Berlibur Ke Tirta Sanita Yuk

Ke mana rencana anda jalan jalan di akhir pekan besok? Bagaimana jika ke Tirta Sanita?

Tirta Sanita berjarak 20 km dari Bogor, 30 km dari Jakarta, dan 15 km dari Tangerang. Akses ke sana cukup mudah. Yang ditawarkan oleh objek wisata Tirta Sanita adalah pemandian air panas. Dijamin badan pegal-pegal setelah lelah satu minggu bekerja jadi hilang, deh. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Objek Wisata Air Panas Ciseeng.

Air panas Tirta Sanita, Ciseeng merupakan salah satu obyek wisata yang unik, di mana sebuah bukit kapur yang terletak di tengah-tengah persawahan mengeluarkan air panas dengan kadar belerang yang tinggi. Apabila dilihat dari kejauhan, bukit kapur ini akan terlihat seperti bukit yang bersalju karena pantulan kapur yang berwarna putih terdispersi oleh aliran air panas yang keluar di dalamnya.

Memasuki gerbang pemandian air panas Tirta Sanita, tampak deretan pohon palm raja teratur rapi di sisi kiri dan kanan. Beberapa meter kemudian pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang merupakan sentral dari lokasi pemandian ini. Kombinasi warna putih, abu-abu dan hitam terpadu dengan kontras, serasi dengan warna hijau dedaunan pohon yang cukup banyak tumbuh di sekitarnya. Pada beberapa bagian dari bukit ini dipahat menyerupai anak tangga sehingga memungkinkan pengunjung untuk mendakinya.

Di atas bukit kapur, terdapat sebuah kolam kecil yang berisi air. Bau belerang cukup menyengat pada air tersebut dengan warna putih kehijau-hijauan.

Fasilitas Di Tirta Sanita

Selain menghilangkan penat, mata air panas Ciseeng di Tirta Sanita ini mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang. Yang serunya, kita bisa mandi air panas di kamar mandi tersendiri, kalau kita malu mandi beramai-ramai di kolam. Kamar mandi ini bisa disewa dengan harga Rp 6.000 per orang (untuk kamar standar berukuran 2 x 2 meter) dan Rp 10.000 per orang (untuk kamar VIP dengan ukuran 4 x 4 meter).

Selain mandi air panas, di tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan yang indah, karena disekitarnya terhampar panorama gunung dengan udaranya yang segar. Para pengunjung dapat naik ke atas pegunungan utnuk melihat pemandangan alam sekitarnya. Dan dari arah kejauhan pegunungan terlihat seperti salju, daerah sekitar tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai daerah perkemahan.

Untuk Anda yang ingin bermalam, Tirta Sanita menyediakan pesanggrahan untuk bermalam, atau jika Anda ingin beristirahat tanpa menginap tersedia juga pesanggrahan yang bisa disewa dengan tarif berkisar antara Rp 95.000 – Rp 115.000 per 6 jam. Sedangkan untuk menginap tarifnya mulai dari Rp 125.000 – Rp 165.000,-

Bermandi ria di Tirta Sanita ini, pengunjung tak perlu takut akan kelaparan atau kehausan, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di dalam kawasan ini. Bahkan begitu Anda duduk, langsung ditawarkan kelapa muda juga makanan lainnya. Selain itu, ada juga restoran yang menyajikan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Rasanya pun lumayan enak, restoran ini terletak di tengah danau.

Program Outbond

Saat ini, Tirta Sanita juga bisa anda gunakan sebagai lokasi outbond bersama dengan rekan-rekan satu kantor. Program outbond tersebut diperuntukkan bagi semua kalangan mulai dari anak-anak dan orang dewasa, baik perorangan, rombongan siswa sekolah sampai pada karyawan suatu perusahaan.

Program training yang dipandu oleh psikolog/team terlatih sangan diminati banyak perusahaan untuk memfokuskan karyawannya pada pengembangan karakter dan kepribadian dalam bingkai visi dan misi perusahaan/institusi sehingga akan terpatri rasa loyalitas, kerjasama. Motivasi untuk berprestasi yang pada akhirnya akan terbentuk “the winning team” yang solid dan tangguh.

Jika bosan bermain air, wisata outbond rasanya perlu dicoba. Pengalaman menegangkan akan terasa lewat permainan flying fox, yang berupa meniti tali dari atas bukit kapur hingga tengah pinggir kolam. Kemudian, bagi anak-anak terdapat arena mainan anak yang berupa mobil atau motor yang menggunakan batere.

Akses menuju Tirta Sanita

Dari arah Bogor – Jampang – perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur, tapi jika dari arah Jakarta sebaiknya melalui Tol Pondok Indah-Serpong, melewati Muncul/Puspitek sampai perempatan pasar Prungpung ambil jalan lurus lebih kurang 4 kilometer menuju ke Lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Tapi jika tidak lewat jalan Tol, rutenya Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – Ciseeng.

1. Bogor – Jampang – perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.
2. Bogor – Pasar Parung – Bojong Indah, lalu ke ambil jalan kiri ke aras Gunung Kapur.
3. Depok – Sawangan – Pasar Parung – ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.
4. Jakarta – Tol Serpong – Puspitek – Pasar Prumpung – lurus ke aras Gunung Kapur.
5. Jakarta – Pasar Ciputat – Parung – ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.
6. Jakarta – Pondok Cabe – Parung – ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.
7. Tangerang – Serpong – Puspitek – Pasar Prumpung – lurus ke aras Gunung Kapur.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk hari Minggu untuk Dewasa Rp. 6.000,- dan untuk Anak-anak Rp. 3500,- Harga tiket masuk hari biasa Dewasa Rp. 5.000,- dan anak-anak Rp. 3.000,-

10686 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

4 Comments

  1. Seat Vacations April 21, 2011
  2. roni karmo November 19, 2011
  3. propertidong July 7, 2013
  4. setiawati April 13, 2015

Leave a Reply