Curug Putri Pelangi di Kaki Gunung Salak Bogor

Pemandangan menuju Curug Putri Pelangi

Ada keindahan air terjun di kaki Gunung Salak yang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Sebenarnya jaraknya tak terlalu jauh dari Jakarta, namun akses masuknya belum begitu bagus, sehingga untuk pejalan kebanyakan yang mementingkan kenyamanan, belum tentu tertarik untuk berkunjung ke Curug Putri Pelangi di Kabupaten Bogor ini.

Pemandangan sepanjang jalan begitu menyenangkan. Udaranya sejuk. Hamparan pepohonan hijau dan langit yang bersih menemani sepanjang perjalanan, meskipun jalan berbatu dan berlumpur masih lebih banyak daripada jalan beraspal, dalam 2 kilometer terakhir.

Jalur menuju Curug Putri Pelangi

Di beberapa bagian malah jalannya berupa jalan tanah yang saya bayangkan akan sangat licin jika terkena air hujan. Mobil sedan akan kesulitan menempuh jalan ini, apalagi jika ada kubangan bekas ban mobil truk yang memang banyak lalu lalang di daerah ini. Saya tidak tahu untuk apa truk itu, tetapi dugaan saya adalah mengangkut hasil bumi daerah sekitar untuk dibawa ke kota, karena sepanjang jalan saya banyak melihat bapak-bapak memanggul buah nanas dari lahan-lahan pertanian sekitar.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Curug Putri Pelangi, kami memarkir kendaraan dan mulai menuruni ratusan anak tangganya. Posisi air terjun Putri Pelangi adalah di bawah, sehingga pada saat kita datang kita akan menuruni anak tangga, dan saat akan pulang, kita harus menaiki ratusan anak tangga. Jadi persiapkan tenaga sebaik mungkin ya. Lumayan curam tangga-tangganya, tetapi semua sudah dibatu dan diberi pegangan oleh pengelola, sehingga cukup memudahkan buat pengunjung.

Kembali, pemandangan menuju air terjun ini hijau dan indah, seperti yang tertangkap kamera saya. Tidak akan rugi membayar harga tiket masuk Curug Putri Pelangi sebesar Rp. 10.000,- per orang (Januari 2015) dibandingkan dengan keindahan yang kita dapatkan.

Tangga menuju Air Terjun Putri Pelangi Gunung Salak

Saya perlu beristirahat dua hingga 3 kali, sebelum akhirnya sampai di bawah, di pintu masuk Curug Putri Pelangi. Maklum, menggendong anak seberat 20 kilogram, bukan hal yang mudah. Apalagi di perjalanan kali ini, tidak begitu kooperatif seperti jalan-jalan sebelumnya. Anak minta digendong terus-terusan, baik turun tangga, maupun naik tangga.

Perjalanan menuju Air Terjun Putri Pelangi Bogor

Perjuangan yang lumayan berat tersebut akhirnya terbayar sudah. Jika sampai air terjun Putri Pelangi, pastilah lelah itu langsung hilang. Siap-siap nyebur dan merasakan dinginnya air terjun ya! Kalau saya sih memilih jadi fotografer saja. Tukang jepret foto-foto doang. Urusan berenang dan mandi-mandi, biarlah suami sama anak saja. Hahahaha.

Indahnya Curug Putri Pelangi Gunung Salak Bogor

 

4 Comments

  1. WewW February 16, 2015
  2. yadi suparlan May 20, 2016
  3. lucy April 16, 2017
  4. lucy April 16, 2017

Leave a Reply