Ada Apa Saja Di Rumah Bung Karno Bengkulu?

Bung Karno 1

Saya berkesempatan mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno yang berada di Bengkulu beberapa minggu lalu. Selain mendapatkan gambar rumah tampak dari depan, saya juga mendapatkan beberapa objek bidikan benda-benda yang berada di dalam rumah. Saat saya mencari referensi bacaan sebelum berangkat jalan-jalan, beberapa menyatakan bahwa dilarang mengambil gambar di dalam rumah tersebut, kalaupun ada, paling-paling hanyalah sepeda tua yang dulu digunakan oleh Bung Karno.

Beberapa sudut rumah tampak sudah terlihat tua dan kayu-kayu lapuk di sana sini. Meski perawatan mungkin saja dilakukan, tetapi saya lihat buku-buku tua koleksi Bung Karno sudah terlihat melapuk juga. Kalau tidak segera “dibenahi” mungkin beberapa tahun lagi tidak bisa terbaca.

Kamar tidur dan meja kursi rotan yang digunakan oleh Bung Karno semasa beliau diasingkan juga bisa ditemui di sini. Melihat semuanya, saya jadi ingat kampung halaman. Membayangkan tempat tidur kakek nenek, meja dan kursi rotan yang sangat mirip, dan lantai yang belum menggunakan tegel dan hanya berupa plester semen, memang sangat sederhana.

Rumah yang aslinya milik Tan Eng Cian ini masih dapat dilihat ciri khas rumah Cina dari bangunannya pada lubang angin yang terdapat di atas jendela dan pintu bermotif huruf Cina.

BUng Karno 2

Bung Karno diasingkan di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Dalam sebuah rumah yang sebagian besar konstruksinya menggunakan kayu tersebut, beliau menghabiskan beberapa tahun waktunya di dalam rumah tersebut. Rumah tersebut dibiarkan asli sesuai asalnya, hingga saat saya datang akhir bulan September 2013 lalu, perbaikan mulai dilakukan untuk mengganti beberapa tiang bangunan dan kusen yang mulai keropos dimakan rayap.

Rumah Bung Karno

Ada apa lagi selain buku-buku dan tempat tidur Bung Karno? Saya melihat hampir di seluruh bagian dinding dipenuhi dengan foto-foto Bung Karno, keluarga dan beberapa yang menunjukkan kegiatan beliau. Juga ada sebuah lemari berisi pakaian yang dahulu digunakan oleh Bung Karno dan beberapa kostum yang dipakai oleh kelompok teater saat manggung.

6344 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply