Berwisata Back To Nature

De Ranch

Banyak tempat liburan bernuansa alam. Selain mempunyai pemandangan alam nan asri, juga menawarkan beragam aktifitas menarik. Welcome to the nature.

De Ranch

Berada persis di belakang pegunungan putri dan Tangkuban Perahu, De Ranch merupakan wahana wisata yang menyatu dengan keindahan alam sekitar. Sejak dibuka pertengahan Desember lalu, setiap harinya kawasan De Ranch dipenuhi pengunjung dari Jakarta dan daerah di sekitar Bandung. Wisata berkuda ala koboi menjadi nilai jual De Ranch. Suasana dan pengelolaan peternakan di Lembang ini mirip dengan di Amerika Utara atau Eropa. Dengan membayar tiket masuk Rp. 15.000,- untuk satu putaran berjarak 700 meter, Anda diajak menjadi seorang koboi ala peternak Amerika, lengkap dengan topi, rompi dan pelindung kaki ala western cowboy.

Anda juga bisa mengajak keponakan untuk naik rakit, memancing, bermainflying fox, wall climbing, naik delman, memerah susu, memberi makan sapi atau melihat proses pasteurisasi susu sebelum siap diminum. Khusus untuk memerah sapi dan melihat pasteurisasi susu harus dilakukan dengan perjanjian. Karena kedua kegiatan itu tidak bisa dilakukan setiap saat.

Jika perug sudah bernyanyi minta diisi, anda bisa menikmati makanan ala indonesia seperti karedok, sate, sop daging dan ubi bakar atau ala western seperti sosis, pizza dan steak di restoran dan food court yang pemandangannya menghadap ke peternakan. Tanda masuk ke wahana wisata ini cukup mirah, hanya Rp. 5.000,- Bonusnya anda mendapat welcome drink segelas susu murni segar.

Rumah Sutera Alam

Di taman wisata milik Tatang Gozali ini anda akan diajak untuk mengetahui cara memelihara tanaman murbei (makanan ulat sutera), memelihara ulat sutera, pengokonan (memisahkan dan merawat ulat hingga mengambil benang dari kepompong), pemintalan benang, sampai menenun benang menjadi kain.

Sekedar datang dan melihat lihat, tidak dipungut bayaran, dengan resiko tidak ada kegiatan apapun di rumah ini. Tetapi jika mau melakukan tour bersama rombongan, harus pesan dulu 14 hari sebelum datang dan minimal peserta 30 orang.

Biaya tour Rp. 40.000,- per orang dewasa dan Rp. 30.000,- per anak kecil sampai dengan usia 12 tahun. Biaya ini termasuk minum, makanan ringan, makan siang dan dibawa berkeliling ke seluruh proses pembuatan selama 2-3 jam.

Selain kebun murbai dan lahan pemeliharaan ulat sutera, tempat seluas 3,5 hektar ini juga menawarkan fasilitas rekreasi kolam renang, kafe, play ground dan kolam pemancingan. Bahkan ada lahan budidaya anggrek, tempat ini sangat asri penuh pepohonan hias.

Kalau mau menginap ada dua cottage dengan dua kamar tidur yang disewakan, satu bergaya jepang dan satunya lagi rumah kaca di tengah taman. Satu cottage harga sewanya Rp. 500.000,- per malam, bebas diisi berapa orang saja. Untuk cottage bergaya Jepang, ukurannya sekitar 120 m persegi sedang cottage rumah kaca (dua lantai) kurang lebih 80 meter persegi per lantainya. Mau belanja? Ada toko yang menjual kain sutera.

Tanah Tingal

Letaknya masih dekat Jakarta, di Ciputat. Di lahan seluas 9 hektar ini, anda dapat menikmati banyak kegiatan alam. Mulai bertani lengkap dengan kerbaunya, wisata air seperti kano, memancing, berenang di kolam renang, bersepeda di tengah alam, melihat-lihat kebun anggrek, bird watching atau kegiatan outbond.

Tanah milik Boediardjo (alm) Mantan Menteri Penerangan ini sudah ditanami sekitar 10.000 pohon sejak tahun 1985. Jadi sudah seperti hutan kota, bahkan kebun khusus anggrek dengan 10 varian.

Tiketnya untuk satu orang, menikmati permainan flying fox dan kano Rp. 40.000,- tetapi jika berombongan minimal 5 orang harga paketnya Rp. 25.000,- per orang. Ada pula paket menginap dan paket rumah pohon untuk anak usia 5-15 tahun.

Untuk umum buka mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore, dari Selasa sampai Minggu. Dan ada cafe yang menyajikan berbagai makanan, rasanya rata rata enak. Tetapi jika ingin membawa rombongan, harus reservasi terlebin dahulu minimal dua minggu sebelum kedatangan. Tak perlu khawatir, di tempat wisata alam ini tersedia dokter dan pengawas untuk menjaga anak-anak.

Wisata Desa Cinangneng

Letaknya di bagian barat kota Bogor. Sekitar 1 kilometer dari kampus Dermaga (sering juga ditulis Dramaga) IPB. Banyak wisatawan asing datang ke sini karena ada paket Pulang Kampung, yaitu jalan-jalan di Desa sekitar. Melihat kehidupan langsung penduduk desa. Serta mengenal proses tanam padi, panen, giling, hingga beras di masak menjadi nasi.

Biaya per orang mulai Rp. 75.000,- – Rp, 95.000,- tergantung banyaknya kegiatan yang mau diambil. Ada memandikan kerbau, melukis caping, belajar gamelan dan tarian Sunda, serta jalan-jalan ke kampung. Bisa diikuti oleh dewasa. Kalau cuma sehari disediakan makan siang dan snack. Mulai buka pukul 7 pagi, kegiatan dihentikan pukul 3 sore.

Juga tersedia paket menginap mulai Rp. 400.000,- hingga Rp. 500.000,- dengan kegiatan beragam. Untuk menginap disediakan makan malam dan sarapan. Untuk paket menginap ini, jalan jalan ke kampungnya bisa lebih jauh lagi. Sangat menarik melihat mata pencaharian desa-desa di sekitarnya yang antara lain hidup dari garmen hingga membuat barang kerajinan.

Villa Cilember

Kalau mau sekedar beristirahat di tengah pemandangan alam, ada satu kawasan villa yang bisa anda datangi. Namanya villa cilember, pemiliknya sama dengan Rumah Maroko di Menteng, keluarga Datuk Hakim.

Keunggulannya, punya empat rumah dengan interior berbeda. Ada rumah kolonial dengan dominan warna biru, ada rumah merah, rumah kayu cendana, dan rumah panggung di tengah sawah di bagian belakang lahan.

Fasilitasnya tidak banyak, hanya lahan taman luas, kolam renang dan lapangan tenis, tapi rumahnya sungguh indah, dengan kemewahan sekelas rumah maroko. Tapi di dekatnya ada lokasi wisata Curug Cilember yang ada air terjunnya.

Biaya sewa per rumah berbeda-beda, karena kapasitas kamar dan luasnya juga berbeda. Mulai Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 4.000.000,- Mau bawa makanan sendiri atau pesan dari dapur villa juga bisa. Tinggal atur saja menu apa yang anda inginkan dengan minimal per pax Rp. 50.000,- per orang per hari. (sumber: Cita Cinta)

7450 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply