Air Terjun Subik Tuha (SumSel)

Wisata air terjun jarang ditemui jika kita tidak berada di dataran yang tinggi. Walau dataran yang tinggi pun jika tidak terdapat sumber mata air, atau aliran sungai, tidak terjadi air terjun. Karena fenomena alam inilah, air terjun begitu menarik untuk disaksikan. Kali ini sajian artikel wisata akan membahas air terjun yang berada di Sumatera Selatan. Tepatnya berada di Desa Subik, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Jika ditelusur melalui koordinat peta, air terjun Subik Tuha ini berada di GPS: 4° 51 ′45″ S, 103° 55′ 50″ E 4° 51′ 13.80″ S 104° 1′ 0.62″ E . Anda bisa menikmati tidak hanya air terjun ini, tapi juga danau yang dinamakan danau Ranau. Memang lokasi ini merupakan lokasi alam wisata yang berdekatan. Daerah wisata ini mudah dijangkau dari Palembang, Baturaja dan juga Bandar Lampung.

Sebenarnya jarak yang mudah ditempuh itu jika anda sudah berada di Kota Palembang. Berjarak sekitar 340 km dari kota Palembang (waktu tempuh 7 sampai 8 jam), 130 km dari kota Baturaja (waktu tempuh 2-4 jam), 50 km dari Muara Dua (waktu tempuh 2 jam) atau 10 km saja dari Simpang Sender (waktu tempuh 1/2 jam saja). Selanjutnya untuk tiba di lokasi air terjun ini dibutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak. Namun jika anda berada di penginapan dekat dengan Danau Ranau, malah lebih dekat lagi. Sekitar setengah kilometer. Jika di bulan Desember, setidaknya anda bisa mengunjungi dulu Danau Ranau sebelum ke Air Terjun Subik Tuha ini ada festival dayung cadik. Cadik adalah perahu yang memakai alat keseimbangan yang biasa dipakai para nelayan di Danau Ranau. Lomba cadik ini merupakan bagian dari Festival Danau Ranau. Pilihlah liburan di bulan Desember ini Anda akan mendapati dua keuntungan berwisata. Menikmati Danau Ranau dan Air terjun Subik Tuha.

Bagaimana penginapan di dekat Air terjun Subik Tuha ini? Apakah ada yang dekat? Sehingga tidak jauh-jauh datang dari Palembang? Karena dekat dari Danau Ranau, sehingga anda bisa menginap di penginapan yang dekat dengan Danau Ranau. Berikut beberapa pilihan penginapan yang bisa melengkapi liburan anda di Sumatera Selatan.

Wisma Pusri. Berupa Mess, Cottage dan Inn, kondisinya lumayan baik, bersih walau butuh sedikit peremajaan pada perabotan. Harga lumayan murah berkisar 150 ribu s/d 300ribu-an. Pada saat musim liburan harap booking dulu, biasanya penuh jika belum memesan jauh-jauh hari.

Wisma Putri Gunung. Lokasi berdekatan dengan Wisma Pusri, namun merupakan bangunan tua dan kurang terawat. Namun jika anda seorang backpacker mungkin penginapan ini cocok karena harganya lebih murah daripada yang pertama.

Wisma Air Terjun. Lokasi berdekatan dengan air terjun Subik, tetapi lumayan jauh dari tepian danau, disarankan bagi anda yang benar-benar ingin dekat sekali dengan Air Terjun Subik Tuha.

Dari beberapa penginapan diatas, anda dapat banyak referensi, namun masih banyak penginapan sebenarnya di daerah ini. Anda hanya perlu sampai di sana dan menanyakannya ke beberapa orang yang tahu daerah sekitar Danau dan Air Terjun Subik Tuha. Karena pilihan penginapan sangat banyak di sini.

Semoga perjalanan anda ke Air Terjun Subik Tuha menyenangkan. Karena banyak sekali tempat wisata disini yang bisa anda nikmati bersama keluarga, teman-teman, dan kekasih. (him)

6398 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply