Air Terjun Sulewana di Poso, Sulawesi Tengah

Satu lagi objek wisata di Sulawesi yang bisa anda kunjungi. Masih berhubungan dengan wisata airnya. Bukan sungai ataupun laut, bukan pulau danau. Ini air terjun. Di Sulawesi Tengah anda bisa menemukan air terjun indah. Air terjun yang bernama Sulewana. Air terjun ini berada di kabupaten Poso. Sekitar lebih dari 10 kilometer dari Danau Poso anda bisa menemukan lokasi Air Terjun Sulewana ini. Itu pun yang bisa dilewati kendaraan bermotor. Setelah kendaraan bermotor tidak bisa lagi melintas, maka anda bisa berjalan kaki setidaknya 10 sampai 15 menit.

Keunggulan air terjun ini adalah air terjun alami yang aliran debit airnya sangat besar. Sehingga mengakibatkan jatuhnya air dari tebing sangat deras. Sehingga tidak disarankan bagi anda berada tepat di bawah air terjun Sulewana ini. Karena debit air ini dianggap dapat menjadi penggerak pembangkit listrik tenaga air. Jika ingin mencoba saja tidak masalah. Karena ada danau terbentuk alami dari air terjun Sulewana ini yang dapat anda jadikan tempat berelaksasi, bermain air, berenang dengan kesejukan air terjun yang deras ini. Jarak terdekat untuk sampai ke Kabupaten Poso bagaimana? Mudahnya anda cukup untuk sampai di Palu.

Karena lebih dari 3 jam perjalanan darat anda yang harus ditempuh dari Palu untuk mencapai Poso. Anggapannya anda berada dari luar Sulawesi Tengah, dan Palu memiliki bandara yang bernama Bandara Mutiara. Terletak di Palu Selatan. Sehingga anda perlu mencapai Palu terlebih dulu agar memudahkan untuk sampai di kota Poso dan menuju ke air terjun Sulewana. Menyewa kendaraan setiba di Bandara Mutiara adalah tepat. Karena perjalanan jauh setidaknya bisa lebih mudah dijangkau dibandingkan dengan kendaraan umum. Menikmati Air Terjun Sulewana pun tidak hanya sebatas berada di bawah tebing saja. Jika anda punya nyali lebih, biasanya ada pemandu wisata yang dapat anda sewa juga untuk menyewa peralatan rafting. Arus deras di atas tebing dengan aliran sungainya menikmati rafting dengan teman-teman atau keluarga.

Air Terjun Sulewana Sulawesi Tengah

Karakteristik air terjun Sulewana ini berbatu besar. Sehingga tak heran hempasan dan aliran airnya begitu deras. Di Poso, tidak hanya air terjun Sulewana ini yang bisa anda nikmati, sebelumnya Danau Poso pun bisa anda nikmati, ada juga Goa Pamona, dan masih banyak lagi wisata alam di Poso ini. Sehingga anda bisa sekali jalan untuk beberapa kali lokasi wisata alam sehingga bisa menghemat waktu anda menikmati semua keindahan yang ada di Kabupaten Poso.

Biaya yang harus anda pikirkan tentu tiket pesawat, persewaan kendaraan (mobil/motor) serta biaya menginap di hotel/penginapan. Jika di kota anda, tidak ada jadwal penerbangan untuk sampai ke Palu, anda bisa memilih untuk penerbangan ke Makasar terlebih dahulu. Transit. Kemudian melanjutkan ke Palu. Kemudian sewa kendaran perhari biasanya (mobil) bisa mencapai Rp 500.000 per hari belum termasuk bahan bakarnya, dan untuk hotel bervariasi.

Tergantung jenis kelas hotel yang akan anda pilih sebagai tempat menginap. Hotel berbintang tiga, Hotel Palu Golden adalah hotel di Palu yang cukup mahal dengan harga kisaran antara Rp 400.000 sampai Rp 800.000 permalamnya. Lalu ada lagi Rama Garden Hotel. Hotel bintang tiga ini tidak menyantumkan referensi harga. Tapi mungkin akan sama harganya jika anda menanyakannya setiba di Palu. Kenapa harus menginap di Palu? Ya, akses ke Bandara tentu lebih cepat dan lebih mudah mengakses wisata lain di Sulawesi Tengah selain ke Poso jika anda mau.

Selamat berlibur di Air Terjun Sulewana. (him)

7891 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. kris sukamto July 21, 2013

Leave a Reply