Candi Mendut, Wisata Candi Tak Hanya Borobudur

Di Indonesia, candi dikenal luas sebagai kebudayaan Hindu dan Buddha yang telah lama hadir jauh di masa lalu. Tidak hanya peninggalan budaya namun juga agama yang berkembang di Indonesia. Jika anda ke Jawa Tengah, tepatnya ke daerah Magelang, anda akan menemukan beberapa candi Buddha terkenal bahkan sampai mendunia, candi Borobudur. Namun selain Borobudur, ada candi satu lagi yang bisa anda nikmati sebagai wisata budaya. Yaitu Candi Mendut. Candi ini terletak sekitar satu sampai dua kilometer dari Borobudur, tepatnya di komplek candi-candi Magelang.

Jika anda sendiri berkunjung ke Jawa Tengah, tepatnya anda hanya cukup berada di kota Jogjakarta, menginap disana, dan meminta pihak hotel untuk menyewa sebuah mobil keluarga dan bepergian menuju Magelang. Candi Mendut tepat berada di Desa Mendut, Mungkid. Dari Jogja anda hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke candi ini. Jalan menuju candi cukup baik. Saat anda memasuki wilayah Magelang, anda akan disuguhi beberapa pengrajin ukiran batu-batu patung di sepanjang jalan. Itu menandakan anda akan semakin dekat dengan lokasi candi.

Mendut_Temple_Afternoon

Candi Mendut, sumber gambar.

Apa yang bisa dipelajari dari Candi Mendut? Sudah menjadi kebudayaan candi ini dipercaya sebagai candi untuk meminta keturunan pada masa kerjaan Buddha di Indonesia dulu. Tidak hanya itu, candi yang kini telah mengalami pemugaran ini pernah didatangi oleh wisatawan-wisatawan asing yang berdoa memohon kesembuhan atas penyakit yang mereka derita. Candi ini memiliki 3 patung arca. Dimana nama ketiga arca itu adalah Cakyamuni, Avalokiteswara, dan Maitreya. Di beberapa dinding juga terdapat pahatan relief seperti pada dinding candi Borobudur. Hanya saja menceritakan hal yang berbeda.

Karena kompleks candi yang tidak seluas Candi Borobudur, Candi Mendut banyak dihiasi tanaman rindang yang sejuk. Banyak lokasi candi yang cukup gersang jika anda ketahui yang ada di Indonesia. Tapi tidak dengan di sini. Bahkan ada sebuah vihara yang dihiasi dengan taman yang banyak ditumbuhi bunga. Ada beberapa juga pohon besar sebagai peneduh. Apalagi banyak lokasi yang bisa anda jadikan wisata berfoto-foto. Ada tiket yang harus anda bayar untuk masuk ke lokasi Candi Mendut ini. Setidaknya tiket ini tiket paketan, anda bisa membeli tiket seharga Rp 1.500,- per orang tiket akan berlaku hingga Candi Pawon. Sehingga anda tidak perlu membeli tiket lagi hingga ke Candi Pawon. Untuk kendaraan mobil tentu anda harus menyiapkan tiket parkir. Cukup anda tahu bahwa wisata ke Candi Mendut ini cukup murah.

Seperti layaknya tempat wisata lainnya, di Candi Mendut, banyak masyarakat sekitar yang menjajakan aneka souvenir yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh. Seperti gantungan kunci, hiasan meja berbentuk candi, asbak, lukisan, kalender dan lain sebagainya. Ada beberapa penjual panganan yang juga bisa anda temui di sini, khas Jawa Tengah. Akses ke lokasi bisa anda tempuh melalui Bandara Adisucipto jika anda berada di luar kota Magelang dan Jogjakarta, stasiun di Jogjakarta serta terminal bis yang ada, jangan khawatir aksesnya mudah ditempuh.

Penginapan yang berada di kota Magelang? Ada beberapa hotel berbintang tiga yang cukup murah yang bisa anda jadikan referensi menginap di Magelang. Keuntungannya, anda akan menginap dengan jarak yang cukup dekat dengan candi-candi di Magelang.

1. Saraswati Borobudur, Jalan Balaputeradewa No. 10, Borobudur, Magelang, Indonesia 56553

2. Sriti Hotel, Jl. Daha No. 23, Magelang Selatan, Magelang, Indonesia

3. The Oxalis Regency Hotel, jl. Cempaka No.17, Magelang Selatan, Magelang, Indonesia

Dengan begitu, anda bisa nyaman berwisata ke candi mendut tanpa khawatir lagi jarak yang jauh dari Jogja. Berlibur menikmati keindahan budaya negeri tercinta Indonesia.

6771 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Tags:

Leave a Reply