Air Terjun Guruh Gemurai, Kuantan Senggigi Riau

Air Terjun Guruh Gemurai

Di perbatasan Propinsi Sumatera Barat dan Propinsi Riau, terdapat sebuah objek wisata yang lumayan ramai dikunjungi oleh setidaknya wisatawan lokal. Berada di Desa kasang, di dalam kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, Kecamatan Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Senggigi, Riau. Kabupaten Kuantan Senggigi yang beribukota di Teluk Kuansing ini, dapat ditempuh dengan jarak 25 kilometer dari objek wisata yang saya maksud: Air Terjun Guruh Gemurai.

Agak aneh juga ya nama air terjunnya buat kita yang berasal dari tanah Jawa. Air Terjun Guruh Gemurai memang berasal dari bahasa daerah Riau, yang berarti air terjun yang berbunyi gemuruh curahan airnya. Memang tidak terlalu keras bunyinya laksana gemuruh guntur di musim hujan, tetapi karena debit airnya yang cukup kencang, maka air terjun ini cukup tepat dinamai sebagai Air Terjun Guruh Gemurai.

Tinggi Air Terjun Guruh Gemurai sebenarnya tidak terlalu besar. Hanya kira-kira setinggi 20 meter saja. Dan seperti biasanya, di dasar air terjun biasa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mandi dan bersenda gurau dengan kawan-kawan atau keluarganya.

Posisi air terjun memang berada di dalam kawasan hutan lindung, namun sudah banyak hutan yang mulai gundul dan digantikan dengan tanaman karet oleh warga sekitar. Di sepanjang perjalanan mendekati Air Terjun Guruh Gemurai kita bisa menemukan beberapa pos yang dapat dipakai beristirahat sambil menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian. Sesampainya di pintu gerbang, kita dapat menuju air terjun dengan menuruni anak tangga beton yang sudah dibangun oleh pengelola objek wisata.

Biaya tiket parkir yang harus dibayar oleh pengunjung adalah Rp. 1.000,- untuk motor dan Rp. 2.000,- untuk mobil. Harga tiket masuk objek wisata Air Terjun Guruh Gemurai adalah Rp. 3.000,- per orang dan anak-anak hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp. 1.000,-
Selamat bersenang-senang!

7679 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply