Cantiknya Sunset Di Air Terjun Toroan

Bagi Anda yang kebetulan mau jalan-jalan ke Kabupaten Sampang, wah, pas bener. Saya sedang menulis tentang obyek wisata Air Terjun Toroan di Sampang. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi saat di Madura.

Air Terjun Toroan terletak di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Masyarakat sekitar lokasi, pada umumnya bermata pencaharian sebagai seorang nelayan, karena Desa Ketapang Daya bersebelahan langsung dengan laut di bagian utara pulau Madura. Sebagian kecilnya saja yang bermata pencaharian sebagai pedagang dan beberapa orang perantau.

Untuk mencapai Desa Ketapang Daya dan menuju Air Terjun Toroan, Anda bisa turun di perempatan barisan atau di SMAN 1 Sampang. Setelah itu, bisa meneruskan dengan menaiki angkutan lota selama kurang lebih satu jam dengan biaya sekitar sepuluh ribu rupiah menuju jurusan Ketapang. Pemandangan yang bisa Anda nikmati selama perjalanan seharusnya cukup menarik, ada sawah-sawah di perbukitan dan rumah-rumah bergaya Madura. Ada juga pasar-pasar tradisional di sepanjang kanan dan kiri jalan.

Air Terjun Toroan agak berbeda dengan air terjun yang banyak terdapat di pegunungan, karena tingginya yang hanya sekitar 200 meter, tidak sampai puluhan atau bahkan ratusan meter, dan keunikan yang lain adalah aliran airnya yang langsung menuju ke laut. Air terjun ini dikelilingi dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitar air terjun. Sangat sejuk dan asri. Lelah selama menempuh perjalanan jauh pasti terbayar jika Anda sudah sampai di lokasi. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari atas, maupun dari bawah, karena tingginya yang hanya 200 meter.

Keadaan alam di sekitar Air Terjun Toroan masih sangat alami. Belum tersentuh oleh penambang pasir laut dan belum dikotori oleh coretan-coretan tangan yang membuat kotor objek wisata seperti di beberapa objek wisata lain. Batu-batu yang besar dan masih utuh, mampu menahan gelombang ombak dan pasirnya masih bersih di sepanjang bibir pantai. Anda bisa juga menyaksikan matahari terbenam di lokasi Air Terjun Toroan yang mempesona.

Satu yang masih agak disayangkan dari objek wisata Air Terjun Toroan adalah masih belum lengkapnya fasilitas yang mendukung seperti adanya hotel dan penginapan, rumah makan dan fasilitas bermain lainnya.

8742 Total Views 15 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. Your Name September 25, 2012
  2. Your Name September 25, 2012

Leave a Reply