Benarkah Sangeh Kini Sudah Bukan Tujuan Wisata Favorit Di Bali?

Wisata ke Bali? Ya, sebuah impian setiap wisatawan lokal tentunya untuk bisa menikmati Bali namun karena banyaknya lokasi wisata di Bali, tidak banyak orang mengenal Hutan Sangeh ini. Hutan Sangeh ini sebenarnya hutan buatan. Dulu hutan ini akan dibangun sebuah taman yang tidak diketahui banyak orang atau pembuatannya yang dirahasiakan. Entah tidak ada tanggal pasti pembuatannya dan karena akhirnya ketahuan oleh orang lain dan terbengkalai hingga kini.

Dari fakta diatas jelas akhirnya bahwa yang ingin dicoba dibangunnya taman buatan yang sekarang hutan sangeh ini ditumbuhi tanaman Pala yang menjulang tinggi berumur ratusan tahun. Pohon tinggi menjulang ini tidaklah satu-satunya pohon yang ada di Sangeh Bali. Adanya pohon unik yang diberi nama Lanang Wadon yaitu mirip seperti alat kelamin perempuan dan laki-laki. Ada juga pohon pule yang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pembuatan topeng. Sangeh Bali tepat berada di Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal, dan Kabupaten Badung.

Anda tentu bisa sampai ke Bali dengan melalui udara, Bandara Ngurah Rai. Lebih tepat karena walaupun bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi atau sebuah bus pariwisata, kemudian menyebrang dengan kapal ferri anda akan menghabiskan banyak waktu dijalan. Carilah maskapai yang menyediakan diskon penerbangan, pasti ada jika anda sudah merencanakan berlibur untuk beberapa bulan ke depan. Jika sudah sampai di Denpasar, saatnya menuju Hutan Sangeh ini.

Kalau sudah sampai di Denpasar, anda hanya perlu mengakses Sangeh yang berjarak sekitar 45 kilometer. Di Bali memang tidak ada transportasi umum yang memadai, selain taksi dan mobil rental sewaan. Untuk mencegah tidak sampainya pada wisata tujuan, anda setidaknya harus menyewa kendaraan. Harga cukup mahal untuk menyewa kendaraan di Bali. Sekitar Rp 300.000an untuk 8 jam saja. Dari Denpasar akhirnya anda bisa menikmati Hutan Sangeh ini. Selain flora, di Hutan Sangeh ini terdapat banyak monyet. Dengan cerita khas pewayangan di Bali, konon monyet inilah yang menjadi tentara untuk mengalahkan tokoh wayang tertentu yang kemudian sekumpulan tentara monyet ini jatuh ke desa ini dan menetap. Cerita rakyat ini kental di Bali, dan tentu anda dapatkan seperti di wisata alam lainnya.

Ada beberapa penginapan yang bisa anda nikmati untuk beristirahat sembari mengunjungi tempat wisata alam Hutan Sangeh ini.

1. Royal Pita Maha Hotel. Berjarak 2,51 kilometer dari desa Sangeh ini, jarak terdekat hotel yang memiliki kualitas yang menjanjikan. Hotel ini berada di Kedewatan, Ubud.

2. Puri Wulandari a Boutique Resort & Spa. Berjarak 2,64 kilometer dari desa Sangeh, termasuk resort terdekat kedua yang memiliki kualitas terbaik. Tepatnya berada di Jl. Raya Tanggayudha, Ubud.

3. Kupu Kupu Barong Villas & Tree Spa Hotel. Berjarak 2,66 kilometer dari lokasi hutan Sangeh. Resort ini sangat bagus dengan nuansa alam dan tatanan arsitek internasional. Tepatnya berada di Kedewatan P.O. Box 7, Ubud.

Dengan referensi penginapan terdekat ini, tentu anda bisa jalan jalan menikmati Hutan Sangeh tanpa perlu menghabiskan waktu banyak di jalan. Yang perlu diketahui bahwa berwisata di Bali, tidaklah mahal pada transportasi, tapi banyak penginapan mahal karena standar internasional yang dikedepankan. Usahakan tidak juga hanya mencari hotel murah saja, tapi juga berkualitas. Agar liburan anda di Bali, mengunjungi Hutan Sangeh dan bermain bersama monyet-monyet ini tidak terganggu karena kenyamanan penginapan anda terganggu. Selamat menikmati liburan di Bali, desa Sangeh, Hutan Sangeh. (him, Gambar: Balitourpackage)

6675 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply