Art Nouveau, Mahakarya Besar Barcelona

Jika orang menyebut Kota Barcelona, sekarang yang paling diingat adalah tim sepakbola Barcelona FC yang sedang menikmati masa-masa kejayaannya. Namun di sisi lain, Barcelona adalah kota seni yang sudah terkenal di seluruh dunia. Kota yang awalnya menjadi kota pengasingan ini terkenal dengan galeri artistiknya. Hans Christian Andersen, seorang penulis dongeng klasik, kerap menggambarkan pesona Kota Catalan ini dalam serial Tales for Children.

Di setiap sudut Kota Barcelona, kemolekan arsitektur bangunan dengan aksen-aksen dinding bergaya mozaik membuat mata terpana. Kota roman ini terkenal dengan Art Nouveau yang merupakan pola dekoratif dari tumbuhan dan hewan yang meliuk-liuk. Hampir semua mahakarya Art Nouveau diciptakan oleh seniman bernama Antoni Gaudi. Art Nouveau diambil dari Bahasa Perancis yang artinya New Art. Antoni Gaudi telah menjadi aliran seni dekoratif New Art karena mahakaryanya di Kota Barcelona.

Antoni Gaudi telah berhasil menyulap Kota Barcelona menjadi layaknya galeri seni yang hidup. Karya Art Nouveau sangat mudah dikenali di setiap sudut Kota Barcelona. Mahakarnya Antoni Gaudi bisa ditemui mulai dari sisa-sisa bangunan abad pertengahan sampai benteng peninggalan zaman Romawi. Antoni Gaudi mencurahkan semua inspirasi seninya pada Kota Catalan ini. Antoni Gaudi termasuk seniman yang menerapkan moden ornamen pada permukaan. Dan semua kecintaannya pada seni, arsitektur, dan Tuhan, ia curahkan pada karya-karyanya untuk Kota Barcelona.

Hans Christian Andersen kerap menggambarkan di dalam serial dongengnya tentang keindahan karya-karya Antoni Gaudi di Kota Barcelona. Bahkan, Hans Christian Andersen mengatakan bahwa Kota Barcelona mampu menyaingi keindahan Kota Paris. Mahakarya Antoni Gaudi adalah Park Guell yang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Kota Barcelona. Proyek jenius Antoni Gaudi yang terletak di Ciutat Comtal ini menjadi salah satu bukti bahwa dongeng yang diciptakan Hans Christian Andersen adalah nyata adanya.

Park Guell adalah taman raksasa yang dibangun tepat di atas sebuah bukit bernama Bukit El Carmel. Di Park Guell, Anda bisa menikmati pemandangan dinding-dinding rumah kecil yang dihiasi ornamen yang artistik. Di area taman Park Guell juga terdapat patung naga raksasa yang dihiasi dengan ornamen marmer berpola mozaik yang seolah-olah masing-masing bagiannya terpecah. Bukit batu yang hanya ditumbuhi sedikit pepohonan itu awalnya disebut Muntanya Pelada. Dengan mendaki tangga-tangga dari pintu gerbang sampai puncak Park Guell, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Barcelona dari ketinggian.

Pola-pola mozaik yang menghiasi dinding bangunan umumnya berwarna natural, seperti warna biru langit, cokelat, dan warna-warna pastel. Sedangkan bentuk objek biasanya berupa tumbuhan atau hewan. Tidak jauh dari Park Guell, Anda bisa menemukan air mancur Canalettes, tepatnya di La Ramba. Para suporter Barcelona Fc biasanya merayakan kemenangan dengan mereguk air mancur Canalettes. Ada sebuah mitos, siapa yang minum air mancur Canalettes konon akan ditakdirkan untuk kembali ke Kota Barcelona lagi. (Foto dari Barcelona Photoblog)

5592 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply