Daftar Objek Wisata Di Nusa Tenggara Barat [Bag 3]

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar di antara tiga pulau yang berada di kawasan ini dan juga pulau dengan fasilitas wisata yang paling lengkap. Sangat menyenangkan berjalan kaki menyusuri pulau ini. Pulau Gili Trawangan memiliki panjang 2 km dan lebar 1,5 km sehingga wisatawan dapat berjalan mengelilingi pulau ini dalam waktu hanya dua jam. Di tempat ini terdapat sebuah meriam yang merupakan sisa peninggalan tentara Jepang yang pernah menduduki pulau ini. Dari puncak sebuah bukit di Gili Trawangan pada saat matahari tenggelam pengunjung dapat menikmati panorama ke arah Selat Bali dan menyaksikan Gunung Agung di Pulau Bali dari kejauhan.

Sukarara

Terletak di Lombok Tengah dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Propinsi NTB. Letaknya sekitar 30 kilometer dari Bandara Selaparang Mataram. Sukarara menarik untuk dikunjungi karena kegiatan sehari-hari masyarakat di desa ini adalah menenun. Ciri khas tenunan dari desa Sukarara ini tenunan memakai benang emas yang sering disebut kain songket. Desa ini telah dikenal menjadi salah satu desa objek wisata yang sering dikunjungi oleh para tamu Nusantara maupun mancanegara. Di sepanjang jalan desa ini banyak toko-toko yang menjual kain tenun dari desa setempat maupun desa-desa di sekitarnya. Para wanita di desa dengan pakaian adat sasak selalu siap mendemonstrasikan ketrampilan mereka.

Desa Beleka

Jauh sebelum Pulau Lombok menjadi destinasi pariwisata dunia, desa Beleka sudah dikenal sebagai pusat kerajinan tangan. Selama sudah hampir lebih dari 25 tahun desa ini menjadi salah satu desa yang menjual barang kerajinan Lombok untuk dipasarkan di Pulau Bali. Kerajinan tangan yang dihasilkan adalah rotan, ketak, kerajinan kayu, keris dan keramik. Desa ini terletak 15 kilometer di arah timur kota Praya.

Penujak

Adalah salah satu desa yang memproduksi gerabah Lombok dan Masbagik bersama-sama dengan desa Banyumulek. Desa ini dapat dikatakan sebagai salah satu desa yang dapat memperlihatkan proses pembuatan gerabah yang terbaik dari ketiganya. Biasanya pekerjaan pembuatan gerabah didominasi oleh kaum wanita. Tetapi karena banyaknya permintaan ekspor dari desa ini, kaum lelaki sudah mulai ikut serta dalam pembuatan gerabah.

Sade

Sade terletak di Desa Rambitan, merupakan salah satu desa tradisional Sasak yang masih asli. Rumah-rumah penduduk dibangun dari konstruksi bambu dan atapnya terbuat dari daun alang-alang. Dusun ini berpenghuni sekitar 100 orang dengan mata pencaharian utama adalah bertani. Usaha tambahan mereka adalah dengan menenun. Di dusun ini para pengunjung dapat menyaksikan kesenian Gendang Beleq dan Tari Oncer.

gili air lombok

Pantai Kuta dan Tanjung Aan

Dengan pantai pasir putihnya terletak di pantai selatan Pulau Lombok, dikelilingi oleh deretan perbukitan. Di pagi hari pemandangan yang menakjubkan dapat dilihat dari puncak perbukitan tersebut. Selain itu terdapat banyak pantai-pantai yang tak kalah menariknya di sepanjang pantai selatan. Di antaranya Pantai Seger, Aan, Mawi, Selong Belanak, Rowok dan mawun. Dua yang terakhir sangat bagus sebagai lokasi untuk selancar angin maupun untuk olahraga pantai lainnya.

Gerupuk

Terletak pada ujung sebuah teluk yang panjangnya 9 kilometer sebelah timur Desa Kuta. Mata pencaharian utama desa ini adalah nelayan dan menanam rumput laut yang dijemur di atas pagar bambu pada sepanjang jalan itu. Di samping itu, Gerupuk dikenal sebagai tempat yang digemari untuk berselancar dan berselancar angin. Desa ini banyak dikunjungi oleh tamu dari mancanegara yang mana tujuan utamanya adalah berselancar.

Desa Selong Blanak

Dua belas kilometer sebelah barat desa Kuta, di bagian selatan Pulau Lombok ada sebuah teluk yang sangat indah. Pantainya yang berpasir putih dan perkampungan nelayan, dengan perahu nelayan yang berwarna-warni terletak sebuah desa Selong Blanak. Desa ini dikenal para tamu mancanegara sebagai tempat berselancar yang indah.

Desa Mawi dan Mawun

Desa Mawi dan Mawun juga banyak dikunjungi para penggemar olahraga selancar dari mancanegara yang mana ombak di Pantai Desa Mawi termasuk ke dalam kategori sangat besar. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh para peselancar yang sudah berpengalaman. Mawun terletak 8 kilometer sebelah barat desa Kuta, adalah pantai terpencil yang sangat indah di dunia. Ombak di pantai ini tidak pernah mengecewakan para peselancar karena gelombangnya yang konsisten.

Tetebatu

Tetebatu terletak di sebelah selatan Gunung Rinjani. Merupakan tempat yang indah dengan suasana pegunungan. Wisatawan yang ingin mengunjungi wilayah Lombok tengah dapat menjadikan Tetebatu sebagai basis atau pangkalan sebelum melanjutkan perjalanan mengeksplorasi wilayah Lombok Tengah. Dari Tetebatu wisatawan dapat menyewa kendaraan (motor atau mobil) untuk mengelilingi wilayah di sekitarnya. Panorama di kawasan Tetebatu sangat indah dari tempat ini terbentang pemandangan ke arah selatan pulau Lombok. Panorama Gunung Rinjani di utara dan pemandangan ke laut jika kita menghadap ke arah timur. Tetebatu merupakan tempat yang sempurna untuk beristirahat bagi Anda yang menyukai suasana alam pegunungan.

Air Terjun Jukut dan Joben

Dari kawasan Tetebatu juga menjadi titik awal untuk memulai kegiatan hiking mengunjungi dua air terjun yaitu Air Terjun Jukut dan Air Terjun Joben. Air terjun Jukut terletak di timur laut dan air terjun Joben terletak di barat laut Tetebatu. Kedua air terjun ini berada di lereng selatan Gunung Rinjani. Tidak ada angkutan umum yang tersedia untuk mengunjungi dua lokasi ini sehingga pengunjung harus membawa kendaraan sendiri atau berjalan kaki selama satu setengah jam dari Tetebatu.

Kuta

Lokasi wisata paling terkenal di Lombok Selatan yang berada di sebuah teluk dengan panorama indah. Kuta meupakan kawasan dengan pantai pasir putih dan laut yang membiru. Pantai ini dikelilingi kawasan perbukitan yang menambah keindahan lokasi wisata ini. Mungkin karena keindahan pantainya yang menyaingi pantai Kuta di Bali maka tempat ini sama-sama memiliki nama “Kuta”. Namun Pantai Kuta di Lombok memiliki suasana yang lebih tenang dibandingkan Kuta Bali yang cenderung hiruk pikuk. Walaupun saat ini fasilitasnya masih kurang lengkap, namun di masa depan Pantai Kuta Lombok memiliki prospek yang sangat baik untuk berkembang sebagai lokasi wisata alternatif selain Bali.

5209 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply