4 Benteng Di Maluku Utara

February 16th, 2012 dalam kategori Maluku Utara ditulis oleh 2 Comments | 4,072 kali dibaca |

Benteng Oranye

Benteng Oranye dibangun oleh Belanda pada tahun 1607 dan juga berfungsi sebagai markas besar VOC hingga tahun 1619 sebelum kantor pusat VOC dipindahkan ke Batavia. Benteng ini juga berfungsi sebagai kediaman Gubernur Belanda di Ternate. Saat ini Benteng Oranye menjadi markas militer dan kepolisian Indonesia, namun wisatawan diperkenankan untuk melihat-lihat kemegahan benteng ini. Wilayah di sekitar Kota Ternate memiliki beberapa lokasi wisata yang menarik dikunjungi. Tersedia sarana jalan yang mengelilingi Kota Ternate sehingga sebagai lokasi wisata itu dapat dicapai dengan menumpang angkutan umum dari Kota Ternate.

Benteng Tolukko

 4 Benteng Di Maluku Utara

Benteng Tolukko dibangun oleh Portugis pada tahun 1540 dan kemudian diperbaiki oleh Belanda pada tahun 1610 dan terakhir oleh pemerintah Indonesia. Benteng yang dikenal juga dengan sebutan Benteng Holandia ini merupakan benteng terbaik yang ada di Pulau Ternate. Benteng yang berada di kawasan wisata pantai ini memiliki panorama yang indah. Lokasi benteng terletak sekitar 3 kilometer di utara terminal Kota Ternate, di jalan raya yang menuju ke bandar udara. Tempat ini dapat dicapai dengan menumpang angkutan umum.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata atau nama lainnya Benteng Kayu Merah dibangun Portugis pada tahun 1540 dan diperbaiki Belanda pada tahun 1609. Lokasi Benteng Kalamata dan pemandangan di kawasan sekitar benteng ini sangat indah dan mengesankan. Benteng ini telah diperbaiki kembali belum lama ini namun sayangnya keaslian benteng ini sudah tidak terlalu kuat lagi.

Benteng Bernaveld

Labuha merupakan kota terbesar di Pulau Bacan dan di belakang sebuah gereja Protestan terdapat lokasi wisata yaitu Benteng Bernaveld yang dibangun Portugis untuk menahan gerak maju Spanyol di wilayah ini. Benteng ini kemudian dikuasai oleh Belanda pada tahun 1609 dan dikelilingi parit serta beberapa meriam karena itu disebut-sebut sebagai salah satu benteng paling menarik di Maluku. (Sumber: Buku Informasi Pariwisata Nusantara, Gambar: Remi)

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply