Biru Langit dan Laut Pulau Palambak

Pulau Palambak terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau yang indah ini bisa dicapai melalui Pelabuhan Pulau Sarok, Kabupaten Aceh Singkil, di mana ada dua kali jadwal penyeberangan pukul 08.00 dan pukul 13.00 dengan kapal kayu menuju Pulau Balai di Kepulauan Banyak. Penyeberangan dengan kapal feri hanya ada pada hari Selasa. Di pelabuhan tersebut juga ada kapal penyeberangan menuju Pulau Nias.

Pulau Palambak

Dari Pulau Balai yang berpenduduk sekitar 3.000 orang, perjalanan menuju Pulau Palambak dilakukan dengan kapal motor selama kurang lebih 4 jam. Pulau Palambak terletak di sebelah Selatan dari Pulau Balai. Selama perjalanan laut, Anda bisa menikmati indahnya panorama biru laut dan langit yang tak berkesudahan. Di perairan dangkal, Anda bisa menikmati pemandangan ikan-ikan yang berenang di air laut yang bening.

Salah satu spot menarik dari Pulau Palambak ini adalah spot diving yang sudah banyak dikenal wisatawan mancanegara. Spot diving itu antara lain adalah Ujung Lakita dan Ujung Lolok yang memiliki ketinggian ombak rata-rata 3 meter. Selain itu, ada tempat penangkaran penyu hijau di Pulau Palambak ini, tepatnya di Pulau Bangkaro. Pantainya yang putih dan bersih sangat disukai penyu untuk bertelur sepanjang tahun.

Pantai di Pulau Palambak juga bersih dari karang dan terumbu karang tumbuh sekitar 150 meter dari garis pantai sehingga pasir putihnya sungguh bersih. Selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa menjelajahi pulau (trekking) yang masih alami ini. Butuh sekitar 3 jam untuk mengitari seluruh pulau ini. Untuk bermalam di pulau ini, Anda bisa menginap di salah satu dari enam rumah panggung yang dibangun di Pulau Palambak.

Setiap rumah panggung memiliki 4 kamar tamu dan 1 kamar penjaga, serta sebua dapur dan tempat makan. Anda cukup membayar Rp. 100.000,- untuk menyewa satu kamar per malam dengan satu kamar diisi dua orang. Jika Anda kehabisan kamar, Anda masih bisa menggunakan extra bed atau mendirikan tenda di luar. Satu yang perlu Anda perhatikan, satu-satunya sumber listrik di sini. [G]

5201 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply