangan’. Kamu juga bisa snorkeling di sekitar pantai atau menikmati laguna berukuran separuh lapangan kolam renang olimpik. Kamu juga bisa bermain pasir putih yang ada di sepanjang pantai ini.

3. Pantai Kaimana, Papua Barat

Kamu tentu pernah mendengar lagu “Senja di Kaimana” ciptaan Alfian di era 60-an. Liriknya memang benar, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam di bulan Agustus di Pantai Kaimana. Kamu bisa menyelam di Teluk Triton. Katanya menyelam di teluk ini seperti masuk ke dalam surga bawah laut karena terumbu karangnya berwarna-warni. Di Teluk Triton ini, kamu juga bisa melihat ikan hiu karena di musim angin timur. Tidak jarang pula lumba-lumba yang bisa kamu temui di Pantai Kaimana ini.

4. Pantai Koka, Nusa Tenggara Timur

Pantai Koka terletak sekitar 45 kilometer dari ibukota Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Cara paling gampang adalah dengan menyewa mobil dan menyetir dari BandaRA Frans Seda di Maumere. Pantai Koka dilindungi oleh perbukitan sehingga benar-benar tersembunyi dari keramaian. Di Pantai Koka ini juga tidak ada pedagang cendera mata, warung, restoran, apalagi penginapan. Datanglah pada tengah pekan dan kamu bisa menikmati Pantai Koka nan indah ini selayaknya pantai pribadi.

5. Pantai Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan

Konon kisah Pulau Sebuku tertulis sejak zaman Majapahit, Kakawin Negarakertagama, karya Mpu Prapanca. Dalam kitab itu, Mpu Prapancau menyebut Pulau Sebuku sebagai Sawaku dengan laut biru teduh bersisian dengan bukit-bukit hijau menawan. Pulau Sebuku ini bisa dicapai melalui Banjarmasin, dilanjutkan menuju Pelabuhan Batulicin. Dari pelabuhan kamu bisa menyewa feri menuju Pulau Sebuku. Karena tidak ada penginapan di Pulau Sebuku, kamu bisa menginap di rumah penduduk setempat.

6. Pantai Liang, Maluku Tengah

Pantai Liang terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahatu, Kabupaten Maluku Tengah. Tahun 1990, Badan Pembangunan PBB (UNDP) menetapkan Pantai Liang ini sebagai tempat terindah di Indonesia. Pasir putih menghampar sepanjang 1 kilometer dengan lebar mencapai 300 meter, jadi kamu bisa menikmati pasir putih yang luas di Pantai Liang ini. Untuk mencapai Pantai Liang, kamu harus mencapai Bandara Internasional Pattimura, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh 40 kilometer menuju Hunimua.

7. Pantai Rancabuaya di Jawa Barat

Pantai Rancabuaya yang juga kerap disebut Pantai Rawa Buaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut. Pantai yang memiliki kontur berkarang ini memiliki luas 10 hektar, namun yang dijadikan area wisata hanya 2 hektar. Dari ketinggian bukit, kamu bisa melihat pemandangan pantai dan laut lepas yang berwarna biru kehijauan. Pantai Rancabuaya ini berjarak sekitar 167 kilometer dari Kota Bandung. Fasilitas vila, penginapan, dan restoran sudah disediakan untuk pengunjung pantai ini.

8. Pantai Teluk Hijau, Jawa Timur

Pantai Teluk Hijau terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih nan halus. Ada satu karang besar di Pantai Teluk Hijau ini, dihiasi satu pohon kecil di atasnya. Sedangkan karang-karang besar lainnya seolah menjadi pagar untuk pantai ini, menjadikan Pantai Teluk Hijau sebuah pantai yang terlindung. Selama perjalanan menuju Pantai Teluk Hijau, kamu bisa menikmati pemandangan alam gunung dan hutan yang tidak kalah indahnya.

9. Pantai Tangsi, Nusa Tenggara Barat

Dinamakan Pantai Tangsi karena dulunya di pantai ini dibangun benteng Jepang untuk Perang Dunia II. Jejak tentara Jepang masih bisa ditemukan di terowongan dan sisa meriam yang menghadap ke laut lepas. Pantai Tangsi ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit yang bisa dijangkau sekitar 2 jam dari Kota Mataram. Di dekatnya juga ada Pantai Temeak dan Pantai Colong yang dipisahkan bukit karang. Ada penginapan sekitar 4 kilometer dari pantai, atau kamu juga bisa berkemah di dekat pantai.

10. Pantai Cubadak, Sumatera Barat

Pantai Cubadak bisa dicapai melalui Pelabuhan Carocok di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Dari Pelabuhan Carocok, kamu bisa naik kapal motor sekitar 15 menit. Di Pantai Cubadak ini ada Cubadak Paradiso Village yang dikelola oleh orang asing, Gianluigi Casalegno. Setelah 21 tahun di Pantai Cubadak, Gianluigi Casalegno berhasil membangun 15 bungalo. Untuk menjaga keasrian Pantai Cubadak ini, pengunjung hanya dibatasi maksimal 35 orang per hari saja.

6404 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply