10 Tempat Wisata Favorit di Nusa Tenggara Timur

1. Pantai Nihiwatu

Karena merupakan sebuah resort, yang berarti anda tidaklah bebas untuk mengunjungi pulau ini, Anda setidaknya harus memesan kamar untuk menginap agar dapat menikmati Pantai Nihiwatu. Cukup mahal karena resot ini merupakan resot internasional yang pemiliknya bukan orang Indonesia. Namun anda cukup bangga karena kebersihan pantai dan fasilitas yang disajikan, ternyata resort ini karyawannya adalah penduduk lokal. Ada juga Nihiwatu Foundation dimana membantu masyarakat sekitar dalam perkembangan budaya, sarana prasana setempat sampai sekolah-sekolah anak sekitar. Pantai Nihiwatu di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan alam yang benar-benar dijaga. Karena pantai ini dimiliki oleh resort tertentu yang hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang menginap di resort tersebut.

2. Danau Tiga Warna Kelimutu

Kelimutu, adalah nama dari sebuah taman nasional terkecil dari enam taman nasional yang berada di Bali dan Nusa Tenggara. Meski begitu, keunikan yang dimiliki taman nasional ini patut kita syukuri sebagai orang Indonesia. Ya, di puncak gunung Kelimutu yang masih dalam kawasan taman nasional itulah, terdapat sebuah danau di mana memiliki tiga buah warna. Lebih tepatnya, terdapat tiga danau dengan tiga warna yang berbeda. Dalam jangka waktu tertentu akan berubah warna, dan sampai saat ini warna-warna selalu berbeda, itulah letak keistimewaannya. Taman Nasional Kelimutu sendiri masih masuk dalam wilayah pulau Flores, Nusa Tenggara Timur tepatnya di desa Pemu, kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

3. Air Terjun Oenesu

Saking ramainya objek wisata Air Terjun Oenesu, sebaiknya Anda berkunjung pada saat hari kerja, karena di hari Minggu bisa mencapai 1.500an pengunjung yang memadati Air Terjun Oenesu. Pada umumnya adalah pengunjung wisatawan lokal, namun ada juga wisatawan mancanegara. Tidak begitu sulit untuk mencapai air terjun ini karena bisa ditempuh dengan transportasi pribadi maupun dengan transportasi umum. Sejauh 17 kilometer, jalanan yang ditempuh tidak selalu mulus. Ada beberapa bagian jalan, terutama beberapa kilometer mendekati Air Terjun Oenesu jalanan sedikit rusak. Tetapi jangan khawatir, karena objek wisata Air Terjun Oenesu bisa dijangkau hingga ke dekat lokasi.

4. Pulau Komodo

Keindahan dan eksotisme Pulau Komodo tentunya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Pulau dengan penghuni sisa-sisa pubakala dan satu-satunya di dunia ini, memiliki pantai yang airnya biru jernih dan sangat indah. Pulau Komodo berstatus sebagai Taman Nasional. Luas Pulau Komodo adalah 1.817 km persegi. Komodo, yang oleh penduduk dunia dijuluki sebagai “Komodo Dragon” ini, disebut “Ora” oleh penduduk lokal. Bernama latin Varanus Komodoensis, pertama kali dikenalkan oleh Peter A. Ouwens pada tahun 1912. Tubuh Komodo bisa mencapai dua hingga tiga meter tingginya, dengan berat 70 sampai 100 kg. Habitatnya tempat yang kering di daerah sabana hutan hujan tropis. Makanan Komodo adalah daging babi hutan, rusa atau kambing.

5. Pulau Pangabatan

Alam Indonesia bagian Timur memang memiliki ribuan pantai yang indah, salah satunya pantai di Pulau PangabatanNusa Tenggara Timur. Secara geografis, Pulau Pangabatan terletak di Kabupaten Sikka. Menjadi bagian dari gugusan pulau di Laut Flores, Pulau Pangabatan ini bersebelahan dengan Pulau Babi, Pulau Besar, Pulau Permaan, Pulau Dambilah, dan Pulau Pamana Besar. Tidak hanya memiliki pantai pasir putih, Pulau Pangabatan memiliki spot-spot diving yang sangat keren. Tak aneh bila Sea World Club Diving merekomendasikan Pulau Pangabatan ini. Anda akan melihat pemandangan yang laut indah yang indah melewati Teluk Pedang menuju Pulau Pangabatan itu.

6. Pantai Lasiana

Kota Kupang menyimpan keindahan pantainya yang memukau. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Kupang, Pantai Lasiana menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika sedang berjalan-jalan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur. Yang menjadi andalannya adalah menyaksikan matahari tenggelam di Pantai Lasiana, sangat indah! Pantai Lasiana sudah terkenal sejak tahun 1970an. Dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama yang berasal dari Amerika, Inggris, Jerman dan Australia. Wisatawan asing ini memanfaatkan Pantai Lasiana sebagai tempat untuk berselancar dan berenang hampir sepanjang minggu. Garis pantai Lasiana yang melengkung sepanjang kurang lebih satu kilometer, sangat tepat untuk berselancar.

7. Sumba Barat

Pasola Sumba

©JamesMorgan


Selain Festival Pasola yang sudah go international, Sumba Barat masih mempunyai potensi wisata budaya yang harus Anda saksikan. Di antara bulan Oktober-November, Anda bisa menyaksikan acara adat Wulla Poddu yang diselenggarakan untuk menyongsong bulan suci atau tahun baru bagi pemeluk kepercayaan Marapu. Ada banyak ritual adat pada pelaksanaan Wulla Poddu itu yang diawali dengan pemotongan ayam oleh para tetua adat dari masing-masing suku. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi kampong-kampung adapt seperti Kampung Tarung, Kampung Waigali, dan Kampung Ubeli. Di Sumba Barat, Anda juga bisa mengunjungi Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan beberapa situs megalitikum. Anda sebaiknya juga tidak melewatkan pantai-pantai indah di Sumba Barat, seperti Pantai Binatu, Pantai Pahar, dan Pantai Ngadu Bolu.

8. Kota Kupang

Selamat datang di Kupang. Kota di timur Indonesia di mana irama hidup berjalan lambat dan transportasi umum bergerak cepat. Lebih dekat ke Darwin, di Australia daripada ke Jakarta, ibukota propinsi NusaTenggara Timur ini adalah salah satu kota terpencil di Indonesia. Meski begitu, Kupang memiliki karakter yang khas dan warna yang sangat semarak. Kupang adalah gerbang untuk mengunjungi gugusan pulau pulau kecil di tenggara Indonesia. Ia adalah kota pelabuhan tempat kapal kapal feri tua hilir mudik membelah lautan, sebuah kawasan di mana permukaan jalan sangat kasar dan tradisi leluhur masih dipegang teguh warganya.

9. Pantai Kolbano

Di manakah Pantai Kolbano berada? Pantai Kolbano berada di Desa Kolbano. Desa Kolbano masuk dalam wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan luas desa 17 kilometer persegi, Desa Kolbano sudah terkenal dengan keindahan pantainya sejak dulu. Apa saja bentuk dan warna batu yang terdapat di Pantai Kolbano? Batu dengan warna hijau dan kekuningan, sangat indah dilihat. Batu lainnya berwarna kecoklatan, merah dan beberapa batu memiliki corak tertentu dan bergaris-garis. Untuk mencapai Pantai Kolbano, memang dibutuhkan usaha yang lumayan berat. Anda bisa mencapainya dari Jakarta dengan terbang menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan penerbangan selama kurang lebih enam jam.

10. Kathedral dan Kapela Tuan Maria

Pengaruh Katolik dan Portugis terasa sangat kuat di Larantuka. Di Kota ini, terdapat kathedral dan rumah ibadah Tuan Maria yang memiliki ornamen perunggu dan perak bergaya Portugis. Setiap hari Sabtu, peribadatan di kapela ini dilaksanakan dalam Bahasa Portugis. Setiap hari Jumat Agung, dilakukan prosesi membawa patung Perawan Maria dari kapela tersebut mengelilingi kota Larantuka dengan nyanyian dalam bahasa Latin. Di sekitar Larantuka, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik seperti pantai pasir putih di Weri yang dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari Larantuka.

9273 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply