Air Terjun Lematang Indah Pagar Alam

Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa mampir ke Air Terjun Lematang Indah. Terletak di Kota Pagar Alam, Propinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah ini mudah anda temui, karena letaknya yang strategis di pinggir jalan, di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika anda menuju ke Kota Pagar Alam.

Air Terjun Lematang Indah

Sumber gambar dari sini.

Ketika sampai di lokasi air terjun, anda perlu menuruni beberapa anak tangga untuk mencapai dasarnya. Deretan anak tangga tersebut menuju ke dasar Air Terjun Lematang Indah, hati-hati ketika menuruni anak tangga, terutama di saat licin akibat air hujan. Ada banyak warung dan beberapa tempat duduk jika anda ingin membeli jajanan, makanan dan minuman, atau sekedar beristirahat ketika kaki anda lelah.

Air Terjun Pagar Alam terletak di Kecamatan Dempo Utara, Propinsi Sumatera Selatan, di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam yang memiliki jalan berliku dan banyak tikungan tajam. Namun karena posisi air terjun ini berada di pinggir jalan, makanya akan mudah ditemukan. Perjalanan selama menuju Air Terjun Lematang Indah ini tidak akan membosankan, karena anda akan disuguhi banyak pemandangan yang sangat indah.

Anda akan menempuh sekitar 300 kilometer untuk mencapai Air Terjun Pagar Alam dari Kota Palembang. Butuh waktu sekitar lima hingga enam jam berkendara, dan kondisi jalan relatif bagus untuk dilalui kendaraan. Beberapa orang terlihat berhenti di pinggir jalan untuk melihat keindahan air terjun tanpa harus menuruni anak tangga. Padahal, harga tiket masuk ke dalam Air Terjun Lematang Indah relatif murah, anda hanya membayar beberapa ribu rupiah saja untuk menikmati keindahan panorama alam yang sangat indah.

Selain Air Terjun Lematang Indah, Pagar Alam menyimpan banyak keindahan air terjun, karena Pagar Alam berjuluk kota seribu air terjun. Menurut Dinas Pariwisata Pagar Alam, setidaknya ada 34 air terjun yang ada di Kota Pagar Alam. Namun berhembus isu yang kurang sedap, bahwa kepemilikan sebagian air terjun tersebut adalah oleh pribadi dan pejabat daerah.

Salah satu diantara sekian banyak air terjun itulah, Air Terjun Lematang Indah yang telah lebih dahulu dikenal. Ada juga Air Terjun Mangkok di Pematang Bango, Pagaralam Utara. Nama air terjun yang lain adalah Air Terjun Rimau, Air Terjun Kincir, Air Terjun Namling, Air Terjun Pancar, Air Terjun Cungkuh 7 Tingkat, Air Terjun Tujuh Kenangan, Air Terjun Mangkok, Air Terjun Besemah, Air Terjun Muara Tenang, Air Terjun Embun, Air Terjun Alap-Alap, Air Terjun Kasih Bunda, Air Terjun Muara Siban, Air Terjun Padu Rasa, Air Terjun Talang Keling, dan Air Terjun Talang Martam.

Di Air Terjun Lematang Indah, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Jika baju anda basah karena percikan air, ada WC dan lokasi ganti baju, ada juga tempat istirahat seperti yang sudah ditulis di atas.

3578 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply