Cara Memesan Tiket Kereta Api

Mau jalan-jalan menggunakan Kereta Api? Sekarang ini, mulai 8 Maret 2012 pemesanan tiket Kereta Api untuk kelas bisnis dan eksekutif jarak jauh sudah bisa dilakukan H-90. Artinya, 3 bulan sebelum keberangkatan Anda, tiket sudah bisa dipesan dan dibeli. Mau tau cara memesan tiket Kereta Api? Selain bisa dilakukan agen, Indomart dan Kantor Pos, Anda juga bisa menelpon ke kontak center. Begini caranya:

Tentukan Tanggal Keberangkatan

Memesan tiket Kereta Api jauh-jauh hari lebih baik dari pada jika dilakukan secara mendadak. Sistem yang sekarang ini digunakan, adalah penjualan tempat duduk yang hanya 100%, artinya penjualan tiket akan dihentikan bila semua tempat duduk telah habis terjual. Anda tidak akan dapat membeli tiket tanpa tempat duduk (berdiri) lagi. Nah, jika sudah banyak orang yang jauh-jauh hari memesan tiket Kereta Api tersebut, maka Anda tidak akan bisa mendapatkannya melalui pembelian langsung di loket pada hari H.

Siapkan Identitas Yang Akan Berangkat

Beberapa waktu lalu saya memesan tiket untuk dua orang, hanya perlu diwakili dengan satu nomer identitas saja. Tapi sejak kemarin tanggal 8 Maret 2012, peraturan sudah berubah kembali. PT. KAI memberlakukan satu tiket untuk satu penumpang. Artinya, jika Anda akan memesan tiket Kereta Api untuk 3 orang atau rombongan yang lebih besar, maka seluruh identitas penumpang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Mintalah nama lengkap dan nomer KTP calon penumpang.

Menelepon Call Center PT. KAI

Nomer telpon yang bisa Anda hubungi adalah 121. Atau, jika sibuk terus nadanya, Anda bisa mencoba menghubingi ke nomer (021) 21391121. Setelah itu tekan angka 1 untuk pemesanan tiket Kereta Api. Anda akan dilayani oleh customer service dan dicarikan tiket sesuai dengan permintaan. Harap diingat, tidak semua jadwal kereta api masih tersedia tempat duduknya. Adakalanya tiket sudah habis terjual.

Catat Kode Pembayaran dan Kode Pemesanan

Jika tiket kereta api yang Anda inginkan memang masih ada alokasi tempat duduknya, maka Anda bisa langsung memilih nomer tempat duduk. Jika menginginkan yang dibagian tengah, pilihlah nomer 7 s.d 10. Kursi yang di dekat toilet adalah kursi nomer 17. Jika ingin menonton televisi, pilihlah sekitar nomer 2 atau 3. Setelah memilih nomer tempat duduk, maka pemesanan bisa segera diselesaikan. Anda akan diberikan nomer kode pembayaran dan nomer kode pemesanan. Catat baik-baik, karena dua nomer kode ini penting untuk membayar dan menukarkan tiket Kereta Api nantinya. Contoh nomer kode pembayaran: 999234005009259. Contoh nomer kode pemesanan: XQQ6ADY.

Bayar Tiket Melalui ATM

Beberapa Bank telah bekerjasama dengan PT. KAI untuk dapat melakukan pembayaran pemesanan tiket melalui ATM. Sebagai contoh, saya menggunakan Bank Mandiri, pilihlah menu pembayaran, terus TIKET, pilih KERETA API. Ketikkan nomer kode pembayaran, contoh, 999234005009259, akan keluar data tiket yang telah kita pesan, yaitu Nama Penumpang, Nama Kereta Api, Tanggal Keberangkatan, dan jumlah nominal uang yang harus Anda bayarkan. Jika sesuai dengan pemesanan, barulah tekan YA, lakukan pembayaran. Simpan struk ATM sebagai tanda Anda telah melakukan pembayaran. Ingat, jika perjalanan Anda dengan Kereta Api masih lama, segera fotokopi struk bukti pembayaran, karena tinta di kertas ATM gampang hilang setelah beberapa hari.

Tukarkan Bukti Pembayaran Dengan Tiket Kereta Api

Jika sudah selesai sampai tahap pembayaran di ATM, sebenarnya Anda sudah bisa bernafas lega. Karena sudah bisa dikatakan tiket berada di tangan. Hanya satu langkah lagi, maka Anda bisa naik Kereta Api menuju kota tujuan. Penukaran bukti pembayaran menjadi tiket bisa langsung dilakukan di stasiun keberangkatan, maksimal sampai dengan satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Saya sendiri memilih mendadak saja menukarkan tiketnya. Jangan lupa ya, bawa KTP asli dan 1 lembar fotokopinya!

Beberapa pertanyaan yang sering muncul:

Apakah bisa saya memesan tiket Kereta Api PP?

Bisa. Dalam satu kali menghubungi call center, saya biasa membeli tiket untuk keberangkatan, sekaligus untuk jadwal pulang kembali ke Jakarta. Hanya saja transaksi itu akan dilakukan secara terpisah. Jadi , akan ada dua kode pemesanan dan dua kode pembayaran.

Apakah ada biaya yang dibebankan kepada kita?

Ya, ada. Biaya per transaksi adalah sebesar Rp. 7.500,- (Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah) Jika melakukan transaksi pembelian tiket kereta api untuk berangkat dan kembali, maka akan dihitung sebagai dua transaksi dan dikenakan biaya dua kali transaksi.

Apakah bisa memesankan untuk orang lain?

Bisa saja, selama nama penumpang dan nomer KTP sesuai. Yang perlu diingat adalah akan ada pemeriksaan KTP pada saat penukaran tiket. KTP harus sesuai dengan pada saat pemesanan.

Jika saya membatalkan perjalanan, apakah bisa tiket dikembalikan?

Bisa. Datanglah ke stasiun dan kembalikan tiket yang batal digunakan. Tentu akan ada pemotongan dan biaya administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Oke, selamat memesan tiket Kereta Api dan bersenang-senang sepanjang perjalanan.

12851 Total Views 15 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply