6 Taman Wisata Alam Di Nusa Tenggara Barat

Taman Wisata Alam Kerandangan

Letaknya berada di tepi barat Pulau Lombok, di kawasan wisata Pantai Senggigi. Tempat wisata ini cocok digunakan sebagai wisata trekking, karena kontur alamnya yang berupa dataran, agak datar dan bergelombang, juga memiliki bukit dan tebing yang curam. Ketika musim penghujan tiba, kita dapat menyaksikan dua buah air terjun Putri Kembar dan Air Terjun Gua Walet. Ketiga air terjun tersebut tak sampai berjarak dua kilometer dari Pondok Kerja.

Melintasi kawasan hutan asli, untuk menuju Air Terjun Gua Walet setinggi 2 meter dan Air Terjun Putri Kembar setinggi 7 meter ini, jalur trekking yang harus dilalui sudah rapi. Satwa yang bisa dijumpai selama trekking antara lain kupu-kupu langka, kera hitam, yang disebut juga lutung atau Ebony Leaf Monkey.

Taman Wisata Alam Tanjung Tampa

Selain menawarkan keindahan wisata perbukitan dengan hutannya yang sejuk, Taman Wisata Alam Tanjung Tampa juga memiliki pantai yang indah. Gelombang yang tidak begitu besar menyebabkan kawasan ini cocok untuk snorkeling dan sunbathing. Pantainya memiliki hamparan pasir putih, dan ombaknya sangat tenang.

Taman Wisata Alam Pelangan

Apa yang ditawarkan oleh Taman Wisata Alam Pelangan sebenarnya tak jauh berbeda dengan Taman Wisata Alam Tanjung Tampa. Memiliki dua tipe tempat wisata yang ditawarkan, yaitu perbukitan dan hutan alam, serta wisata pantai yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Jika anda menyukai sun bathing dan snorkeling, Pantai dengan hamparan pasir putihnya sangat cocok. Tetapi jika Anda menggemari kegiatan trekking dan menjelajah alam dan hutan, anda bisa melakukan forest trekking.

Taman Wisata Alam Suranadi

Dengan hanya memiliki luas 52 hektar, tak menjadikan Taman Wisata Alam Suranadi kehilangan keaslian alamnya. Meski masyarakat sekitarnya telah berkembang, namun Taman Wisata Alam Suranadi ini tetap asri terlindungi. Masih banyak dapat kita jumpai pohon dengan diameter hingga 1,5 meter dan merupakan hutan lembab sehingga masih banyak jamur dan serangga bisa hidup di tanah.

Dua buah pohon yang masih bisa dijumpai sebagai contoh adalah Pohon Pulai dan Pohon Beringin. Banyak juga bisa kita jumpai pohon merambat di hutan ini. Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Wisata Alam Suranadi antara lain camping dan outbond.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Di ujung selatan Pulau Lombok, terdapat taman wisata alam Gunung Tunak. Taman wisata alam Gunung Tunak dapat kita jadikan lokasi pengamatan burung, karena tak jarang dapat ditemui gundukan tanah yang merupakan sarang burung langka seperti burung gosong kaki merah. Ada juga hewan liar seperti rusa timor yang bisa anda jumpai di sini.

Selain wisata alam hutan, di Taman Wisata Alam Gunung Tunak ini anda juga bisa mendapati keindahan pantai terusan Kuta. Meskipun masih satu rangkaian dengan Pantai Kuta, namun pantai yang ada di Taman Wisata Alam Gunung Tunak ini masih relatif jarang dijamah wisatawan.

Taman Wisata Alam Bangko Bangko

Berbeda dengan beberapa pantai yang bisa ditemukan di taman wisata alam lainnya, di Bangko-Bangko ini pantainya bisa digunakan sebagai lokasi kegiatan surfing. Para pemula dalam kegiatan surfing ini biasanya memilih Bangko-Bangko sebagai tempat belajar karena tipe ombaknya yang berkejar-kejaran, namun relatif tidak terlalu tinggi.

Selain untuk surving, banyak juga yang melakukan kegiatan diving karena alam bawah lautnya yang indah. Untuk penggemar wisata trekking, dapat dilakukan dengan melintasi hutan dan akan menemukan sisa sisa peninggalan sejarah berupa puing benteng pada masa Jepang berkuasa, dan sebuah meriam.

11802 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply