10 Pantai Terindah di Indonesia

1. Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

tanjung bira

Nama Pantai Tanjung Bira tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga sudah terkenal juga sampai mancanegara. Pemerintah Daerah Bulukumba dan Propinsi Sulawesi Selatan telah mencoba menata Pantai Tanjung Bira secara rapi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata andalan. Tak rugi jika Anda memutuskan jalan-jalan ke Pantai Tanjung Bira di Bulukumba Sulawesi Selatan ini. Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

2. Pantai Dreamland, Bali

dreamland

Pantai Dreamland memiliki pasir putih lembut dan pantai lebih bersih daripada pantai-pantai di daerah wisata utama. Yang bisa dilakukan di Dreamland antara lain melihat surfing indah dan aktivitas bersantai lainnya. Juga menikmati matahari terbenam yang spektakuler. Pantai Dreamland berada di sebelah selatan Bali, sekitar 30 sampai 40 menit dari Kuta. Ada 2 cara alternatif untuk pergi ke Pantai Dreamland. Anda dapat pergi melalui daerah Teluk Jimbaran atau melalui Universitas Udayana (sebuah universitas publik terkenal di Bali), kedua melalui Garuda Wisnu Kencana (GWK).

3. Pantai Karang Bolong, Banten

Pantai Karang Bolong  memiliki sebuah lubang dari karang besar yang teronggok di pinggir laut. Karang bolong merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang berada di kawasan pantai Anyer. Bila cuaca cerah tak berawan, samar-samar akan terlihat bayangan Gunung Krakatau yang berdiri kokoh ditengah laut. Karang bolong terletak 50 km dari Kota Serang, berjarak 16 Km dari Pantai Carita Banten atau 140 km dari Jakarta. Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong. Pantai Karang Bolong dilengkapi dengan pondok peristirahatan, taman bermain anak dan kolam renang.

4. Pantai Tanjung Ular, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Ular yang terletak di Provinsi Bangka Belitung ini memiliki pasir berwarna kekuningan, dengan batu karang berwarna kemerahan. Ini menjadi ciri khas pantai ini dibandingkan pantai lain yang memiliki batu karang berupa granit. Pantai ini juga landai sehingga aman untuk berenang. Air pantainya juga jernih karena Pantai Tanjung Ular ini masih terjaga ekosistem air laut yang berupa terumbu karang yang masih banyak. Sehingga jika Anda bisa menyelam ke laut di pantai ini, banyak terumbu karang dan ikan yang masih terjaga. Bentuknya yang bagus, indah, dan sangat patut dikagumi.

5. Pantai Pink Beach, Pulau Komodo

Pantai Narsis

Pemandangan lain yang menakjubkan di Pulau Komodo adalah pantai pasir merah muda. Fenomena langka pewarnaan disebabkan oleh karang merah di perairan sekitarnya yang bergabung dengan pantai pasir putih alami dan membentuk warna merah muda yang eksotis. Nama Pink Beach diberikan oleh wisatawan asing tetapi oleh penduduk setempat pantai ini lebih dikenal sebagai Red Beach (Pantai Merah). Menariknya dari Pink Beach adalah ketika gelombang menyapu pasir dan menariknya kembali, maka pasir berubah warna menjadi merah muda gelap, sangat indah! Butiran pasir yang lembut dan halus, terasa lembut saat berjalan atau berjemur di atasnya.

6. Pantai Lasiana, Nusa Tenggara Timur

Menyaksikan matahari tenggelam di Pantai Lasiana menjadi pengalaman tak terlupakan. Pantai Lasiana sudah terkenal sejak tahun 1970-an. Dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama yang berasal dari Amerika, Inggris, Jerman dan Australia. Wisatawan asing ini memanfaatkan Pantai Lasiana sebagai tempat untuk berselancar dan berenang hampir sepanjang minggu. Garis pantai Lasiana yang melengkung sepanjang kurang lebih satu kilometer, sangat tepat untuk berselancar. Sama seperti wisatawan asing yang datang ke pantai lainnya di Indonesia seperti Kuta atau Dreamland, di Pantai Lasiana, wisatawan asing juga banyak berjemur di pantai pasir putihnya.

7. Pantai Ngurbloat di Kepulauan Kei

Pantai Ngurbloat memiliki pasir putih yang sangat indah. Di sudut pantai yang lain, anak-anak Ohoidertawun sedang bermain perahu-perahuan yang dibuat dari sabut kelapa. Layarnya adalah daun kelapa yang dipotong-potong. Begitu diletakkan  di permukaan air, perahu langsung berlayar ditiup angin. Mainan sederhana berbahan natural ini tentu sulit ditemui di kota besar. Begitu perahu melaju, anak-anak berlarian membuntutinya. Tawa canda mereka begitu lepas. Inilah mungkin sensasi terbaik yang ditawarkan Kei : kebahagiaan yang menyatu dengan alam.

8. Pantai Teluk Tanjug Aan, Lombok

Untuk pantai selatan Lombok terletak Pantai Kuta. Tanjung Aan, surga bagi pecinta pantai merupakan kawasan sangat bagus dekat Pantai Kuta. Tanjung Aan memiliki pasir pantai yang menyerupai merica. Pantai ini menyediakan satu kesempatan yang luas untuk berkumpul dan bersenang-senang dengan teman-teman atau keluarga tercinta. Satu-satunya aspek negatif yang dapat dikaitkan dengan pantai ini adalah bahwa di tempat ini masih ada kemungkinan untuk diganggu oleh pedagang asongan.
Teluk Tanjung Aan membentang sepanjang satu kilometer dan gelombang raksasa yang memecah di pantai. Air laut pirus, membangkitkan keinginan untuk membuka rahasia tersembunyi dari pantai ini.

9. Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat

Pantai Santolo memiliki pemandangan kumpulan batu-batu besar, dan laut biru menjadi pemandangan yang indah. Menikmati panorama pantai dan biota laut, merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau. Bagi teman-teman yang ingin bermalam, di sekitar pantai tersedia banyak penginapan untuk bermalam. Harga sewanya pun terjangkau, sekitar Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- per hari.

10. Pantai Beras Basah, Kalimantan Timur

Pantai Beras Basah terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Sepanjang perjalanan dari Bontang Kuala menuju Pantai Beras Basah, dapat terlihat banyak pulau kecil, perkampungan penduduk di atas laut, dan juga pohon-pohon bakau. Air laut terlihat sangat jernih. Kita dapat melihat berbagai tumbuhan laut dan ikan-ikan kecil dengan mata telanjang. Mercusuar yang terlihat dari kejauhan, menandakan kita sudah dekat dengan bibir Pantai Beras Basah. Pantai Beras Basah memiliki pasir yang putih. Cocok untuk melepas lelah sambil berwisata menikmati pemandangan alamnya yang masih sangat alami.

21598 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

4 Comments

  1. Ejawantah Wisata June 30, 2013
  2. Dewa July 17, 2013
    • admin July 17, 2013
  3. Firman October 12, 2015

Leave a Reply