Daftar Objek Wisata Di Nusa Tenggara Barat [Bag 2]

Batu Bolong

Batu bolong merupakan tempat wisata dekat pantai di mana terbuat sebuah batu yang berlubang cukup besar di bagian tengahnya. Di sini terdapat juga sebuah pura yang berdiri di atas batu karang. Pura ini berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali. Sering diadakan upacara-upacara keagamaan oleh masyarakat yang beragama Hindu dan dari tempat ini dapat dinikmati matahari tenggelam.

Taman Suranadi

Merupakan salah satu pura suci di Pulau Lombok dan memiliki beberapa mata air serta ikan tuna yang hidup di kolam yang dianggap suci dan tidak boleh ditangkap. Di samping itu, Suranadi merupakan hutan wisata yang terletak 13 kilometer sebelah timur Kota Mataram. Udaranya sejuk dan dihuni berbagai jenis burung yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Sesaot

Sesaot terletak 5 kilometer di utara Suranadi dan merupakan kota pasar yang berada di tepi hutan. Di tempat ini terdapat sebuah lokasi wisata di mana pengunjung dapat berenang di sungai yang beada di dekatnya. Sungai ini dianggap sebagai salah satu sungai suci di Lombok karena airnya yang dingin berasal dari Gunung Rinjani yang dipercaya sebagai tempat bermukimnya para dewa. Untuk mencapai tempat ini pengunjung dapat menumpang angkutan umum dari Narmada.

Gunung Pengsong

Gunung Pengsong terletak 9 kilometer di selatan Mataram, dan terdapat pura yang sering dikunjungi wisatawan. Pura dengan latar belakang panorama gunung Rinjani, sawah dan juga laut. Lokasi ini pada masa Perang Dunia ke-2 pernah dijadikan tempat persembunyian tentara Jepang yang kalah perang. Sisa-sisa meriam peninggalan tentara Jepang masih dapat ditemui di tempat ini. Selain pemandangan, wisatawan juga disambut sejumlah hewan kera yang menghuni kawasan ini. Jika datang di pagi hari sebelum kabut yang menghalangi pandangan ke arah Gunung Rinjani, maka pemandangan yang sangat indah dapat Anda dapatkan.

Banyumulek

Terletak tidak jauh dari Mataram dan merupakan pusat pembuatan barang-barang dari tanah liat. Berbagai benda kerajinan dari tanah liat seperti pot, kendi dan botol dapat ditemui di tempat ini. Banyumulek terletak beberapa kilometer ke arah barat dari Mataram di jalan raya antara Sweta – Lembar.

Mesjid Kuno Bayan Beleq

Merupakan salah satu masjid yang didirikan pada masa awal berkembangnya Islam di Pulau Lombok. Lokasi mesjid kuno ini berjarak 80 kilometer dari Mataram terletak di Lombok Utara. Sumber tertulis mengenai berdirinya belum ditemukan, kira-kira dibangun 300 tahun yang lalu oleh seorang penghulu yang dimakamkan di kompleks masjid yang kemudian dikenal dengan nama makam Titi Mas Penghulu. Selain makam tersebut juga terdapat makam para kyai yang usianya diperkirakan sama dengan usia masjid tersebut.

Taun dan Bangko

Di bagian barat laut Pulau Lombok terdapat suatu semenanjung yang cukup luas yang memiliki beberapa lokasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Taun yang merupakan kawasan pantai yang indah dengan pasir pantainya yang putih. Lebih jauh ke barat dari Taun, anda akan tiba di Bangko yang juga merupakan kawasan pantai dan menjadi lokasi selancar. Untuk mencapai kawasan semenanjung ini Anda dapat menumpang kendaraan umum dari cakranegara ke Lembar yang merupakan kota pelabuhan kapal yang menghubungkan Bali dan Lombok.

Gili Nanggu dan Gili Gede

Lokasinya terletak di lepas pantai utara semenanjung dengan pemandangannya yang indah. Wisatawan yang ingin mengunjungi kedua pulau ini dapat menyewa perahu motor dari Lembar, Taun atau Labuhan Poh. Fasilitas penginapan hanya terdapat di Gili Nanggu, yaitu Cempaka Cottage. Pulau Gili Gede terdapat beberapa desa tradisional orang Bugis yang bekerja membuat perahu. Desa-desa ini memiliki pantai yang sangat indah dengan airnya yang jernih yang sangat cocok untuk snorkelling.

Senggigi

Merupakan kawasan wisata yang perkembangannya paling maju di Pulau Lombok. Di sini tersedia berbagai fasilitas wisata yang lengkap. Wilayah Senggigi merupakan rangkaian sejumlah teluk yang landai dengan pantai-pantainya yang indah hingga menjadi kawasan wisata unggulan di Pulau Lombok. Sebagian besar penginapan dan toko-toko di kawasan ini berada di sepanjang jalan utama yaitu di Jalan Raya Senggigi yang terletak sekitar 6 kilometer di utara Mataram.

Pura Batu Bolong

Letaknya sekitar 1 kilometer di selatan pusat wisata Senggigi. Pura Batu Bolong berada di sebuah batu karang di tepi pantai. Sebagai salah satu pura Hindu Bali maka pura Batu Bolong ini  diarahkan menghadap ke Gunung Agung yang merupakan gunung paling suci bagi penganut agama Hindu Bali. Pura ini berada di lokasi yang indah dan sangat bagus untuk menyaksikan matahari tenggelam. Kegiatan yang umumnya banyak dilakukan wisatawan di Senggigi adalah snorkeling dan menyelam. Peralatan snorkeling dapat disewa di sejumlah tempat di Senggigi, sementara beberapa operator penyelaman di Senggigi menyediakan peralatan dan fasilitas penyelam lainnya.

Pulau Gili Air

Terletak di lepas pantai barat laut Pulau Lombok terdapat 3 pulau kecil yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau Gili Air merupakan pulau yang memiliki populasi terbesar di kepulauan Gili dan pulau ini terletak paling dekat dengan pulau Lombok. Suasana pulau masih alami dan terasa sebagai kawasan pedesaan yang tenang karenanya sangat menyenangkan berjalan-jalan mengelilingi kawasan ini. Pulau Gili Air dikelilingi pantai namun tidak semuanya cocok untuk berenang karena airnya dangkal dengan dasar berbatu tajam.

Pulau Gili Meno

Pulau Gili Meno terletak di antara Gili Air dan Gili Trawangan merupakan pulau dengan jumlah penduduk paling kecil di kawasan ini. Pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai ketenangan dan kesunyian sambil menikmati keindahan pantai. Pantai yang berada di sisi timur pulau memiliki suasan yang sangat menyenangkan dan juga lokasi untuk snorkeling. Peralatan snorkeling dapat disewa di sejumlah losmen yang terdapat di Pulau Gili Meno ini. Penduduk setempat menyewakan perahu motor kepada pengunjung yang tertarik untuk memancing atau berjalan mengelilingi kawasan ini sambil melihat ikan lumba-lumba. Pulau ini tidak memiliki toko atau warung sehingga wisatawan harus melengkapi seluruh kebutuhan yang diperlukan jika akan tinggal lebih lama di Pulau ini. [bersambung]

5081 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. mucil May 26, 2013

Leave a Reply