10 Tempat Wisata Favorit di Pulau Batam

1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang yang juga dikenal sebagai Jembatan Habibie ini adalah ikon Pulau Batam. Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Batam, Jembatan Barelang bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Biasanya menjelang sore hari, banyak orang berkumpul di sekitar Jembatan Barelang hanya untuk menikmati pemandangan laut dari jembatan raksasa ini. Jembatan Barelang ini merupakan rangkaian 6 jembatan yaitu Jembatan Tengku Fisabililla (Jembatan Pulau Tonton), Jembatan Raja Ali Haji (Jembatan Pulau Nipah), Jembatan Nara Singa II (Jembatan Pulau Setoko), Jembatan Raja Kecil (Jembatan Pulau Galang), dan Jembatan Tuanku Tambusi (Jembatan Pulau Galang Baru).

2. Cable Ski Park

Kalau kamu suka bermain ski, kamu harus mencoba Cable Ski Park yang ada di Pulau Batam. Water sport yang satu selalu siap memacu adrenalinmu. Dengan sebuah alat yang dilengkapi kabel yang berputar-putar, kamu akan ditarik di atas papan ski. Cable Ski Park disesuaikan dengan masyarakat umum, jadi tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu tinggal berpegangan pada tali dan mesin akan menarikmu. Kecepatan yang ditawarkan sangat beragam, biasanya untuk pemula kecepatannya adalah 25-28 kilometer per jam. Bagi yang sudah berpengalaman bisa mencapai 45 kilometer per jam. Untuk memaksimalkan pelayanan, Cable Ski Park dilengkapi dengan beberapa tim pemandu dan tim penolong yang selalu siap.

3. Wisata Kampung Melayu (Sekilak Adventure)

Jika berkunjung ke Pulau Batam, jangan lupa untuk mengeksplorasi keindahan pantai di Pulau Batam yang berdekatan dngan negara Singapura ini. Salah satu cara menikmati keindahan laut Batam adalah melalui olahraga Kayak. Iya, Sekilak Adventure menawarkan sensasi bermain kayak sambil mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Batam. Dilengkapi dengan instrukstur bersertifikasi, Sekilak Adventure juga menawarkan beberapa olahraga air seperti dragon boat, snorkeling, dan sepeda air. Selain itu, Sekilak Adventure juga menawarkan paket out bond karena di Pulau Batam banyak terdapat pusat industri.

4. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam terletak di tengah-tengah Kota Batam, tepatnya berada di dekat alun-alun, kantor walikota, dan kantor DPRD Batam. Menara besar Masjid Agung Batam tinggi menjulang sebagai salah satu ikon Kota Batam. Selain menjadi tempat beribadah bagi umat Islam, Masjid Agung Batam juga memiliki beberapa fasilitas yaitu antara lain perpustakaan, kantin, dan tempat mengaji. Ketika malam tiba, kilauan lampu dari menara Masjid Agung Batam menjadi pemandangan tersendiri bagi pengunjung Kota Batam.

5. Patung Dewi Kuan Im

Patung Dewi Kuan Im merupakan ikon Pulau Batam yang lain lagi. Patung Dewi Kuan Im yang merupakan hasil karya tangan manusia ini terletak di kawasan Tanjung Pinggir Sekupang, tepatnya di KTM Resort. Awalnya Patung Dewi Kuan Im terletak di tepi pantai menghadap ke Singapura, namun akhirnya patung raksasa ini dipindahkan ke depan kuil. Patung Dewi Kuan Im dibuat oleh orang Singapura yang tinggal di Batam bernama Kok Tiat Meng selama hampir dua tahun. Patung Dewi Kuan Im dibangun dengan sangat kokoh dengan tulang-tulang besi. Banyak orang berdoa di hadapan Patung Dewi Kuan Im dan tak jarang banyak koin dilemparkan setelah membaca doa.

6. Kedai Kopi Harum Manis

Meskipun Kota Batam merupakan kota yang besar, Kedai Kopi Harum Manis bertahan menjadi kedai kecil yang selalu ramai. Kedai Kopi Harum Manis tidak pernah sepi dari pembeli. Menawarkan berbagai macam dengan sentuhan khas Jawa, salah satunya adalah Mie Kacang, yang sekilas mirip dengan Mie Jawa. Ada juga lontong sayur yang merupakan perpaduan masakan Bangka dan Jawa. Salah satu menu minuman favorit di Kedai Kopi Harum Manis ini adalah Milo Dinosaurus. Selain itu, banyak pengunjung yang datang ke Kedai Kopi Harum Manis untuk memesan telur ayam kampung yang disajikan setengah matang.

7. Camp Pengungsi Vietnam

Menyeberang sebentar ke Pulau Galang, kamu bisa menemukan camp pengungsi Vietnam yang menyimpan banyak sejarah. Jadi, dulu terjadi perang di Vietnam dan banyak orang Vietnam mengungsi ke negara lain. Salah satunya yang menyeberang ke Pulau Galang ini. Dengan menggunakan rakit kecil dan terayun di lautan luas, para pengungsi dari Vietnam ini berharap memperoleh harapan di Pulau Galang. Sebelum memasuki area camp, kamu akan melihat Humanity Statue yang didirikan untuk mengenang seorang pengunsi Vietnam perempuan bernama Tinh Nhan. Tinh Nhan ini bunuh diri setelah diperkosa sesama pengungsi Vietnam.

Maha Vihara Duta Maitreya

8. Maha Vihara Duta Maitreya

Pulau Batam juga memiliki Maha Vihara Duta Maitreya sebagai kebanggaan umat Budha di Pulau Batam. Bagaimana tidak bangga, konon Maha Vihara Duta Maitreya merupakan vihara terbesar di kawasan Asia Tenggara. Maha Vihara Duta Maitreya yang terletak di Seipanas ini tidak hanya dikunjungi umat Budha Batam saja, tapi juga dari seluruh nusantara dan dari luar negeri juga. Selain memiliki arsitektur yang indah, Maha Vihara Duta Maitreya juga memiliki luas bangunan yang sangat besar. Dari teras Maha Vihara Duta Maitreya, kamu bisa melihat lansekap Kota Batam dari atas.

9. River Cruise

Tidak hanya memiliki wisata laut, Pulau Batam juga memiliki wisata sungai. Tidak lain tidak bukan ya Sungai Nongsa. Batam View Resort menawarkan pengalaman river cruise menggunakan boat yang bisa memuat lima penumpang. Kamu akan dibawa ke tengah laut terlebih dahulu, sebelu memasuki hutan bakau di Sungai Nongsa. Ketika memecah laut, adrenalinmu akan tertantang. Namun ketika memasuki hutan bakau, suasana menjadi lebih tenang. Jika sedang beruntung, kamu bisa melihat ular bakau, bangau putih, dan monyet di antara pohon bakau.

10. Restoran Rasa-Rasa

Restoran Rasa-Rasa yang telah buka sejak tahun 1997 menjadi salah satu restoran yang menjadi saksi perkembangan Pulau Batam. Ng Bak Liang alias Bambang awalnya hanya memiliki empat meja saja, namun sekarang restorannya sudah semakin besar. Restoran Rasa-Rasa terkenal dengan makanan lezat namun dengan harga terjangkau. Restoran yang dikelola suami-istri ini memiliki menu-menu andalan antara lain menu ikan bakarnya. Dengan teknik pembakaran ikan yang berbeda, Restoran Rasa-Rasa menjadi restoran yang istimewa. Selain itu, Restoran Rasa-Rasa juga memiliki menu Rujak Cakue yang sangat terkenal.

16039 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply