Banten, Sesaji Di Bali

Buat yang sudah sering jalan-jalan ke Bali, pasti sudah nggak asing lagi dengan penampakan sesaji di setiap sudut jalan, rumah, pohon, kendaraan, dan tempat-tempat ibadah. Penempatan sesaji itu memberikan arti dan tujuan tersendiri, misalnya di depan pintu atau gerbang, dimaksudkan untuk mengusir roh jahat agar tidak masuk ke dalam rumah. Isinya biasanya terdiri dari buah-buahan, beras, dupa, uang dan bunga di dalam wadah yang terbuat dari janur. Nama sesaji tersebut adalah Banten.

Saya punya satu pengalaman khusus tentang Banten ini. Pernah di suatu saat, saya tinggal beberapa hari di rumah orang Bali (bukan hotel). Jadi, saya bisa melihat bagaimana mereka membuat Banten yang akan dipasang di berbagai sudut rumahnya. Saya bertanya, berapa biaya yang mereka habiskan untuk membuat seluruh Banten tersebut? Tidak kurang dari lima puluh ribu rupiah, jawabnya. Tahun 2004 waktu itu. Memang sih, rumah keluarga besar itu sangatlah besar, bahkan mereka memiliki Pura tempat sembahyang sendiri di dalam kompleks rumahnya. Kebayang kan, banyaknya Banten yang harus dibuat?

Banten%252C%2520Sesaji%2520di%2520Bali Banten, Sesaji Di Bali

Bagi kita, orang di luar Bali, pasti berpikir betapa borosnya pengeluaran mereka hanya untuk sesuatu yang “dibuang”. Tetapi, justru sebenarnya mereka telah bisa melakukan dengan kesungguhan hati menyampaikan rasa cinta kasih kepada Tuhannya…

384 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *