Belalang Kuliner Terkenal Dari Gunung Kidul

Sebagai anak yang pernah tinggal selama satu tahun di Gunung Kidul, saya pastinya akrab dengan satu kuliner yang jarang ada di kota lain ini. Yap, belalang! Dengan mudah kita akan menemukan deretan penjual belalang jika berkendara di sekitar objek wisata seperti pantai. Gambar ini saya ambil ketika saya melintas sepanjang jalan menuju Pantai Pok Tunggal.

Penjual Belalang

Ada puluhan orang berjejer sepanjang jalan, mendirikan payung untuk berteduh, menjual belalang yang sudah digoreng. Kalau ingat jaman dulu, saya sering kali diajak mencari belalang di antara pohon-pohon turi di belakang rumah. Memang banyak sekali belalang di Gunung Kidul ini. Mereka dengan mudah dapat ditemukan di kebun-kebun. Menangkap belalang adalah kegiatan yang menyenangkan setiap sore hari bagi anak-anak di sekitar rumah. Sudah seperti kegiatan wajib di sore hari.

Belalang Mentah

 

Selain menjual belalang goreng, pedagang di sepanjang jalan ini sebagian juga menjual belalang yang belum dimasak. Belalang-belalang tersebut dikemas dalam tusukan lidi. Satu renteng dihargai sekitar sepuluh hingga dua puluh ribu rupiah, tergantung dari kepadatan tiap rentengnya. Jika ingin mencoba saja, seperti apa rasa belalang goreng, kita bisa membeli belalang goreng berupa kemasan plastik kecil. Harganya hanya lima ribu rupiah saja.

Foto Gambar Belalang Goreng Mateng

 

Belalang goreng khas Gunung Kidul juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Dalam kemasan toples, tentu harganya lumayan juga. Bisa Rp. 25.000,- minimal per toplesnya. Gimana, berani coba makan belalang goreng?

Tidak semua orang berani mencoba makanan yang satu ini karena bentuknya. Saya juga termasuk yang malas mencoba mencicipinya. Padahal, kalau saya baca, kandungan gizinya sangatlah oke. Tinggi protein dan rendah kolesterol. Cocok banget buat yang nyari makanan sehat. Tapi ya kalau sudah males nyobain, ya susah ya kalau dipaksa. Makanya saya nggak bisa kasih testimoni seperti apa rasa belalang goreng ini. Sila cobain sendiri yah!

Sekarang kayaknya sudah mulai banyak kok yang jualan belalang goreng ini secara online. Jadi, nggak perlu jalan-jalan dulu ke Gunung Kidul, baru bisa makan belalang. Cobain aja dulu. 😉

One Response

  1. Alvian Rahardjo August 31, 2016

Leave a Reply