10 Tempat Wisata di Nusa Lembongan Yang Masih Ingin Saya Datangi

Nusa Lembongan dari Hotel Pandana

Saya sudah sering ke Bali dan dari sekian banyak itu, sekali jalan-jalan ke Nusa Lembongan. Cuma dua hari satu malam sih, jadinya masih berasa kurang lama. Pengeeeen lagi ke Nusa Lembongan, karena di pulau itu suasananya tenang dan pantainya indah-indah.

Buat yang mau honeymoon cocok banget, pilih hotel yang punya pemandangan ngadep ke pantai dan leyeh-leyeh aja nikmatin pemandangan. Foto di atas saya ambil sewaktu nginep di Pandana Boutique Hotel. Cakep kan pemandangannya? Bisa lihat day cruises yang sliweran wara-wiri bawa wisatawan.

Di Devils Tears

Pantai-pantainya jangan ditanya lagi gimana keindahannya. Bali mah emang masih belom ada yang bisa nandingin kalau soal pariwisata di Indonesia. Total jumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai mungkin yang tersibuk di Indonesia. Tiket pesawatnya juga relatif murah dari mana saja. Penerbangan dari Jakarta bisa puluhan kali dalam sehari.

Dari Sanur, kita bisa naik fast boat menuju Nusa Lembongan dalam waktu setengah jam saja. Langsung deh sampai Nusa Lembongan disambut Mushroom Beach yang kecenya ampun-ampunan.

Di Pantai Mushroom

Nah, tapi bedanya dengan Bali daratan, di pulau Nusa Lembongan nggak ada sewa mobil. Adanya sewa motor dan sewa sepeda doang. Karena pulaunya cukup kecil, bisa kok dalam dua hari keliling seluruh pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sekaligus. Tapi kalau mau puas menikmati semua obyek wisatanya, ya harus meluangkan waktu lebih banyak lagi.

Dream Beach

Sebagian besar wisatawan yang ke Nusa Lembongan ini adalah wisatawan asing. Dikiiit banget wisatawan lokal yang saya lihat nyebrang dari Bali ke Nusa Lembongan ini. Kalau mau lihat suasana baru di Bali, layaklah nyobain jalan-jalan ke Nusa Lembongan ini.

Karena dulu saya belom puas, masih pengen deh nantinya ke Nusa Lembongan lagi. Masih ada banyak yang belum saya lihat dan cobain di sana. Apa saja itu?

1. Nikmati Asyiknya Nusa Lembongan Day Cruises

Bali Hai
Ini mimpi utama saya kalau ke Nusa Lembongan (lagi). Naik kapal besar, bisa snorkeling, makan siang BBQ pasmanan di atas kapal, nyobain banana boat, tour ke desa di Lembongan, lihat pemandangan indah bawah laut dari glass bottom board, bahkan kabarnya kapal ini dilengkapi juga dengan jacuzzi dan water slide dari dek atas langsung ke dalam air. Wow!

2. Masuk ke Goa Gala-Gala

Goa Gala-Gala

Sebuah rumah di bawah tanah yang dibangun oleh Made Byasa, lengkap dengan ruang tamu, kamar mandi dan dapur ini menarik sekali buat dikunjungi. Sewaktu saya ke Nusa Lembongan tahun lalu, sebenernya pengen mampir, tetapi akses masuknya ke dalam yang relatif kecil, masih sulit untuk anak saya. Nanti kalau ada kesempatan ke sana lagi, saya mau masuk.

3. Naik Kapal Menyusuri Hutan Bakau

Naik Kapal di Bakau

Mangrove touring juga pengen saya cobain, meskipun yang kayak beginian di Kepulauan Seribu yang dekat dengan Jakarta juga ada. Karena ada anak balita, wisata yang santai-santai yang cocok banget dilakukan bareng. Tarif tour-nya ini sekitar seratus ribu rupiah, murah meriah menyenangkan.

4. Menikmati Indahnya Sunset di Jungut Batu Dengan View Gunung Agung di Kejauhan

Jungut Batu Sunset

Jungut Batu biasanya dipakai menginap wisatawan backpacker. Dengan budget terbatas, bisa ditemukan penginapan-penginapan dengan cukup mudah. Saya belum ke daerah ini saat menjelajah Lembongan, dan terpana dengan foto yang saya temukan, bahwa sunset di daerah Jungut Batu sangat indah. Love. Love Love.

5. Nginep di Le Pirates Nusa Ceningan

Le Pirates Lembongan

Dari pertama dulu waktu banyak browsing-browsing tentang Nusa Lembongan, saya sudah ngincer hotel yang satu ini. Tapi ternyata laris banget dan saya kehabisan kamar. Jadinya nginep di Pandana Boutique deh. Kalau nanti ke Nusa Lembongan, mau cari jadwal yang masih ada kamar kosong di Le Pirates ini.

6. Nyari Secret Beach dan Bikin Foto Keren Kayak Pris dan Eve

Secret Beach Nusa Ceningan

Tunggu. Saya ketawa ngakak dulu ya. Lebih baik ketawa dulu daripada diketawain, kan? HAHAHAHAHA. Pokoknya pengen bikin foto kayak gitu, entah bisa atau enggak. Kalau nyari Secret Beach ya bisa lah kalau niat, wong Nusa Ceningan itu lebih kecil dari pada Nusa Lembongan, kan? Doain aja ya saya mau beli bikini dulu buat properti foto-foto cantik nanti.

7. Nongkrong Cantik di Sandy Bay Beach Club
Sandy bay Beach Club

Ini tempatnya masih kebayang-bayang di otak saya. Kalau lihat foto saya lagi gendong Diana yang sedang njaprut di atas, nah, itu di situ tempatnya. Tinggal geser dikiiiit doang. Sama kan karang di kejauhannya sama foto yang lagi renang ini? Cuma bedanya saya gratisan, jadi dari luar beach club-nya. Oiya, mau nyobain glospa juga di Sandy Bay.

8. Ngopi di Bali Eco Deli
Restoran ini nongkrong di urutan nomer 3 dari daftar terbaiknya Tripadvisor. Harga yang ditawarkan untuk secangkir kopinya juga masih masuk akal, sekitar dua hinga tiga puluh ribu rupiah. Nggak terlalu mahal juga, kan? Jadi bolehlah kalau sore-sore menjelang sunset, menikmati secangkir kopi dan sepotong kue dulu di Bali Eco Deli.

9. Foto Pura

nusa_lembongan_temple
Kunjungan perdana ke Nusa Lembongan yang lalu, nggak sekalipun saya mampir ke Pura. Pas di Nusa Ceningan lihat rombongan yang habis berdoa dari Pura, saya cuma lihat di jalannya saja, sama sekali nggak mendekat, karena sudah kesorean, mau pulang balik ke hotel. Jadi berasa belom sah.

10. Bikin Foto-foto Keren Bertiga di Nusa Lembongan
Tiap kali jalan-jalan, kebanyakan foto yang ada adalah Diana dan bapaknya. Lihat deh, foto saya sama Diana adanya pas Diana lagi tidur dan manyun-manyun bangun tidur. Waktu itulah Diana pas nempel saya, soalnya kalau lagi ceria, tugas bapaknya yang ngawasin, dan saya jadi fotografer. Nah, sekarang udah ada GoPro, jadi mau selfi-selfi cantik di mana-mana bertiga. HAHAHAHA.

~~~
Sumber gambar: Aulianamira, Cathadita, Allposters, Pris dan Eve dari We Like Bali, Samantha Siahaan, JayMe

2 Comments

  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta December 10, 2016
  2. Agen Sabung Ayam March 6, 2017

Leave a Reply