10 Tempat Wisata Favorit di Sumenep, Madura

1. Museum Keraton Sumenep

Museum yang berlokasi di dalam Keraton Sumenep ini menyimpan banyak peninggalan raja-raja Sumenep, salah satunya adalah kereta kencana raja Sumenep. Selain itu ada juga peninggalan keraton yang masih utuh sampai sekarang.

2. Asta Tinggi

Asta Tinggi merupakan makan raja-raja Sumenep dan kerabatnya. Terletak di Desa Kebun Agung, kamu bisa sampai di Asta Tinggi dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 kilometer dari Kota Sumenep menuju arah Barat Laut. Seperti makam para raja pada umumnya, makam raja Sumenep terletak di dataran yang tinggi, sehingga dinamakan Asta Tinggi.

3. Pantai Lombang

Pantai Lombang adalah salah satu pantai indah di Sumenep, letaknya sekitar 30 kilometer dari Kota Sumenep ke arah Timur. Banyak angkutan umum yang bisa kamu tumpangi untuk mencapai Pantai Lombang ini. Pantai Lombang memiliki pasir putih dan banyak dikelilingi barisan pohon cemara udang yang sangat rindang.

4. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean serupa dengan Kepulauan Seribu di Jakarta. Memiliki sekitar 30 anak pulau kecil, gugusan Kepulauan Kangean sungguh memiliki sumber daya wisata yang tidak kalah indahnya. Beberapa pulau andalan di Kepulauan Kangean adalah Pulau Kangean, Pulau Saobi, Pulau Paliat, Pulau Sabunten, Pulau Sapeken, dan Pulau Sepanjang.

5. Kota Tua Kalianget

Sebagai penghasil garam terbesar di Indonesia, orang Madura punya kebanggaan karena memiliki Kota Tua Kalianget. Kota Tua Kalianget ini merupakan simbol kejayaan Madura. Gedung-gedung tua di Kalianget, Sumenep, menjadi saksi kemajuan Sumenep dalam sejarah. Di Kota Tua Kalianget, kamu masih bisa melihat bangunan bioskop, kolam renang, lapangan bola, dan hotel. Di dekat Kota Tua Kalianget juga masih ada Pelabuhan Tua Kalianget.

6. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak terletak sekitar 15 kilometer ke arah Timur dari Kota Sumenep. Pulau Gili Labak yang memiliki luas sekitar 4 kilometer persegi ini bersebelahan dengan Pulau Talango. Pulau Gili Labak merupakan pulau tak berpenduduk sehingga kamu tidak bisa menginap di sini. Pasir putih dan ombak tenangnya sungguh indah.

7. Lokasi Pembuatan Garam

Kalau ke Sumenep rasanya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi tempat pembuatan garam. Tempat pembuatan garam ini terletak di Desa Pinggir Papas, Kalianget. Menikmati proses pembuatan garam dari awalnya hanya air laut hingga menjadi garam tentu sangat menarik bagi wisatawan.

Foto: Lumbertus Hurek

Foto: Lumbertus Hurek

8. Klenteng Pau Sian Lin Kong

Di Sumenep, ada juga orang Tionghoa yang sudah lama tinggal dan salah satu kebanggaan mereka adalah Klenteng Pau Sian Lin Kong. Klenteng Pau Sian Lin Kong ini terletak di Desa Pabian dan merupakan tempat peribadatan orang Tionghoa dan Kota Sumenep.

9. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng berjarak sekitar 21 kilometer ke arah Utara dari Kota Sumenep. Pasir putihnya menyatu dengan bukit-bukit pasir di sekitar pantai membuat pemandangan semakin indah. Pohon-pohon kelapa di sepanjang pantai juga membuat suasana lebih nyaman. Jika ingin berkuda di sepanjang pantai, banyak kuda yang disewakan oleh pengelola.

10. Asta Joko Tole

Tidak hanya Asta Tinggi, Sumenep juga memiliki beberapa makam keramat, salah satunya Asta Joko Tole. Asta Joko Tole terletak di Kecamatan Manding, sekitar 20 menit ke arah Utara dari Kota Sumenep. Joko Tole yang bergelar Pangeran Setyodiningrat III terkenal dengan lambang kuda terbangnya yang kini dijadikan lambang Kota Sumenep.

18743 Total Views 46 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply