8 Blogger Di Perayaan 5 Tahun Hong Kong Disneyland #1

Saya berangkat ke Hong Kong Disneyland bersama dengan tujuh blogger IdBlogNetwork lainnya pada tanggal 17 Maret 2011. Ketujuh blogger itu adalah Mas Priyadi, Mas Nurudin Jauhari, Mas Amril T. G., Mas Setyo Budianto, Mas Benny Chandra, Mas Radityo, dan Mbak Mubarika. Setelah menempuh perjalanan udara selama hampir 5 jam, kami sampai di Hong Kong International Airport pada pukul 5.45 waktu setempat.

Perjalanan dari bandara menuju Hong Kong Disneyland sebenarnya bisa ditempuh dengan dua cara, dengan kereta MTR atau dengan taksi. Kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan taksi dengan pertimbangan bahwa MTR beroperasi pada pukul 07.00 dan tarif taksi bisa lebih murah. Kami menggunakan dua taksi dengan tarif masing-masing sebesar 102 HKD ditambah biaya 5 HKD per koper. Taksi itu mengantarkan kami dari bandara ke hotel tempat kami akan menginap dalam waktu sekitar 15 menit.

Kami berencana menginap di Hong Kong Disneyland Hotel. Namun karena sudah penuh, kami akhirnya menginap di Disney’s Hollywood Hotel. Kedua hotel yang masih berada dalam kawasan Disneyland Resort itu terhubung dengan shuttle bus bebas biaya. Shuttle bus akan berangkat dari masing-masing hotel  setiap 10 menit. Dalam perjalanan antara kedua hotel itu, shuttle bus akan berhenti di dua tempat yaitu di dekat stasiun MTR dan di pintu masuk Disneyland.

Setelah sampai di Disney Hollywood Hotel, kami istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kami di Hong Kong Disneyland. Saya bisa tidur beberapa jam di kamar hotel yang mewah itu. Setelah cukup istirahat, kami bersiap untuk berkeliling di Hong Kong Disneyland. Kami jalan-jalan sebentar di sekitar Disney’s Hollywood Hotel. Di sekitar hotel ini terdapat taman bermain dan kolam renang. Kami sempat berfoto-foto di taman hotel yang luas itu.

Sekitar pukul 11.00 waktu setempat, kami menuju ke Hong Kong Disneyland Hotel untuk menyantap makan siang. Dalam beberapa menit perjalanan dengan shuttle bus, kami akhirnya sampai di Hong Kong Disneyland Hotel. Kami kemudian menuju restoran Crystal Lotus. Restoran ini merupakan restoran mewah yang menyajikan makanan-makanan khas Cina dengan tampilan khusus ala Disneyland. Tidak aneh, di restoran ini saya menemukan tampilan sup dengan bentuk Micky Mouse.

Dalam sajian makan siang yang mewah itu, kami menikmati tujuh menu khas Disneyland secara bergantian. Sebagai hidangan pembuka, saya mencoba menu Sesamed Rice Pasta Salad with Chicken. Menu selanjutnya adalah Twin Fish Dumpling in Lotus Pond, Doubled-boiled Chicken and Conpoy Soup in Petite Coconut, Wok-fried Shrimp and Disney Root Vegetables, Wok-fried Sliced Veal Tenderloin in Pepper Garlic Sauce, Fried-rice with Tasmanian Crabmeat stuffed in whole Crab Shell. Hidangan penutupnya adalah Chilled “Mickey’s” Red Bean Honey Pudding yang berbentuk karakter Mickey dan “Duffy” Steamed Lotus Red Bean Puree Bun yang berbentuk karakter Duffy Bear.

Setelah menikmati makan siang yang mewah itu, kami menjelajahi Disneyland Theme Park ditemani dengan tour guide kami, Angel. Kami berfoto-foto di pintu masuk Hong Kong Disneyland terlebih dahulu. Angel memandu kami menyaksikan parade Flight of Fantasy. Kami merasa beruntung karena parade ini baru satu bulan yang lalu ditampilkan di Hong Kong Disneyland dalam rangka ulang tahunnya yang ke 5.

Petualangan berikutnya adalah pertunjukan 4D di Mickey’s PhilharMagic yang menampilkan 40 film dengan tampilan 4D. Kami kemudian mencoba wahana The Many Adventure of Winnie the Pooh. Di wahana ini, kami naik kereta dan berkeliling menelusuri kisah Winnie the Pooh. Pertunjukan musikal The Golden Mickeys dan petualangan seru di Space Mountain menjadi penutup perjalanan kami hari itu.

Setelah berpetualang di Disneyland Theme Park, kami makan malam sekitar pukul 18.00 waktu setempat di restoran Plaza Inn. Restoran yang bertempat di Main Street USA ini menyajikan menu Canton. Menu yang disajikan di restoran ini antara lain Thick Soup with Minced Beef and Egg White, Deep-fried Shrimp, Sauteed Chicken and Broccoli with Satay Sauce, Seared Beef Fillets in Tangy Onion Dressing, Pan-fried Cod Fillets with Scalloin, Flat Chinese Mushrooms over Baby Vegetables, Fried Rice with Conpoy and Egg White, dan Seasonal Pudding.

Kami selesai makan malam pukul 19.00 dan kemudian kami menunggu pertunjukan kembang api yang akan diadakan pada pukul 20.00. Meskipun cuaca di Hong Kong Disneyland sangat dingin, kami akhirnya bisa menyaksikan keindahan langit yang dihiasi ribuan kembang api yang indah. Kami sampai kembali di Disney’s Hollywood Hotel pada pukul 20.30. Sesampai di kamar, saya langsung berendam dengan air hangat. Malam itu saya tidur dengan wajah berseri karena besok petualangan di Hong Kong Disneyland akan terus berlanjut.