Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar

Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia, berketinggian 47 meter, dibangun pada abad 9 Masehi, letaknya berada 17 km arah timur Jogjakarta, di tepi jalan raya menuju Solo.

candi prambanan Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar

Candi utama yaitu Siwa (Tengah) Candi Brahma (Selatan) dan Candi Wisnu (Utara). Di depannya terletak candi Wahana (Kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti, Candi Angsa adalah kendaraan Brama (Dewa Penjaga), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta). Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memiliki pesona keindahan tersendiri. Selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan. Tak heran bila candi yang terletak di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata andalan bagi kedua kota tersebut.

Para wisatawan juga dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahat searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.

LEGENDA CANDI PRAMBANAN

Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) arah Utara, Pengunjung dapat melihat patung seorang putri cantik (Roro Jonggrang). Menurut legenda, Roro Jongrang adalah putri Raja Boko yang dikutuk menjadi patung oleh Bandung Bondowoso (Seorang lelaki Perkasa Putra Raja Pengging) yang ingin menikahinya. Roro Jongrang tidak mencintai, Bandung Bondowoso bersedia dinikahi dengan mengajukan syarat apabila Bandung dapat membuatkan seribu candi dalam satu malam dan Bandung menyanggupinya.

Dengan kekuatan supra naturalnya Bandung hampir menyelesaikan tugasnya, namun Roro Jonggrang berusaha menggagalkan dengan cara memerintah para wanita desa yang berada disebelah timur tempat Bandung membuat Candi untuk membakar jerami dan menumbuk padi, hingga suasananya seperti dini hari dan ayam-ayam berkokok, maka pada saat itu kekuatan supranatural untuk menggunakan jin / setan berlarian semua karena mereka mengira pagi telah datang. Karena tidak dapat menahan amarahnya Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.

Kisah legenda tersebut secara lengkap dapat Anda lihat di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain memiliki ruang Audio Visual yang memutarkan film selama 15 menit tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasi dan purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi serta perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten.

Selain merupakan tempat wisata situs candi, di kawasan tersebut juga dilengkapi fasilitas-fasilitas berupa taman bermain anak-anak, penjual cendera mata khas candi, sarana penunjang lain seperti rumah makan, area parkir, dan sarana ibadah.

Objek Wisata Candi Sewu Prambanan

Masih di kawasan Candi Prambanan, kurang lebih 1 km di utara, Anda dapat melihat komplek bangunan suci Candi Sewu. Agak berbeda dengan Prambanan, Candi Sewu merupakan peninggalan kebudayaan Buddha kedua terbesar setelah Borobudur.

Berdasarkan prasasti dan data arsitekturnya, Candi Sewu dibangun sekitar tahun 782 M–792 M, tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Panakaran dan Rakai Panaraban (seorang raja besar Mataram kuno). Dan merujuk pada prasasti berangka tahun 714 C atau 792 M yang ditemukan pada tahun 1960 disini, nama asli Candi Sewu adalah Manjus’rigrha atau rumah Manjusri, yaitu salah satu Boddhisatwa dalam agama Buddha.
Bangunan candi ini terletak di kawasan taman wisata Candi Prambanan, merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-19 oleh keluarga Syailendra. Diperkirakan candi ini sebagai biara para Bhiksu karena terdapat banyak kamar. Candi Sewu Prambanan, dari salah satu sisinya, bangunan ini telah dipugar oleh pemerintah melalui taman wisata candi.

Segala informasi yang berkenaan dengan Candi Prambanan, berikut berbagai jenis cindera mata, hingga buku-buku kepariwisataan dan potensi tujuan wisata sekitar DIY atau Jateng, bisa Anda dapatkan di Pusat Penerangan Candi Prambanan. Dan demi memudahkan wisatawan menikmati segala keindahan, disediakan sebuah rangkaian Kereta Mini yang akan mengelilingi kawasan Taman Wisata Candi Prambanan hingga ke Candi Sewu. Selain itu, kawasan Taman Wisata Candi Prambanan juga memiliki Arena Bermain Anak-Anak yang sejuk dan nyaman, dimana sering digunakan sebagai tempat lomba burung berkicau.

Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan Bumi Perkemahan Rama Shinta yang tersedia di dalam kawasan untuk acara-acara pertemuan, acara keluarga, ulang tahun, perpisahan sekolah maupun resepsi pernikahan. Sebab di Bumi Perkemahan tersedia tempat parkir, pendopo, toilet, kamar mandi dan lapangan olahraga yang dapat dimanfaatkan. Bahkan disini juga tersdia penyewaan tenda, pengeras suara, meja, kursi, lampu penerangan dan acara kesenian Reog, Jatilan.Peluang bisnis di sektor ini meliputi, perhotelan, kerajinan, biro perjalanan, tranportasi, dll. (Dari berbagai sumber)

331 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *