Benteng Marlborough Bengkulu, Wisata Cagar Budaya

Tempat wisata di Indonesia memang beragam banyaknya. Dari wisata alam, rohani, sampai sejarah dan budaya. Pada artikel ini akan dibahas wisata sejarah. Sebuah benteng peninggalan masa penjajahan Inggris di Bengkulu. Bahkan pada jamannya, benteng ini dikenal sebagai benteng terkuat di Asia setelah Benteng st George di India. Saking hebatnya benteng ini, sempat beberapa kali berganti kependudukan, yaitu oleh Jepang, kemudian Belanda dan terakhir oleh TNI-AD kita. Namun terakhir hingga sekarang hanya dijadikan museum cagar budaya yang dikelola oleh pemerintah.

Benteng ini berada di Bengkulu, sehingga, akan diberikan info pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta sampai menuju Bandara Fatmawati Soekarno untuk memudahkan Anda merencanakan keberangkatan dan kepulangan dari Bengkulu (dipilih bandara Jakarta agar memudahkan dalam memperkirakan jumlah anggaran dengan bandara lainnya).

1. Merpati, tiket dapat dibeli antara Rp 250.000 – Rp 400.000

2. Sriwijaya, tiket dapat dibeli Rp 370.000

3. Lion Air, tiket dapat dibeli Rp 400.000

Harga tiket adalah harga acuan yang dapat berubah sewaktu-waktu. Penting untuk memeriksa harga tiket maskapai yang melayani penerbangan ke Bengkulu. Hanya berjarak 9 km dari Bandara Fatmawati untuk sampai ke Benteng Marlborough. Cukup dekat tentu anda tidak langsung ingin mengunjungi benteng ini tanpa beristirahat terlebih dahulu kan. Ada beberapa hotel yang menjadi referensi karena jarak yang cukup dekat dengan benteng ini..

1. Grage Horizon Hotel Bengkulu, hotel berbintang dua ini cukup diakses 20 menit dari bandara Fatmawati sehingga memungkinkan dekat dengan Benteng. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan menuju benteng karena tempat penginapan yang dekat.

2. Hotel Rio Asri, hotel berbintang tiga ini dapat diakses 20 menit dari bandara Fatmawati sehingga sama dengan hotel horizon yang dapat menjangkau benteng Marlborough dengan lebih cepat.

Masih banyak hotel yang bisa anda temukan di Bengkulu sebagai tempat beristirahat sembari menunggu waktu yang tepat untuk berkunjung ke Benteng Marlborough. Benteng Marlborough sendiri menyajikan sejarah bahwa dulunya Inggris tidak hanya menjadikan benteng ini sebagai area pertahanan, tapi juga perdagangan yang kita kenal dengan organisasi EIC. Tidak hanya itu, Presiden Soekarno pernah ditahan di benteng ini begitu juga sebagai tempat tinggal petinggi Inggris pada jaman itu. Fungsinya yang sebagai pusat pertahanan beralih menjadi hunian oleh para pejabat EIC. Banyak bukti sejarah asli yang masih tertinggal seperti dokumen perdagangan, dan pernikahan jaman itu.

Secara fisik jika dilihat dari bangunan benteng ini sangat kokoh. Bangunan yang seharusnya hanya persegi ini di kelilingi oleh bangunan penjaga di setiap sudutnya. Di sudut- sudut itulah ditempati meriam yang pernah digunakan Inggris untuk mencegah musuh masuk mendekati benteng. Karena strukturnya yang sangat mencermati ancaman pada waktu penjajahan dulu, sebelum anda bisa memasuki benteng, ada jembatan yang menuju bangunan utama. Berarti bangunan utama dilindungi oleh parit yang cukup besar mencegah juga adanya serangan dari darat yang berhasil masuk ke benteng. Bangunan benteng masih sangat baik.

Padahal umurnya telah melampaui 3 abad. Sayangnya belum banyak potensi yang dijaga atau dikembangkan oleh pemerintah daerah terhadap benteng ini. Jika seperti benteng di daerah lain yang telah menjadikan peninggalan benteng menjadi sebuah museum yang dilengkapi dengan berbagai macam pameran seni budaya.

Dengan ini, lengkap sudah ulasan tentang perjalanan wisata sejarah pada Benteng Marlborough dan nikmatilah wisata sejarah yang mengagumkan. (him)

6626 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply