Berwisata Kok Ke Bekas Tambang?

Saya belom pernah ke Belitung. Hanya membaca catatan perjalanan beberapa orang teman saja. Salah satunya adalah tulisan di blog Mas Cumi yang ini. Sama, perasaan saya langsung miris. Mengetahui bahwa keindahan yang saya saksikan melalui layar komputer itu adalah sebuah bekas pertambangan. Entahlah, saya tidak mengetahui apakah penambang kaolin di Belitung tersebut adalah sebuah perusahaan besar, ataukah dilakukan oleh penduduk lokal setempat. Tetapi memang semestinya tidak bisa seperti itu, setelah habis ditambang, bekasnya ditinggalkan begitu saja.

Kalau ada pertanyaan, siapa yang salah, pastinya banyak pihak terlibat, termasuk pemberi ijin kegiatan penambangan. Yang saya heran, apakah tidak ada peraturan (setidaknya perda) yang mengatur? Saya awam sih soal tambang dan pertambangan, tetapi bukankah bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat? Kalau bekas tambang dibiarkan begitu saja, apa bukannya bencana yang akan didapatkan oleh rakyat? Mana kemakmurannya?

Nah, soal wisata. Saya pengennya berwisata ke tempat-tempat yang mempunyai pemandangan alam yang indah. Tidak muluk-muluk harus yang masih sangat alami, yang biasanya susah banget nemuinnya, harus naik gunung sampai puncak, atau harus menyelam lautan sampai kedalaman tertentu, tetapi setidaknya bukan jalan-jalan ke tempat di mana bumi sudah dikuras habis isinya dan ditinggalkan begitu saja.

Penasaran dengan PT. Newmont Nusa Tenggara, apakah juga lokasi tambangnya nanti akan ditinggalkan begitu saja bekasnya seperti danau kaolin yang ada di Bengkulu? Berharap dapet undangan nih, buat membuktikan, kalau saya akan menikmati tempat wisata yang indah, tapi bukan bekas tambang. (Semua gambar milik Cumilebay.com, digunakan seijin yang punya)

6951 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

7 Comments

  1. cumilebay.com December 29, 2013
  2. admin December 29, 2013
  3. ello aris December 30, 2013
  4. admin December 30, 2013
  5. Didi Wirawan December 30, 2013
  6. Coretan Hidup January 2, 2014
  7. cumilebay.com January 8, 2014

Leave a Reply