Air Terjun Kambu di Sulawesi Tenggara

Jalan-jalan kali ini akan dibahas wisata di Sulawesi Tenggara. Berkunjung ke Pulau Sulawesi, salah satu pulau besar di Indonesia. Menghadirkan beragam budaya dan wisata. Jika anda tahu banyak sekali wisata alam yang menyuguhkan keindahan khas Indonesia bisa anda temukan disini. Salah satu wisata alam itu adalah air terjun kambu. Air terjun yang merupakan air terjun di kaki gunung Kambu. Di mana letaknya? Sekitar 3 sampai 5 kilometer anda bisa mengunjungi air terjun Kambu ini dari Universitas Haluoleo ke arah hulu.

Air terjun di Sulawesi Tenggara ini cukup unik. Bentuknya tidak langsung curam di ketinggian ratusan meter tertentu. Tapi merupakan air terjun bertingkat. Bertingkat? Ya, seperti undak-undakan atau terasiring yang biasa anda lihat di sawah di kaki bukit. Ya seperti itulah air terjun Kambu ini. Tingkatannya tidak begitu banyak. Dan airnya kurang jernih. Namun merupakan salah satu dari banyak air terjun menarik yang bisa anda lihat dan kunjungi. Suasana di sekeliling air terjun pun tampak teduh. Karena masih asri di tumbuhi pohon-pohon hutan, seperti pohon jati dan pohon beringin. Keadaan perdu ini membuat nyaman jika anda ingin bermain air disekitar air terjun.

Air Terjun Kambu Sulawesi Tenggara

Anda bisa mengakses lokasi air terjun ini dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum yang dinamakan pete-pete. Bisa juga diakses melalui beberapa hotel yang terdekat dengan jarak kampus. Sekitar 15 kilometer jaraknya. Cukup jauh jadi disarankan menggunakan kendaraan umum untuk sampai kampus Haluoleo terlebih dahulu. Di saat hujan air ini tidak begitu meluap, perbedaan tidak begitu terasa baik hujan ataupun tidak. Karena debit air yang tidak terlalu banyak sehingga saat musim kemarau air yang mengalir sangat sedikit dan saat hujan air yang turun dari air terjun normal lainnya.

Bandara Kendari ini, yaitu Bandara Haluoleo adalah akses tercepat bagi anda untuk bisa mencapai Sulawesi Tenggara untuk mencapai air terjun Kambu. Penerbangan langsung memang tidak ada sehingga biasanya anda transit dulu di Bandara Sultan Hasanudin Makasar yang kemudian dilanjutkan ke Bandara Haluoleo. Beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Haluoleo Garuda Air Lines, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, maupun Merpati Air Lines. Apalagi sejak dipugarnya bandara ini menjadi lebih besar dan tingkat, maka semakin banyak maskapai penerbangan yang menambah rute penerbangannya ke Bandara Haluoleo.

Harga tiket penerbangan dari makassar untuk sampai ke bandara ini sekitar Rp 500.000. Tentu untuk bisa sampai dari kota di luar pulau, harga tiket bisa menjadi Rp 800.000an sampai Rp 1.000.000an lebih. Untuk itu menyiapkan keuangan atau mempersiapkannya jauh-jauh hari. Setelah anda tiba disana tentu penginapanlah yang harus anda tuju terlebih dahulu.

Berikut akan di infokan hotel berbintang yang bisa menjadi tempat menginap anda di Kendari sekaligus menjadi tempat rekreasi sembari berkunjung ke Air terjun Kumba. Salah satunya Hotel Horison Kendari. Terletak di Jl.Ahmad.Yani No.3.Rata-rata harga untuk semalam menginap di hotel ini mulai Rp 500.000 sudah termasuk pajak, dan sarapan untuk dua orang. Ada juga hotel Swiss Bel. Hotel ini memiliki harga rata-rata Rp 500.000 permalamnya. Terletak di Jl. Teuku Umar, Seraya No. 1. Dua hotel diatas adalah hotel yang cukup terkenal di Kendari dari kenyamanannya, fasilitas dan harga yg ditawarkan. Selamat berlibur di Kendari dan berkunjung di Air Terjun Kambu. (him)

6427 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. hasnah February 26, 2014

Leave a Reply