Coto Makassar, Makanan Khas Makassar yang Berkuah

Kota Makassar sangat pantas disebut surganya pecinta kuliner. Selain hidangan-hidangan seafood, Makassar memiliki banyak makanan khas yang layak Anda cicipi. Makanan-makanan khas kota Makassar memiliki ciri dengan olahan daging berkuah dan bumbu rempah khas Makassar. Makanan khas kota Makassar merupakan perpaduan budaya sejumlah daerah, yaitu Budaya Cina, Arab, dan Indonesia bagian Timur.

Coto Paraikatte

Bisa dibilang, belum ke Makassar kalau belum mencicipi Coto Makassar. Coto Makassar yang menjadi ikon kuliner kota Makassar merupakan perpaduan semua bumbu dapur. Daging atau jeroan direbus bersama dengan bumbu rempah, kaldu jeroan sapi, air beras, dan kacang goreng halus. Air beras sebenarnya bukan bumbu wajib, beberapa warung tidak menggunakannya, kadang menggantinya dengan susu untuk menghasilkan rasa gurih. Coto Makassar akan lebih nikmat bila dibumbui dengan tauco.

Coto Makassar tidak dimakan dengan nasi, sebagai gantinya adalah ketupat atau burasa. Warung-warung Coto Makassar bisa ditemui di setiap sudut kota Makassar. Tapi perlu Anda ketahui banyak warung Coto Makassar yang tutup ketika stoknya sudah habis. Karena Coto Makassar merupakan santapan pagi dan makan siang, banyak warung Coto Makassar yang sudah tutup jam 13.00. Tetapi untungnya ada beberapa warung Coto Makassar yang buka 24 jam, sehingga Anda bisa menyantap Coto Makassar sambil menikmati suasana malam hari kota Makassar.

Sebagai referensi, Anda bisa mengunjungi warung-warung Coto Makassar berikut ini. Warung Coto Nusantara bertempat di Jalan Nusantara, tepatnya di seberang Peti Kemas Soekarno Hatta Makassar. Satu porsi Coto Nusantara ini bisa dihargai Rp. 10.000,-. Mau yang lebih murah? Warung Coto Daeng Sirua yang beralamat di Jl. Abd. Daeng Sirua No. 10 menawarkan harga Rp. 9.000,- per porsinya. Coto Nusantara dan Coto Daeng Sirua sama-sama buka pukul 08.00 dan tutup jika stok cotonya sudah habis.

Jika ingin mencicipi Coto Makassar pada malam hari, Anda bisa mencari warung Aroma Coto Gagak dan Coto Daeng Begadang yang buka 24 jam. Warung Aroma Coto Gagak yang beralamat di Jalan Gagak No. 27 Makassar ini menawarkan harga Rp. 8.000,- per porsinya. Warung Coto Daeng Bedang terletak di Jalan Karunrung Makassar dan menawarkan harga yang paling bersahabat, yaitu Rp. 6.000,- per porsinya. Jangan lupa makan Coto Makassar saat jalan-jalan ke Makassar.

3213 Total Views 2 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. abdi May 19, 2012

Leave a Reply