13 Fakta Tentang Singapore (Baca Sebelum Jalan Jalan Ke Sana)

August 8th, 2011 dalam kategori Luar Negeri ditulis oleh 4 Comments | 15,185 kali dibaca |

 13 Fakta Tentang Singapore (Baca Sebelum Jalan Jalan Ke Sana)

Apa saja yang ada dalam bayangan Anda ketika mendengar tentang Singapura? Berikut 13 fakta yang Anda harus ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ke sana.

Mata Uang

Mata uang yang berlaku di Singapura adalah dollar Singapura (S$). Layanan penukaran uang dapat ditemukan di banyak pusat perbelanjaan dan hotel yang berada di seputar pulau, dan ATM biasanya buka 24/7 menerima kartu-kartu kredit utama seperti visa, master card dan american express.

Listrik dan Voltage

Voltage yang umum digunakan adalah 220-240 AC, 50 hertz. Colokan listrik biasanya menerima sambungan 3 gigi, tapi adaptor bisa didapat dengan murah dan mudah.

Air Minum

Air keran di Singapura aman diminum langsung. (Saya sudah membuktikan, hehe…)

Cuaca

Cuaca di Singapura panas dan lembab, dengan sedikit variasi sepanjang tahun. Suhu udara rata-rata pada siang hari adalah 31 derajat Celcius (88F) turun menjadi 24 derajat Celcius pada malam hari (75F). Jadi, berpakaianlah yang sesuai.

Penggunaan Telepon Seluler

Kode sambungan internasional untuk Singapore adalah +65. Sementara berada di Singapore dan jika anda memiliki fasilitas roaming internasional pada seluler anda, maka anda tidak perlu menekan +65 karena jalur telepon secara otomatis akan menghubungkan anda dengan nomor lokal di sini.

Reservasi Hotel dan Akomodasi

Saat kedatangan anda di Bandara, silahkan kunjungi bagian reservasi hotel 24 jam di sana, yang dapat membantu anda untuk mendapatkan kamar di hotel yang anda suka. Pembayaran untuk malam pertama diperlukan saat konfirmasi.

Layanan Pos

Jika anda perlu untuk mengirim sesuatu keluar dari Singapura sementara anda berada di sini, tawaran terbaik untuk anda adalah melakukannya melalui SingPost.

Barang Hilang Atau Dicuri

Jika anda kehilangan barang berharga pada masa tinggal Anda, hubungi tanglin Divisional Headquarters 21 Kampong Java Road (65) 6391-0000 atau 1800-391-0000 untuk melaporkan kejadian tersebut. Jika anda kehilangan kartu kredit, hubungi perusahaan kartu.

Paspor Hilang Atau Layanan Imigrasi Singapore

Jika Anda kehilangan paspor, kami sarankan agar anda membuat laporan kepolisian, lalu menuju imigration and checkpoint authority 10 Kallang Road (65) 6391-6100 untuk mendapatkan sebuah visa sementara. Setelah itu beritahu kedutaan besar masing-masing sehingga Anda bisa melewati pabean saat pulang.

Merokok

Anda harus melawan keinginan untuk menyulut rokok di dalam area yang berpendingin udara seperti di pusat-pusat perdagangan, restoran, tempat-tempat hiburan dan bioskop. Merokok juga dilarang pada bus umum, MRT, taksi dan di dalam lift. Denda maksimum sebesar S$1,000 dapat diberlakukan untuk mereka yang melanggar peraturan pertama kali. Ketentuan umum adalah bahwa jika asbak disediakan, silahkan melakukannya.

Memberi Tip

Memberi tip adalah bukan praktik umum yang dilakukan di Singapore karena sebagian besar hotel dan restoran telah memasukkan biaya layanan sebesar 10% dalam tagihan akhir. Meskipun pemberian tip tidak diharapkan, tapi hal itu sangat dihargai, terutama di restoran yang tidak mengenakan biaya layanan, atau dimanapun jika pelayanan yang bagus dijumpai.

Pajak Bandara

Biaya layanan penumpang sebesar S$21 seharusnya sudah dimasukkan ke dalam tiket pesawat udara. Jika hal ini belum dilakukan, maka anda akan perlu membayar sebesar S$21 pada saat check in. Dalam sejumlah kasus tertentu, perusahaan penerbangan menanggung biaya layanan tersebut. Penumpang yang sedang transit kurang dari 24 jam dapat meninggalkan bandara tanpa harus membayar biaya layanan keberangkatan dari Singapura.

Belanja Bebas pajak Di Singapore

Sebagai pengunjung di Singapore, anda berhak mendapatkan pengembalian penuh atas 7% Goods and services tax (GST) yang telah anda bayarkan pada pembelian barang yang anda bawa pulang.

Inilah caranya: ada dua layanan di Singapura yang memproses pengembalian GST, yaitu Global Blue dan Premiere Tax Free. Berbelanjalah pada tempat-tempat bertanda Global Blue dan Premiere Tax Free, dan minta pada petugas penjualan sebuah Global Blue Tax Refund Cheque atau Premiere Refund Voucher saat anda membuat pembelian seharga S$100 atau lebih. Saat meninggalkan Singapore, cukup tunjukkan voucher atau check anda tersebut bersama barang belanjaan anda, tanda terima serta paspor kepada petugas pabean di GST Refund Inspection Counter. Berlaku sedikit biaya penanganan. (Sumber: Majalah Your Singapore)

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

4 Comments

apakah bisa bantu saya …. sedikit petunjuk ketika saya ingn ke singapore… please…

Nurillah

2/14/2012

jangan lupain kulinernya :) lokasinya diantara dua negara malaysia dan indonesia, ada banyak makanan enak yang bisa dicoba disana :)

Leave a Reply