Air Terjun Dolo, Di Balik Hutan Pinus

Ayo, bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke Kabupaten Kediri, salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Dolo. Air Terjun Dolo terletak di Desa Jugo, Dusun Besuki, Kecamatan Mojo, Kediri. Selain cantik, air terjun Dolo juga merupakan tempat wisata menarik yang tidak akan menyesal Anda kunjungi.

Dari Kediri, Anda bisa menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 25 kilometer kea rah barat. Agak jauh memang. Tetapi pemandangan selama Anda menuju Air Terjun Dolo sangat menawan. Anda bisa membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Agak susah jika Anda mengandalkan transportasi umum, karena lokasi air terjun Dolo berada di rerimbunan hutan pinus.

Di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar menara pemancar relay televise dan telepon seluler, Air terjun Irenggolo menyambut Anda. Air terjun Irenggolo adalah air terjun yang berundak-undak, yang bisa Anda dapati setelah sekitar lima sampai dengan sepuluh menit berjalan kaki menyusuri rerimbunan pinus di hutan. Di balik jalan setapak itulah, air terjun bisa Anda temui.

Setelah menikmati indahnya air terjun Irenggolo, lanjutkan perjalanan Anda ke air terjun Dolo, sejauh kurang lebih empat kilometer. Anda harus berhenti dan melanjutkan dengan berjalan kaki kembali menuju air terjun. Sudah cukup baik jalan yang disediakan, berupa bebatuan yang tertata rapi. Suasana yang masih asri, menambah indahnya perjalanan, kicauan burung juga terdengar bersahutan, sungguh alami.

Waktu tempuh tidak begitu lama, hanya sekitar sepuluh menit saja berjalan kaki. Air terjun sudah bisa terlihat dengan indahnya. Di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan air laut, letak lokasi wisata ini cukup sejuk. Tinggi air terjun diperkirakan sekitar 125 meter. Wow, sangat tinggi. Tetesan air dari ketinggian lebih dari seratus meter, membuatnya menjadi seperti embun dan butiran yang sangat ringan melayang sampai di bawah. Tetapi karena debit airnya cukup tinggi, suara tetesan airnya terdengar seperti gemuruh yang memecah bebetuan di sekitarnya. Tak akan menyesal jika Anda jalan-jalan ke Air Terjun Dolo, Kediri.

7829 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply