5 Ide Liburan di Jawa Tengah yang Lagi Hits

Kita sering kali bingung, liburan akhir pekan (Sabtu-Minggu) mau pergi kemana ya. Apalagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Pengen liburan tapi males kalau harus macet-macetan ke Puncak. Atau bosen kalau ke Bandung lagi, Bali lagi.

Padahal, tidak jauh dari Jakarta banyak lho daerah dengan pilihan tempat wisata yang nggak biasa dan menawarkan aktivitas yang seru. Salah satunya Jawa Tengah. Selain banyak tempat wisata yang menarik, Jawa Tengah juga relatif mudah diakses dari Jakarta.

Mau lewat darat kamu bisa menuju Jawa Tengah dengan pilihan transportasi dari mulai kereta api, bus malam, travel, hingga naik mobil pribadi. Kalau kamu bukan tipe pejalan yang rela menghabiskan waktu berjam-jam dengan perjalanan darat, perjalanan dengan pesawat terbang bisa jadi pilihan.

Selain hemat waktu, harga tiket pesawat ke Jawa Tengah juga biasanya ga beda jauh dengan harga tiket kereta api kelas eksekutif. Kan lumayan banget tuh, lebih hemat waktu, hemat tenaga, harganya ga terlalu beda jauh pula. Kalau mau cek harga tiket pesawat ke Jawa Tengah, biasanya saya cek di Wego.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, saya kasih 5 ide liburan di Jawa Tengah yang lagi nge-hits ya

  1. Berfoto di Umbul Ponggok

Kalau kamu pernah melihat foto orang di bawah air bersama motor, becak, atau bahkan seperangkat tenda, bisa jadi foto yang kamu lihat itu diambil di salah satu tempat yang lagi hits banget: Umbul Ponggok. Umbul atau dalam Bahasa Indonesia berarti sumber mata air ini terletak di Kabupaten Klaten. Dari Jakarta kamu bisa naik kereta api atau bus malam. Kalau mau naik pesawat, bisa pilih jurusan ke Jogjakarta atau Solo.

Berenang di Umbul Ponggok

Berenang di Umbul Ponggok

Selain bisa berenang di kolam dengan air sekualitas air sebuah merk air mineral dalam kemasan terkenal, di Umbul Ponggok kamu bisa berfoto dengan berbagai macam properti.

  1. Menunggu sunset di Candi Plaosan.

Jika kamu menganggap Candi Prambanan sudah terlalu touristy, kamu punya pilihan lain untuk tetap bikin foto-foto cantik di candi yang relatif lebih sepi namun tak kalah cantiknya. Kamu hanya perlu berkendara sejauh kurang lebih 2 kilometer dari Candi Prambanan untuk menuju Candi Plaosan ini.

Uniknya, meski berarsitektur mirip candi Hindu sesungguhnya Candi Plaosan adalah candi Budha. Candi ini dibangun oleh Pramordhawardhani dan suaminya, Rakai Pikatan pada pertengahan abad ke-9.

Candi Plaosan

Yuk bikin foto cantik dengan latar Candi Plaosan

Usahakann berkunjung ke candi ini mendekati waktu matahari tenggelam, karena kamu bisa lihat sunset yang cantik banget di sana.

  1. Mengejar sunrise di Punthuk Setumbu

Adegan Rangga menggandeng tangan Cinta di pagi buta menuju sebuah bangunan di puncak bukit telah mengilhami ribuan orang untuk melakukan hal serupa. Jika kamu tak ingin ketinggalan, silakan kunjungi tempat bernama Punthuk Setumbu yang ada di Magelang.

Punthuk Setumbu

Sunrise di Punthuk Setumbu

Datanglah sebelum jam 05.00  pagi, agar mendapatkan spot terbaik untuk melihat matahari terbit dari balik Gunung Merapi dan Merbabu. Belum melihat matahari terbit dan siluet Candi Borobudur dari kejauhan? Bergeserlah ke arah kiri dari Punthuk Setumbu. Ada Gedung Merpati alias Gereja Ayam yang menjadi salah satu ikon film Ada Apa Dengan Cinta 2.

  1. Rafting di Sungai Progo

Butuh aktivitas yang lebih menantang? Bagaimana jika mencoba rafting di Sungai Progo? Yang ini pasti seru banget! Selama kurang lebih 2 jam kita akan dibawangi mengarungi derasnya jeram di sungai yang membelah kota Magelang ini.

Rafting di Sungai Progo

Rafting di Sungai Progo

Karena seru, tak akan terasa kita telah menempuh perjalanan sejauh 9 kilometer (rute menengah), dan teriakan-teriakan yang dikeluarkan sepanjang rute rafting bisa menjadi stres reliever yang menyenangkan.

  1. Berkuda keliling Candi Gedong Songo

Biasa kita mengunjungi candi sambil berjalan kaki, tapi di Candi Gedong Songo ini ada yang beda. Kita bisa menyewa kuda untuk berkeliling dari satu bangunan candi ke bangunan candi yang lain. Tak perlu khawatir dengan ongkos yang harus dibayar. Tak perlu repot melakukan tawar menawar karena koperasi para pemilik kuda sudah menetapkan harga per paket. Harganya pun sangat terjangkau, antara IDR 50.000 hingga IDR 80.000 untuk rute terjauh bagi wisatawan dalam negeri.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Kenakanlah pakaian yang nyaman agar pengalaman naik kuda di candi Gedong Songo terasa makin menyenangkan. Di beberapa bagian, rute berkuda akan sedikit menakutkan. Selalu patuhi aba-aba dari pemilik kuda, maka kita akan baik-baik saja.

Tak perlu liburan jauh-jauh, liburan di Jawa Tengah saja pun bisa jadi sangat menyenangkan. Akses transportasi menuju dan selama berkeliling di sana sangat mudah, tempat wisata yang seru, banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan, dan yang pasti tidak sulit menemukan tempat menginap yang sesuai budget. Kalau ga mau ribet nyari hotel di Jawa Tengah kamu bisa coba cari di Wego.

Jadi dari 5 ide ini, manakah yang mau kamu pakai untuk liburan yang akan datang? Kalau ada yang kamu cobain, jangan lupa cerita ya di kolom komentar. Selamat jalan-jalan!

19 Comments

  1. Effendi nurdiaman September 29, 2016
  2. Dhanang Sukmana Adi September 29, 2016
  3. Ekha Nurul Hudaya September 29, 2016
  4. Ophi Ziadah September 30, 2016
  5. laku September 30, 2016
  6. Awie yang October 4, 2016
  7. catatanpagi October 5, 2016
  8. Effendi nurdiaman October 11, 2016
  9. nola October 13, 2016
  10. belajar teknologi October 13, 2016
  11. Lusi October 14, 2016
    • admin November 1, 2016
  12. Fitri Anita November 3, 2016
  13. lantai parquet November 22, 2016
  14. Anwariz December 3, 2016
  15. Ibnu January 9, 2017
  16. Hanindya February 10, 2017
  17. riana April 16, 2017
  18. cahyu April 23, 2017

Leave a Reply