Berenang Bersama Ikan Hiu di Karimunjawa

Selama ini, ikan hiu dipandang sebagai ikan yang buas karena terlalu banyak film yang memperlihatkan ikan hiu yang memangsa manusia. Namun semua anggapan itu akan hilang jika Anda jalan-jalan ke Karimunjawa. Tidak hanya bisa melihat ikan hiu dari jarak dekat, Anda juga bisa berenang bersama ikan-ikan cantik ini. Di salah satu sudut Karimunjawa, Anda bisa menemukan kolam berukuran 20×30 meter yang berisi belasan ikan hiu jenis sirip hitam dan sirip putih.

Jangan takut, ikan-ikan hiu ini tidak buas. Anda bisa turun ke dalam kolam yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter itu tanpa takut digigit. Malah sebaliknya, ikan-ikan hiu itu akan menjauhi Anda karena takut. Namun pemilik kolam akan melemparkan ikan kecil di dekat Anda, dan ikan-ikan hiu itupun akan berenang mengelilingi Anda. Di dalam kolam yang berwarna biru kehijau-hijauan itu, Anda bisa memiliki pengalaman berenang dengan ikan hiu yang tak akan terlupakan.

Salah satu pemilik kolam ikan hiu itu adalah Cunmin yang sudah memiliki dua kolam hiu sejak 30 tahun yang lalu. Penginapan Apung Ikan Hiu Kencana, begitu Cunmin menamakan kolamnya itu. Di dekat kolam hiu itu, Cunmin membangun rumah apung yang tepatnya berada di Pulau Menjangan Besar. Untuk membuat kolam hiu itu, Cunmin hanya memberi batas batu-batuan yang sebenarnya tidak terpisah jauh dari lautan luas.

Awalnya Cunmin membeli sepasang ikan hiu yang kemudian beranak-pinak sebanyak yang sekarang ini. Setiap melahirkan, ikan hiu milik Cunmin bisa melahirkan 2-3 anak. Dulu sebenarnya ia juga punya ikan lumba-lumba tapi sudah ia lepaskan karena biaya makan yang sangat tinggi. Kini ia memberi makan sekitar 30 ikan hiunya dengan 20 kg ikan segar sekali makan. Untuk mencukupi biaya makan ikan hiunya dan juga kebutuhannya sehari-hari, Cunmin memasang tarif bagi wisatawan yang ingin berenang bersama ikan hiu.

Tidak mahal, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- dan tiket berenang di kolam ikan hiu sebesar Rp. 10.000,-. Murah bukan? Selain itu untuk biaya kapal bersandar, Cunmin memasang tarif sebesar Rp. 30.000,-. Setiap minggu, kolam hiu ini tidak pernah sepi, bahkan wisatawan mancanegara kerap berkunjung. Dengan tarif yang tidak mahal, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan bersama ikan-ikan hiu itu. [G]

6217 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply