Ayo Berwisata ke Surga Taman Laut Bunaken!

Bunaken, adalah nama dari sebuah pulau kecil yang terletak di kabupaten Manado, Sulawesi Utara.

Di pulau seluas lebih dari 8 kilometer persegi ini, Anda akan menemukan beragam biota laut yang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Bahkan, secara resmi pada tahun 2005 badan internasional UNESCO meresmikan Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia yang masih terjaga kealamiannya.

Dan agar kekayaan alam yang terdapat didalamnya tetap terlindungi, pemerintah Indonesia menetapkan pulau Bunaken sebagai taman nasional, seperti yang sering Anda dengar saat ini, Taman Nasional Bunaken.

Bila saat ini Anda sedang berencana untuk diving atau snorkeling, maka Bunaken-lah tempatnya.

Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dimana 12 titik diantaranya berada di sekitar pulau Bunaken. Kedalamannya pun bervariasi hingga mencapai 1000 meter lebih. Tiap titik menyajikan keindahan yang luar biasa. Misalkan saja spot yang terletak di bagian tenggara pulau Bunaken, hingga bagian barat laut, Anda bisa menikmati indahnya underwater Greatwalls, yakni jajaran dinding karang putih raksasa di bawah laut (biasa disebut hanging walls).

Bagaimana jika tak mempunyai peralatan selam? Tak masalah. Di taman nasional yang satu ini Anda bisa menyewa perlengkapan selam seharga Rp. 100.000 per harinya, tergolong murah dibanding apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Apalagi terhitung perhari, dijamin puas deh! 😉

Oiya, Anda tak mau menyelam, mabuk air, bawa anak, tapi tetap ingin melihat indahnya pesona surga taman laut bunaken? Juga tak masalah.

Bunaken menyediakan fasilitas kapal semi selam yang memiliki kaca-kaca bening dibagian kanan-kirinya. Harga yang diberikan pun relatif terjangkau bagi Anda yang benar-benar berminat. Tapi bila anda kurang puas, Ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya beroperasi pada saat laut pasang. Meski harganya saat ini jauh lebih mahal, dijamin, Anda akan benar-benar merasakan indahnya ciptaan Allah SWT yang satu ini.

Sekarang, bagaimana? Masih belum puas juga? Tenang, Kapal Marina mungkin menjadi pilihan Anda. Kapal yang satu ini bisa Anda sewa seharga 600-800 ribu rupiah, dan jika masih dirasa kemahalan, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 50.000,- saja, dengan syarat bersama-sama dengan wisatawan lainnya. Anda harus mau sabar menunggu kapal tersebut penuh. Bagaimana?

Kemudian bagaimana bila ingin menginap? Tentu juga tak masalah. Di daerah wisata taman laut bunaken ini, Anda akan menjumpai banyak resort yang menyediakan kesempatan bagi Anda yang ingin berbulan madu, maupun untuk sekedar menginap. Anda juga bisa memilih menginap di penginapan Kota agar tarif yang digunakan juga tak terlalu mahal.**

Tak hanya itu, di Taman Laut Bunaken Anda juga bisa melakukan hal-hal lain seperti melihat paus dan lumba-lumba di laut lepas, memancing, atau sekedar ber-speed boat ria, itu semua terserah Anda. Yang penting, jangan coba-coba menghancurkan warisan dunia itu ya.. 😀

Di taman Nasional ini, Anda juga akan menemui ribuan spesies ikan dengan puluhan jenis terumbu karang yang masih sangat alami dan mempesona.

Bukan itu saja, Bunaken ternyata juga menjadi destinasi utama favorit para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, terhitung sudah ada 80.000 wisatawan asing yang berkunjung tiap harinya dan dipastikan jumlahnya akan terus meningkat.

Sekarang, giliran Anda. Tertarik untuk mencobanya ?

**Saran saya, lebih baik menggunakan jasa agen-agen tour terpercaya. Meski sedikit mahal, namun akan jauh lebih murah jika dibanding membeli dan menyewanya secara terpisah. (MK)

5568 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply