9 Lokasi Penangkaran Penyu Di Indonesia

Berapa jumlah telur yang mampu dikeluarkan oleh seekor induk penyu? Sangat banyak, bahkan bisa mencapai 250 butir, namun tak semuanya akan bisa hidup menjadi penyu dewasa. Dari seribu butir telur penyu yang menetas, hanya akan bertahan satu ekor yang akan mencapai umur dewasa hingga 10 tahun mendatang kembali ke tempat asalnya dilahirkan. Yang lainnya mati, entah karena pemangsa lain ataupun tidak dapat bertahan hidup di alam pada saat masih kecil.

Pemangsa penyu yang paling utama ketika penyu masih kecil adalah biawak. Belum lagi pemangsa lain di lautan yang lebih banyak. Maka tak heran jika penyu sangat sulit ditemukan. Apalagi ulah manusia yang makin hari makin banyak saja memburu penyu untuk dimakan dagingnya, ataupun dijadikan cindera mata cangkangnya. Penyu juga termasuk hewan yang sangat mudah mati karena adanya polusi yang ada di lautan.

Berikut, beberapa tempat penangkaran penyu yang ada di Indonesia, guna menyelamatkan habitat penyu yang makin menurun.

1. Pengangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Penangkaran penyu ini sudah mulai dirintis tahun 1984. Pada awalnya dilakukan di Pulau Semak Daun, lalu saat ini dipindahkan ke Pulau Pramuka. Banyak penyu yang bertelur di gugusan terluar Kepulauan Seribu, seperti Peteloran Timur dan Peteloran Barat. Kedua tempat tersebut adalah sumber telur dari penangkaran penyu di Pulau Pramuka.
Penangkaran penyu di Pulau Pramuka dibuat sebagaimana habitat penyu aslinya bertelur. Medianya pasir dan berpagar, sehingga terhindar dari predator. Setelah menetas akan dipindahkan ke bak penangkaran hingga berusia beberapa bulan dan siap dilepaskan ke laut. Penyu yang ditangkarkan di Pulau Pramuka adalah jenis Penyu Sisik.

2. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa.

Pemilihan daerah Deluang Sari di Tanjung Benoa sebagai tempat penangkaran penyu adalah karena pantainya berpasir, tempat yang cocok untuk habitat penyu bertelur. Penyu yang ditangkarkan di Deluang Sari adalah Penyu Laut. Kini, Penangkaran Penyu Deluang Sari sudah menjadi salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi jika kebetulan jalan-jalan ke Bali.

3. Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung.

Agak aneh ya nama tempat penangkaran penyu di Bangka Belitung ini? Nama ini diberikan karena ada salah seorang warga yang berinisiatif mendirikan penangkaran penyu sisik dan penyu lengkap, dua penyu yang hidup di perairan laut Bangka Belitung yang makin langka saja ditangkap oleh nelayan lokal.
Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung berdiri pada tahun 2008, dilakukan oleh pengusaha lokal, Bapak Sean Sugito. Tepatnya di daerah Bukit Kuala, Sungai Liat, Bangka. Kapasitas per bulannya adalah 50 penyu yang bisa dilepaskan ke laut lepas.
Sumber penangkaran penyu adalah dengan membeli telur-telur penyu dari para nelayan yang mencari telur penyu di pasir-pasir pantai sekitar laut Pulau Bangka. Hingga kini, telah lebih 1.000 ekor penyu yang dilepaskan ke laut oleh Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach di Bangka Belitung.

4. Penangkaran Penyu Pengumbahan, Ujung Genteng Sukabumi.

Lokasinya berada di Ujung Genteng Sukabumi. Penangkaran penyu ini lokasinya ada di salah satu sudut pantainya, tetapi tidak dibuka untuk wisata umum, karena penyu agak sensitif dengan manusia dan cahaya. Penyu akan datang untuk bertelur pada malam hari, dan prosesnya memakan waktu hingga tiga jam. Penyu yang ditangkarkan di Pengumbahan adalah jenis penyu hijau.

5. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, NTB.

Meski tidak begitu luas dan hanya berukuran 10×24 meter saja, penangkaran penyu yang berada di Desa Gili Indah, Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat ini sudah berdiri tahun 2009.
Pelepasan penyu di Penangkaran Penyu Gili Trawangan, NTB dilakukan sebanyak dua kali per tahun. Sumber penyu adalah dari telur yang dibeli dari masyarakat sekitar Gili Trawangan yang juga sebelumnya selalu berburu telur penyu.

6. Penangkaran Penyu Pantai Sukamande, Banyuwangi.

Pantai Sukamande, di Pesanggrahan, Banyuwangi, merupakan pantai penangkaran penyu semi alami. Berbagai macam jenis penyu ditangkarkan yaitu, Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea).

7. Penangkaran Penyu Tanjung Belimbing, Kalimantan Barat.

Meski kondisinya saat ini termasuk memprihatinkan, penangkaran penyu di Tanjung Belimbing Kalimantan Barat ini dimaksudkan untuk menyelamatkan penyu di Kalimantan. Lokasi penangkaran penyu yang jauh dari tepi pantai, diduga menjadi penyebab utama mengapa penyu-penyu yang ditangkarkan banyak yang mati.

8. Penangkaran Penyu di Pulau Serangan, Bali.

Namanya Turtle Conservation and Education Centre (TCEC). Berada di Pulau Serangan Bali sejak 2006. Jenis penyu yang hidup di Indonesia ada 6 macam, penyu belimbing, lekang, hijau, penyu sisik, penyu tempayan dan penyu pipih. Sedangkan penyu yang sering bertelor di wilayah pantai di Bali, penyu hijau, sisik dan lekang.

9. Penangkaran Penyu Batu Hiu, Pangandaran.

Sudah pernah jalan-jalan ke Pangandaran? Jika Anda mampir di Pantai Batu Hiu, kira-kira 15 kilometer ke arah barat, Anda dapat menjumpai penangkaran penyu. Sayangnya, karena bencana tsunami, penangkaran penyu tersebut terbawa ombak.

1984 Total Views 76 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Comments
  1. elrik
  2. cah pelang
  3. detra natalia
  4. Tasya Zhibagabaga'Zz
  5. eka
  6. Bayu
  7. Turtle Warior
  8. Gus Pram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *