Air Terjun Tirtosari Magetan

Bosan dengan jalan-jalan ke Telaga Sarangan? Sebenarnya, ada objek wisata lain di dekat telaga sarangan yang mungkin belum Anda ketahui. Yaitu Air Terjun Tirtosari. Berlokasi di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Bahkan lokasi Air Terjun Tirtosari ini memang terletak dalam satu kawasan dengan obyek wisata Telaga Sarangan!

Obyek wisata Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu memang terkenal dengan deretan hutan pinusnya yang menawan dan udaranya yang sejuk. Namun, belum lengkap rasanya jika tak sekaligus singgah dan melihat beningnya air terjun Tirtosari.

Obyek wisata Telaga Sarangan jauhnya sekitar 16 kilometer dari Kota Magetan. Air Terjun Tirtosari, jauhnya sekitar dua setengah kilometer dari Telaga Sarangan. Pintu masuk Air Terjun Tirtosari sendiri berada satu lokasi dengan Telaga Sarangan, jadi Anda tak perlu bingung untuk mencapainya. Masuk saja ke Telaga Sarangan, dan tanya posisi Air Terjun Tirtosari.

Jika Anda masuk melalui Magetan, jaraknya 16 Km, dan memasuki Kecamatan Plaosan jalan sudah mulai menanjak. Persiapkan alat transportasi Anda dalam keadaan baik sehingga mampu mencapai objek wisata Air Terjun Tirtosari dengan selamat. Tanjakan dan turunan serta belokan tajam akan Anda lalui selama perjalanan. Lahan pertanian dan hutan pinus adalah pemandangan yang utama. Angkutan umum juga mudah Anda dapatkan hanya dengan biaya sekitar Rp. 10.000,- dari Kota Magetan, Anda sudah bisa tiba di Telaga Sarangan dari Terminal Magetan.

Tiket masuk objek wisata Telaga Sarangan adalah Rp. 4.000,- dan tiket tambahan untuk memasuki objek wisata Air Terjun Tirtosari adalah sebesar Rp. 3.500,- Anda juga masih perlu berjalan kaki dan manaiki tanjakan untuk bisa sampai di bibir Air Terjun Tirtosari. Persiapkan fisik Anda, karena meskipun jalanan yang Anda tempuh relative bagus, namun sangat menanjak. Ada penduduk sekitar Air Terjun Tirtosari yang  menyewakan jasa tongkat kayu untuk membantu menaiki jalan dengan tarif Rp. 1.000,-

Disarankan Anda menggunakan jaket, karena udara sangat dingin. Udara yang cocok untuk bertanam sayur mayur yang merupakan mata pencaharian pokok bagi masyarakat desa sekitar Air Terjun Tirtosari. Dengan melihat hamparan kebun sayur milik warga setempat, waktu tempuh hampir satu jam menuju Air Terjun Tirtosari sampai tak terasa.

Air terjun Tirosari memiliki ketinggian hampir 50 meter. Menurut kepercayaan yang beredar di kalangan warga desa setempat, membasuh muka ataupun mandi dengan air dari air terjun tersebut bisa membuat seseorang awet muda. Sedangkan bagi kaum perempuan yang mandi di bawah pancuran air terjun, dipercaya akan mendatangkan khasiat kecantikan. Namun, terlepas dari mitos tersebut, guyuran air dari air terjun Tirtosari ini memang terasa dingin dan menyegarkan. Terlebih, setelah tubuh terasa penat sehabis menempuh perjalanan berat penuh tanjakan sebelumnya. Tak ayal, banyak pengunjung yang mandi di bawah guyuran air terjun. Rasanya, kepenatan terbayarkan.

Salah satu khas yang bisa Anda nikmati selama di Air Terjun Tirtosari adalah sate kelinci, yang jarang Anda temukan di objek wisata lainnya. Masyarakat sekitar membangun rumah-rumah makan yang menjajakan sate kelinci sebagai menu utamanya. Anda wajib mencobanya jika berkunjung ke Air Terjun Tirtosari. Harga yang ditawarkan pun tidaklah mahal. Seporsi hanya berkisar Rp. 10.000,- saja.

11264 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply