13 Potensi Wisata Kabupaten Kebumen

Goa Petruk

Goa kapur bertingkat 3 pada bagian atas berupa lorong kering dan dihubungkan oleh lorong di bawahnya yang masih aktif dan terdapat flowstone, memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam goa terdapat aliran sungai dan beberapa sendang. Terletak di dukuh Mondoyono, Desa Candirenggo, Kec. Ayah, berjarak kurang lebih 30 kilometer dari kota Gombong atau 7 km sebelah selatan Goa Jatijajar. Luas areal wisata alam ini sekitar 0,51 hektar. Kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal dan mudah dicapai, kira-kira 25 km dari kota Kebumen. Nama Goa Petruk berasal dari abdi setia pandawa lima yang memiliki hidung mancung. Dalam goa ini memiliki tiga tingkat bentuk stalaktit dan stalakmit yang indah. Air terjun yang indah di dalam gua seperti sabun yang berbusa. Bila masuk ke dalam gua petruk kita akan melalui trap-trap tangga yang cukup indah.

Goa Jati Jajar

Goa Jatijajar terletak kira-kira 21 km dari Kota Gombong atau 42 km barat daya Kota Kebumen. Nama Goa Jatijajar berasal dari kata Jati, nama pohon dan jajar yang berarti sejajar. Di dalam gua terdapat diorama yang menceritakan legenda Raden Kemandaka dan Dewi Ratna Ciptarasa. Di dalam gua terdapat 4 sendang yaitu Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor dan Sendang Puserbumi. Di kompleks / kawasan objek wisata Goa Jatijajar terdapat 3 goa lainnya yaitu Goa Dempok, Goa Intan dan Goa Jatijajar. Yang lebih menarik lagi di dinding atas Goa Jatijajar terdapat beragam tulisan dari pengunjung yang pernah datang ratusan tahun yang lalu, ada yang dari Hindia Belanda, Eropa, bahkan trah penguasa pemerintahan Kabupaten Kebumen.

Pantai Logending / Ayah

Terletak di muara sungai ijo dukuh Ronceban, Desa Ayah, Kecamatan Ayah, berjarak 11 km dari Goa Jatijajar ke arah selatan. Wisatawan dapat menikmati panorama pantai yang indah dengan berkuda di sepanjang pantai dan menikmati pemandangan sore hari saat matahari terbenam. Selain diapit oleh dua pegunungan yang membuat pemandangan indah, pantai ini juga menjadi lahan para nelayan untuk menunjang kehidupan rutin sehari-harinya. Tiap hari puluhan jongkong berjejer di Pantai Logending, kecuali jongkong-jongkong yang melaut. Pemandangan seperti ini merupakan ciri khas dan spesifik pantai nelayan. Di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) dan penangkaran ubur-ubur.

Pantai Karang Bolong

Terletak di Dukuh Tengah, Desa Karangbolong, kecamatan Buayan, berjarak kurang lebih 18 km dari Kota Gombong ke arah selatan. Merupakan pantai yang landai diapit bukit berkarang, wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam pantai dan melakukan kegiatan memancing. Di sebelah timur pantai terdapat Goa Karang Bolong terbentuk oleh breksi lahar yang terkekarkan, panjangnya goa 30 meter, lebar 10 meter dan tinggi 5 meter.

Pantai Menganti

Pantai Menganti berada di kawasan berbukit dengan karang terjal. Terletak 7 kilometer sebelah timur Pantai Ayah, pantai Menganti merupakan pantai berpasir putih yang saangat menawan. Untuk mencapai tempat ini relatif mudah, dari Kecamatan Gombong, wisatawan dapat mengikuti jalan menuju arah pantai Karang Bolong. Harga tiket masuk tahun 2013 ini juga masih cukup murah, kok.

Pantai Petanahan

Pantai yang landai dengan hamparan pasir yang luas dan deretan gumuk, yang terbangun memanjang sejajar dengan garis pantai. Pantai Petanahan terletak di Kecamatan Petanahan, berjarak 17 kilometer dari Kota Kebumen ke arah Selatan. Event yang sering dilaksanakan adalah festival layang-layang baik tingkat regional maupun nasional. Pesanggrahan Pandan Kuning juga merupakan bagian daya tarik karena di tempat ini banyak wisatawan yang datang untuk berziarah dan menyepi.

Pemandian Krakal

Pemandian dengan air panas yang mengandung mineral, mata airnya tak pernah kering walau musim kemarau panjang. Terletak 11 km Kota Kebumen ke arah timur laut. Suhu air berkisar antara 39-42derajat Celcius. Hal tersebut berkaitan dengan induksi panas yang ditimbulkan oleh gesekan bongkahan batuan akibat sesar.

Waduk Sempor

Objek wisata yang memiliki pemandangan alam yanag indah dengan hamparan air waduk yang luas, terletak sekitar 34 km dari Kota Kebumen ke arah barat laut atau 5 km utara Gombong. Waduk Sempor dibangun untuk berbagai kegunaan di antaranya untuk pengairan, pembangkit listrik, pengendalian banjir, perikanan dan pariwisata.

Waduk Wadas Lintang

Objek wisasta yang memiliki pemandangan alam yang indah dengan hamparan air waduk yang luas dilatarbelakangi perbukitan Serayu Selatan, terletak sekitar 35 km dari Kota Kebumen ke arah timur laut. Waduk wadaslintang dibangun untuk leperluan pembangkit listrik, irigasi, perikanan dan pengendalian banjir. Ukuran waduk ini 9 kali lebih besar daripada Waduk Sempor.

Benteng Van Der Wijk

Sumber gambar dari sini.

 

Benteng Vanderwijck

Benteng Vanderwijck dibangun pada abad XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Luas benteng atas 3606 km persegi dan tinggi benteng 9,67 m. Terdapat 16 barak. Nama Benteng Vanderwijck diambil dari nama yang terpempang di sebelah kanan pintu, kemungkinan nama komandan pada saat itu. Benteng Vanderwijck ini kadang dihubungkan dengan nama Frans David Cochius, seorang jenderal yang bertugas di daerah barat bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng General Cochius. Selanjutnya benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer. Terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kota Gombong, 21 km dari Kota Kebumen. Fasilitas yang tersedia taman bermain, panggung hiburan, mushola, ruang pertemuan, cafe, kolam renang dan hotel.

Geo Wisata Karangsambung

Wilayah Karang Sambung merupakan tempat terhimpunnya beraneka ragam batuan yang muncul dari dalam perut bumi. Pada tanggal 14 Nopember 2006 kawasan Karangsambung dicanangkan sebagai cagar alam geologi. Terletak di Desa Karang Sambung, Kecamatan Karang Sambung Gombong, sekitar 19 km dari Kota Kebumen. Geowisata ini lebih menitik beratkan pada pengetahuan umum terkait dengan bukti-bukti geologi yang ada di kawasan Karangsambung. Selain itu akan didapatkan pengetahuan dasar Geologi, semisal pengetahuan tentang jenis batuan, singkapan batuan dasar samudera, pengetahuna tentang kompas geologi, dasar-dasar pembacaan peta dan juga presentasi dari peneliti Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsembung.

Selamatan Unduhan Sarang Burung

Suatu acara sebelum pengambilan sarang burung walet dilakukan suatu upacara selamatan dengan tahlilan, kesenian dan larung. Upacara ngunduh saarang burung walet di Karangbolong juga dilakukan secara bertahap. Tahap-tahap yang harus dilalui dalam upacara ini adalah sebagai berikut: tahap selamatan di paseban kantor dipenda Karangbolong, tahap pementasan wayang kulit di Goa Contoh, tahap melarung sesajen di Pantai Karangbolong dan tahap kenduri atau selamatan di rumah mandor pengunduh sarang burung walet dan tahap selamatan di pos penjagaan sarang burung walet.

Gebyag Cah Angon

Prosesi ini dilaksanakan tiap 12 mulud di mana warga desa Entak Kecamatan Ambal, secara beramai-ramai mengarak binatang ternek mereka dan dikumpulkan di pinggir pantai. Ratusan sapi dan kambing dilepas di tempat yang disediakan. Sementara sebagian warga lain mengikuti hiburan yang telah disediakan seperti kesenian ketoprak, kuda kepang hingga musik dangdut. Acara dilanjutkan dengan selamatan yakni dimulai dengan pembacaan doa dipimpin oleh sesepuh desa. Puncak acara berupa pembakaran kandang bambu sebagai simbol menghilangkan sangkala.

9737 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply