Curug Cigamea, Curug Kembar di Pamijahan

Kehabisan stok tempat tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi untuk jalan-jalan di akhir pekan ini? Tenang saja, ada objek wisata di sekitaran Jakarta yang bisa Anda capai hanya dalam beberapa jam saja berkendara ke sana. Salah satunya adalah Curug Cigamea. Lokasi Curug Cigamea ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug Cigamea merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Ada lima air terjun di sekitar Curug Cigamea. Ya, LIMA! Dan Curug Cigamea adalah air terjun pertama kali yang akan Anda temui sebelum kelima air terjun lainnya. Kawasan wisata Gunung Salak Endah memiliki objek wisata enam air terjun (Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Sewu dan Curug Cigamea), satu pemandian air panas (Gunung Picung) dan satu wisata kawah (Kawah Ratu). Semuanya bisa Anda kunjungi dalam satu paket perjalanan wisata, dan bisa Anda jadikan salah satu daftar tujuan wisata Anda minggu depan!

Bagaimana cara untuk mencapai objek wisata Curug Cigamea? Gampang. Menuju daerah Pamijahan Bogor, untuk ke lokasi air terjunnya memang diharuskan berjalan kaki menyusuri turunan sejauh tiga ratus meter. Ada beberapa air terjun dengan ukuran kecil, hanya berkisar 5 sampai sepuluh meter saja tingginya. Jika tak salah hitung, ada setidaknya tiga air terjun di sisi kanan jalan, dibalik semak-semak dan rerimbunan pohon.  Anda tak akan merasa lelah, karena jalanan setapak yang terbuat dari batu cukup baik dan merupakan anak tangga yang memiliki beberapa tempat peristirahatan.

Mirip dengan beberapa lokasi dengan tipe wisata yang sama, di Curug Cigamea, Anda juga akan disambut deretan penjual makanan ringan berupa mie dalam kemasan dan kopi-kopi siap seduh. Juga berbagai macam merk minuman kaleng yang bisa Anda nikmati, baik yang berupa minuman dingin atau biasa saja.

Objek wisata Curug Cigamea terdiri dari dua curug utama dengan tebing yang curam dan satu agi berada di celah tebing. Air terjun yang pertama, debit airnya lebih kecil daripada air terjun yang kedua. Hanya berupa percikan air dan di sekitarnya terdapat banyak batuan berwarna hitam, sehingga air yang menggenang di bawah curug tidak terlalu banyak. Di bawah air terjun yang pertama, pengunjung tidak bisa berenang karena jumlah air yang terbatas tersebut. Beberapa pengunjung memanfaatkannya untuk berfoto di bawah percikan air terjun di sisi kanan dan kirinya.

Untuk air terjun yang kedua, lebih deras dan tingginya mencapai tiga puluh meter berada di celah tebing. Tingginya debit air yang mengalir dari atas, mirip dengan aliran sungai yang membentuk kolam di bawah air terjun dan dapat dimanfaatkan untuk berenang. Meski warna batunya juga kehitaman, namun ada corak kecoklatan dan semburat warna merah, menambah keindahan. Jika Anda memiliki banyak waktu untuk beristirahat dan menikmati pemandangan, Anda bisa juga naik ke atas tebing dan meloncat ke dalam kolam untuk merasakan dingin dan segarnya air kolam di bawah air terjun.

Namun, kehati-hatian juga harus dijaga selama berkunjung ke objek wisata seperti Curug Cigamea ini. Jangan sampai terpeleset dan terbentur bebatuan. Sangat tepat jika Anda mengajak anggota keluarga untuk berwisata di Curug Cigamea.

8201 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply