Air Terjun Palei Kodan Kalimantan Tengah, Mulai Dilirik

Masih di wisata air di Kalimantan Tengah. Kali ini wisata alam yang memiliki kesejukan air adalah Air Terjun Palei Kodan. Di mana sih letaknya air terjun ini? Nah, air terjun ini terletak di kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah. Jika melihat peta daerah Kalimantan Tengah keseluruhan, maka kabupaten Lamandau ini terletak paling barat dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sejak tahun 2009 kemarin, potensi air terjun Palei Kodan ini mulai dikembangkan karena salah satu potensi alam yang luar biasa menawarkan kenyamanan berwisata air di tengah rimba. Secara spesifik sih, berada di kawasan perbukitan Kecamatan Bulik yang jarak tempuh dari ibukota kabupaten Naga Bulik sektar 55 kilometer dengan menggunakan sarana transportasi darat.

Air terjun Palei Kodan ini seperti apa sih? Menawarkan apa? Air terjun ini cukup menarik. Selain memiliki aliran air deras dengan deburan air yang pecah di bebatuan, dan juga diselimuti berbagai macam flora yang unik dan menarik. Ada lebih dari ratusan jenis tamanan karena air terjun ini berada di rimba yang masih asri dan terawat. Tidak hanya itu saja. Karena Air Terjun Palei Kodan ini juga menawarkan beberapa satwa liar yang masih ada di sini. Bahkan Dinas pariwisata Kalimantan Tengah sendiri mengatakan demikian. Demi mencoba terus menggali potensi alam dengan menyuguhkan tempat wisata yang menarik di Kalimantan Tengah, dan juga agar wisatawan lebih banyak yang mau datang ke Kalimantan Tengah untuk sekedar mampir menikmati kesejukan Air Terjun Palei Kodan ini.

Air Terjun Palei Kodan ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Bermain air, bersantai, berwisata, di sinilah masyarakat menimati hiburan dan rekreasi alam bersama keluarga. Sangat menarik apalagi jika anda dapat mengunjungi Kabupaten Lamandau ini, anda dapat pula mengunjungi beberapa wisata alam seperti Batu Batungkat dan Air Terjun Siukam. Untuk akomodasi bagaimana?

Jika anda dari luar daerah, Kalimantan Tengah ada baiknya untuk dapat mengakses melalui bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Karena letak antara Ibukota provinsi ini dengan Kabupaten Lamandau cukup jauh. Saat anda sudah sampai di Bandara Palangkaraya, anda cukup menuju ke terminal berikut desa Kujan, kecamatan Bulik, Terminal tersebut diberi nama “Garantung”. Kemudian dari terminal-terminal itulah anda dapat menuju Kabupaten Lamandau.

Seperti yang telah diceritakan diatas. Jika anda sudah mencapai Lamandau berarti anda setidaknya harus menempuh lagi jalur darat sekitar 55 kilometer. Sekitar 30 menit untuk bisa sampai segera sampai ke lokasi hutan rimba. Tapi jangan khawatir karena hutan rimba ini berjarak tidak jauh dari lokasi air terjun Palei Kodan. Dengan cukup berjalan kaki saja karena jarak dengan bahu jalan sampai air terjun cukup 150 meter. Sehingga sangat ramai dikunjungi wisatasan domestik.

Bagaimana dengan urusan penginapan di Lamandau? Untuk penginapan di Lamandau ini memang terbilang cukup sulit dicari. Karena penginapan pun masih sederhana dan tidak banyak. Bahkan pemerintah setempat meminta pelaku dunia usaha untuk dapat membangun hotel di Kabupaten Lamandau. Karena di sana, penginapan hanyalah ala kadarnya, dan belum ada hotel untuk menginap baik bagi para wisatawan ataupun pelaku usaha. Ini dikutip mei 2012 ini.

Lalu bagaimana? Anda setidaknya memilih menginap di Palangkaraya. Di Palangkaraya sudah lebih maju, hotel, penginapan, sarana perbelanjaan sudah ada disini. Sehingga bagi anda pasti tidaklah sulit mencari lokasi hotel di Palangkaraya. Dengan keterbatasan ini diharapkan anda tetap dapat berlibur di Air Terjun Palei Kodan. Selamat berlibur. (him)

10423 Total Views 24 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

No Responses

Leave a Reply