Air Terjun Wera, Sigi Sulawesi Tengah

March 12th, 2011 dalam kategori Sulawesi Tengah ditulis oleh 3 Comments | 3,334 kali dibaca |

Air Terjun Wera, sebenarnya terletak di sebuah taman wisata seluas kurang lebih 250 hektar yang terdiri dari kawasan hutan lindung. Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri kealamian dan kesejukan yang bisa anda dapatkan ketika jalan-jalan ke Sigi, Sulawesi Tengah untuk menikmati keindahan Air Terjun Wera.
Terletak di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, di sekelilingnya adalah daerah perbukitan dan hutan lindung. Selain Air Terjun Wera, di taman wisata ini juga terdapat lembah, Sungai Wera dan bukit-bukit dataran tinggi. Sungai Wera adalah sungai utama, dan memiliki jeram setinggi 80 meter dan lebar 3 meter.
Di taman wisata Wera, meskipun terdapat hutan lindung, namun vegetasi utamanya adalah semak dan padang rumput, serta hutan sekunder atau pepohonan tua. Penduduk sekitar bermukim di sekitar hutan dengan sistem ladang berpindah, sehingga cukup mengganggu kelangsungan ekosistem di dalam hutan. Pohon yang dapat ditemui adalah antara lain: Dracontomelon mangiferrumn, , Drypetes sp, Pterospermum ferrugineum, Litsea sp dan Avicenia marina. Sedangkan hewan-hewan yang ada adalah Monyet hitam Sulawesi, Ayam hutan, Kus-kus, Gagak, Burung kasuari, Tarsius dan beberapa jenis mamalia lainnya.

air terjun wera sigi Air Terjun Wera, Sigi Sulawesi Tengah
Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Wera dari dua tempat, jaitu di bagian atas air terjun dan di bagian bawah air terjun. Ketinggian aliran air sekitar kurang lebih 80 meter adalah panorama yang indah yang bisa kita nikmati. Anda juga bisa hiking melintasi hutan selama berada di taman wisata wera ini.
Untuk bisa sampai ke Air Terjun Wera yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Palu ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum dari terminal Petobo Palu dengan jarak tempuh sekitar setengah jam saja. Sesampainya di Desa Balumpewa, Anda bisa berjalan kaki sampai ke lokasi objek wisata Air Terjun Wera. (Foto: Awhie)

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply