6 Objek Wisata Unggulan Kota Padang Panjang

Minang Fantasi Water Park

Minang Fantasi atau yang disebut dengan Mifan, merupakan objek wisata keluarga yang menawarkan beragam permainan dan aktivitas air, terletak di kaki Bukit Barisan, memiliki pemandangan alam pegunungan yang indah, dengan udara yang sejuk dan segar. Sebelum menjadi objek wisata dengan beragam permainan modern seperti sekarang, Mifan merupakan replika perkampungan minangkabau abad 19. Hingga saat ini, replika bangunan minangkabau tersebut masih dipertahankan dan dimanfaatkan sebagai penginapan. Beberapa aktifitas yang dapat dilaksanakan di Mifan antara lain bermain wahana air dan kering, outbond, berkemah, pertemuan, bersepeda, beberapa kegiatan keluarga, rekreasi organisasi atau perusahaan, dan menginap di rumah tradisional minangkabau. Lokasi di Jalan Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat.

6 Objek Wisata Unggulan Kota Padang Panjang

Sumber gambar dari sini.

Masjid Asasi Sigando

Jika ingin mengetahui sejarah perkembangan Islam di Kota Padang Panjang, datanglah ke Masjid Asasi Sigando. Masjid Asasi Sigando adalah salah satu masjid tertua di Sumatera Barat yang terletak di kelurahan Sigando Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Mesjid ini dibangun oleh seorang ulama yang pertama kali menyebarkan agama Islam di Kota Padang Panjang, lebih dari 200 tahun yang lalu. Sebagai salah satu benda cagar budaya, Masjid Asasi hingga saat ini kondisinya masih terpelihara dengan baik, karena masjid ini merupakan kebanggaan masyarakat Sigando yang sebagian besar merupakan keturunan dari ulama tersebut.

Lubuk Mata Kucing

Ingin merasakan segarnya mandi dengan air pegunungan? Datanglah ke objek wisata Lubuk Mata Kucing yang terletak di kelurahan Pasar Usang Kecamatan Padang Panjang Barat. Lubuk Mata Kucing merupakan pemandian yang airnya bersih seperti air mata kucing, serta segar bersumber dari mata air di kaki Gunung Singgalang.  Lubuk Mata Kucing menawarkan pemandangan alam kaki Gunung Singgalang yang indah dengan perbukitan, sawah dan sungai Batang Anai yang membentang dari kejauhan. Lubuk Mata Kucing terdiri atas pemandian kolam untuk dewasa dan anak-anak, banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar daerah, terutama pada hari-hari libur dan sehari sebelum bulan Ramadhan guna menjalankan ritual balimau.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Bagi yang gemar melakukan wisata petualangan, air terjun 7 tingkat merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Petualangan dimulai melalui jalan setapak yang berada tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah. Jalan yang dilewati cukup terjal, dan dipenuhi semak belukar, sehingga memakan waktu lebih kurang 1 jam untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di punggung Bukit Barisan. Begitu sampai di lokasi rasa penat dan letih terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Air terjun tersebut terdiri dari 7 tingkatan, yang tertinggi sekitar lebih kurang 20 meter, airnya jernih sekali, didukung oleh udara sekitar yang sangat segar. Menikmati keindahan alam air terjun 7 tingkat merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Goa Batu Batirai

Goa Batu Batirai merupakan objek wisata yang menarik bagi pecinta alam. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam goa yang indah, dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit. Objek wisata yang terletak di kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat ini diberi nama Batu Batirai karena bagian dalam goa terlihat seperti tirai.

Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Stasiun kereta api Padang Panjang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1889 yang bertujuan untuk membawa batu bara dari sawah lunto ke kota Padang. Stasiun kereta api Padang Panjang merupakan stasiun kereta api terbesar di Sumatera Barat, karena pada masa itu Kota Padang Panjang merupakan pusat perdagangan hasil bumi perkebunan terutama kopi. Selain itu kota Padang Panjang lokasinya strategis, menghubungkan kota-kota lain di Sumatera Barat. Jika ingin menyaksikan lokomotif tua (Mak Itam) datanglah ke stasiun kereta api Padang Panjang yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir, Padang Panjang Barat. Jika ingin menikmati perjalanan dengan kereta api, naiklah kereta api wisata. Jalur kereta api wisata tengah dikembangkan dewasa ini adalah dari Kota Padang Panjang ke Sawah Lunto dan sebaliknya. Dalam waktu dekat akan dikembangkan kereta api wisata dari  Padang ke Padang Panjang yang menawarkan pemandangan alam Lembah Anai yang indah dan menakjubkan. (Pesona Wisata Kota Serambi Mekah, Pemkot Padang Panjang)

63234 Total Views 39 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Pelangi Holiday Travel October 17, 2013

Leave a Reply