10 Tempat Wisata Favorit di Provinsi Maluku

1. Taman Rekreasi Natsepa Indah

Seperti namanya, Taman Rekreasi Natsepan Indah terletak di Natsepa yang berada di dalam kawasan Teluk Baguala. Taman Rekreasi Natsepa Indah ini memiliki pantai yang indah dan perairan yang relatif tenang sehingga bisa digunakan untuk berenang, snorkeling, dan menyelam. Pada hari libur, Taman Rekreasi Natsepa Indah selalu ramai dengan pengunjung. Tidak jauh dari lokasi taman rekreasi ini, terdapat Taman Lunterse Boer yang juga memiliki pantai yang indah.

2. Danau Namniwel, Danau Jikumerasa, dan Danau Rana

Ada tiga danau favorit di Maluku yaitu Danau Namniwel, Danau Jikumerasa, dan Danau Rana. Danau Namniwel yang terletak di antara Desa Sawa dan Waiperang ini menjadi favorit karena banyaknya burung belibis yang terbang bebas di udara. Danau Jikumerasa yang terletak di Desa Jikumerasa mudah dijangkau karena hanya berjarak 200 meter dari jalan raya. Kita bisa menaiki perahu untuk menikmati indahnya danau ini. Ada juga Danau Rana di Pulau Buru yang konon memiliki kekuatan magis bagi masyarakat setempat.

3. Pantai Jahipolong dan Pantai Jikubesar

Pantai Jahipolong terletak 17 kilometer dari Namlea. Pantai Jahipolong sangat indah dan bersih sehingga banyak orang yang ingin berlibur ke sini. Selain itu, ada juga Pantai Jikubesar yang hanya berjarak 3 kilometer dari Namlea. Di dekat Pantai Jikubesar, tepatnya di Desa Lala, pada tahun 1942 tentara Australia menemukan sebuah gua di situ. Di daerah itu, Anda juga bisa menyaksikan proses penyulingan minyak kayu putih.

4. Waai

Waai terletak di pesisir pantai Timur dari Pulau Ambon. Kawasan ini memiliki pantai yang sangat indah. Selain itu juga terdapat Kolam Waiselaka yang menjadi habitat belut. Konon pengunjung yang dapat melihat belut tersebut akan mendapatkan keberuntungan tersendiri. Belut-belut tersebut berada di bawah bebatuan di dasar kolam. Penduduk setempat memancing belut tersebut agar menampakkan diri dengan memberi umpan telur.

5. Kota Ambon

Kota Ambon sebagai ibukota Provinsi Maluku terletak di kaki kawasan perbukitan yang menghadap langsung ke kawasan pelabuhan. Kota yang dibangun pada tahun 1517 ini sebenarnya memiliki bangunan-bangunan indah sebelum dihancurkan pada Perang Dunia ke-2. Saat ini, Kota Ambon memiliki objek-objek wisata seperti Museum Siwa Lima dan Tugu Doolan. Dari Museum Siwa Lima, Anda bisa menikmati pemandangan indah Kota Ambon. Sedangkan Tugu Doolan yang terletak di kawasan Kuda Mati merupakan tugu peringatan tentara Australia yang tewas di situ.

6. Soya Atas

Soya Atas terletak di lereng Gunung Sirimau. Di lereng gunung setinggi 950 dpl ini, berdiri sebuah gereja tua yang dibangun pada tahun 1546. Bentuk gereja tua yang sangat unik ini mengundang para wisatawan untuk berkunjung.

7. Pulau Seram

Pulau Seram merupakan pulau terbesar kedua di Provinsi Maluku, daerahnya masih berupa pegunungan dan hutan lebat. Orang Maluku memberi nama pulau ini dengan nama Nusa Ina, artinya Pulau Ibu. Orang Maluku percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari Pulau Seram. Penduduk Asli Pulau Seram adalah orang Alfuro dan orang Nuaula yang berasal dari Papua. Kini sudah ada jalur trekking yang bisa menembus Taman Nasional Manusela yang merupakan surganya berbagai jenis burung.

8. Kepulauan Kai (Kei)

Kepulauan Kei terdiri dari 287 pulau besar dan kecil, pulau utamanya antara lain Pulai Kai Kecil (Nuhu Roa), Pulau Dullah, dan Pulau Kai Besar. Pantai Pasir Panjang di Pulau Kai Kecil merupakan pantai favorit karena pasirnya sangat halus, putih, dan bersih. Air laut yang biru menyatu dengan pemandangan pohon-pohon kelapa yang hijau di tepi pantai. Sedangkan Pulau Kai Besar lebih terkenal dengan pantai yang menjadi habitat berbagai jenis burung. Di Pulau Kai Besar ini juga terdapat desa-desa tradisional yang sangat menarik.

9. Bandaneira

Bandaneira merupakan satu-satunya kota di Kepulauan Banda. Bandaneira terletak di Pulau Neira yang ternyata sudah memiliki bandar udara, meskipun kecil. Kawasan Bandaneira ini kerap didatangi turis mancanegara karena keindahan alamnya. Keindahan pemandangan di bawah lautnya memang tiada tandingan. Selain itu, Bandaneira juga menyimpan sejarah karena dulunya banyak orang Eropa mendirikan rumah-rumah besar di sini. Namun kini Bandaneira cukup lengang, namun justeru menarik banyak wisatawan.

10. Pulau Saparua

Pulau Saparua merupakan bagian dari Kepulauan Lease. Pulau Saparua ini terkenal karena merupakan tanah kelahiran pahlawan Pattimura. Selain memiliki pantai yang indah, Pulau Saparua juga memiliki Benteng Duurstede yang dibangun Belanda pada tahun 1676. Di dekatnya ada Pantai Waisisil yang dulunya menjadi lokasi peperangan antara Belada dan pasukan Pattimura. Tidak jauh dari situ juga ada Gua Tujuh Puteri yang memiliki kolam renang di dalamnya.

26640 Total Views 7 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply