Cari Informasi Pariwisata Indonesia Di Situs Resminya: Indonesia.Travel

Sebagai seorang blogger yang doyan jalan-jalan, tentu ‘makanan‘ sehari-hari adalah situs-situs yang menuliskan tentang berbagai destinasi pariwisata, termasuk juga tulisan traveler blogger di blog. Tulisan tentang tempat wisata yang indah itu seperti punya magnet yang menarik batin saya dan berkata, “Saya harus ke tempat itu!”

Website Indonesia.travel adalah situs resmi pariwisata Indonesia. Hampir semua destinasi wisata di seluruh Indonesia ada di sana. Situs tersebut bagaikan ratjoen, sekali klik halaman depan [home] bakalan nggak bisa berhenti klak-klik halaman-halaman berikutnya.

Desain Website

Dibandingkan tampilannya beberapa waktu lalu, saya lebih suka yang sekarang ini, dengan view seperti windows 8 berupa slide-slide gambar yang bergerak. Detail gambar yang jernih dan ukuran piksel yang besar, tak membuat loading situs Indonesia.travel ini menjadi lambat.

Drop down menu di bagian kanan atas juga memudahkan pencarian. Social media buttons terdapat di sebelah kanan bawah juga lengkap.

Wonderful Indonesia

Tetapi sebagai orang yang ‘riwil’, saya melihat ada sedikit kekurangan saat tampilan di klik per destinasi, tidak semua destinasi memiliki thumbnail. 😳

Aktivitas Sosial Media

Dari dua sosial media yang saya lihat, baik Facebook maupun Twitter, kok masih kurang ya kayaknya. Facebook fan page-nya tidak update setiap hari. Hanya dua atau tiga hari sekali. Tweet-nya juga jarang-jarang.

Sepertinya sayang sekali ya, halaman yang memiliki 91.000 likes dan twitter dengan pengikut lebih dari 94.000, kalau tidak digunakan sebagai ‘media’ menyebarkan keindahan Indonesia secara optimal.

Informasi Konten

Sebagai sebuah situs resmi, Indonesia.travel sudah informatif dan lengkap dalam membahas sebuah destinasi wisata. Memang berbeda dengan blog, karena bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi, jadi ‘rasa pengalaman pribadi’ yang didapat saat membaca tentu jauh berbeda dibandingkan jika membaca catatan perjalanan blogger lain di sebuah blog.

Konten juga sudah dilengkapi dengan foto-foto dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang bagus. Ini yang penting, karena foto juga ‘bercerita’.

Kelengkapan Destinasi/Daya Tarik Wisata

Destinasi wisata itu tidak hanya sebuah objek wisatanya saja yang ditampilkan informasinya. Selain tempat menarik untuk dikunjungi, tentu pembaca membutuhkan informasi di mana harus menginap, makanan khas apa saja yang bisa dicoba, budaya apa saja yang bisa dipelajari, bagaimana untuk mencapai lokasinya (peta yang jelas) dan lain sebagainya.

Website Indonesia.travel jauh lebih juara dari blog kalau dalam hal ini. Saya harus mengakuinya.

Update News

Untuk headline news dan events di Indonesia.travel saya lihat sudah cukup baik dan update secara reguler.

Dua hari lalu, saya mendapatkan komentar di blog ini, bahwa lokasi Ucok Durian sudah pindah, tak lagi di Jalan Iskandar Muda Medan.

Sebagai official tourism website, Indonesia.travel seharusnya juga selalu meng-update tulisannya tentang destinasi wisata sesuai dengan keadaannya saat ini.

Interaktifitas

Situs resmi pemerintah seperti Indonesia.travel seperti ini memang sudah tepat jika menerapkan keanggotaan (registrasi) untuk dapat berkomentar dan berinteraksi.

Quiz

Soal kuis, saya punya ‘dendam‘ pribadi nih sama Indonesia.travel *uhuks*. Alih-alih ngadain lomba yang dinilai secara kualitas, Indonesia.travel masih ‘hobi’ menilainya dari segi kuantitas, seperti banyak-banyakan like. Lomba inipun saya lihat juga masih ada ‘bau‘nya pengaruh kuantitas, dilihat dari adanya leaderboard (meski ada Barry sebagai juri). 😳

Jadinya saya nggak pernah menang deh kalau penilaiannya banyak-banyakan like atau banyak-banyakan ngajak temen untuk like. (Jadi inget lomba yang hadiahnya jalan-jalan ke Komodo waktu itu dan saya kalah!)

Yang sekarang ini justru nothing to lose, karena udah pernah jalan-jalan sendiri keliling Sumatera Utara, hehehe. *berdoa Indonesia.travel ngadain lomba hadiahnya ke Komodo lagi* *atau justru ngajakin saya langsung jalan-jalan ke Komodo tanpa kuis-kuisan* #KemudianDigigitKomodo

6104 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. zulheldi.mz October 19, 2013

Leave a Reply