Cobain Deh Es Teler Latanete di Pengayoman, Makassar

Wisata kuliner saat jalan-jalan itu buat saya nggak harus memasuki sebuah restoran mewah dengan menu yang beragam. Menikmati secangkir es teler seharga lima ribu rupiah di pinggir jalanpun bisa menjadi sebuah wisata kuliner yang tak terlupakan. Coba, apa jawaban Anda jika ditanya makan apa di Makassar? Pada umumnya akan menjawab dengan Coto, Ikan Bakar, Mie Titi, Jalangkote, atau Pallu Basa yang memang sudah sangat terkenal di Makassar. Tapi, tahukah teman-teman, kalau es teler di Makassar beda dengan di Jawa dan tak kalah enaknya?

Saya senang sekali ketika diajak mampir ke sebuah kedai es teler di pinggir jalan Pangayoman. Awalnya, memang agak meragukan. Soalnya, mobil butut sebagai tempat jualannya, bukan sebuah gerobak yang rapi yang biasanya digunakan oleh pedagang asongan di pinggir jalan. Yah, tapi karena rekomendasi dari seorang teman, akhirnya saya nurut saja dipesankan satu gelas es teler khas Makassar.

Es Teler Latanete

Dari spanduk yang dipasang di belakang mobilnya, es teler itu bernama Es Teler Latanete. Ada di ujung jalan Pangayoman, di dekat tugu yang berbentuk bola bowling, kalau saya tak salah ingat. Lumayan teduh tempatnya karena tempat duduknya ada di bawah pohon. Dan pembeli es teler ini lumayan banyak, meski tidak dimakan langsung di tempat. Selama saya duduk, ada beberapa orang membeli es teler di sini dan minta untuk dibungkus.

Dari gambar di atas juga sudah bisa terlihat kan, ada perbedaan dengan es teler yang ada di Jawa. Es teler Latanete isinya ada tambahan kacang goreng yang dilapisi dengan karamel. Rasanya tentu manis. Dan renyah, kriuk-kriuk. Isi lainnya sih hampir sama, potongan buah, agar-agar dan butiran mutiara. Ditambah dengan es serut dan susu di atasnya, rasanya seger diminum siang-siang saat panas terik menyengat di Kota Makassar.

Penasaran pengen nyobain? Murah banget kok segelas hanya Rp. 5.000,- saja dan dijamin perut langsung kenyang. Habis itu, bisa dilanjutin lagi deh jalan-jalan muterin Kota Makassar. Jangan lupa mampir ke Benteng Fort Rotterdam ya!

4443 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply