Daftar Objek Wisata Di Nusa Tenggara Barat [Bag 4]

Pantai Segar

Adalah salah satu lokasi menarik yang ditemui di timur Kuta. Sekitar 2 kilometer ke arah timur dari Pantai Segar terdapat sebuah bukit karang. Dari ketinggian puncak bukit ini wisatawan dapat menikmati panorama wilayah ini yang indah jika wisatawan memanjat ke puncaknya pada pagi hari yang cerah.

Selong dan Labuhan Haji

Di selatan labuhan Lombok terdapat Selong yang merupakan ibukota kecamatan Lombok Timur. Selong memiliki beberapa bangunan peninggalan kolonial. Menuju ke arah tenggara dari Selong terdapat Labuhan Haji. Di tempat ini terdapat pantai dengan pasirnya yang hitam namun perairan di sini cukup bagus untuk berenang.

Tanjung Luar dan Tanjung Ringgit

Tanjung luar merupakan salah satu pelabuhan perikanan utama di Lombok. Tempat ini juga menjadi wilayah pemukiman masyarakat Bugis yang tinggal di rumah-rumah bertiang. Keruak yang terletak tak jauh dari Tanjung Luar merupakan tempat orang Bugis membuat kapal dari kayu, sedangkan di Sukaraja merupakan wilayah yang menjadi pemukiman suku sasak. Di Sukaraja wisatawan dapat membeli hasil kerajinan ukiran kayu buatan masyarakat setempat. Semakin ke selatan kondisi jalan semakin kurang bagus sehingga memasuki wilayah semenanjung yang berada di ujung selatan pantai timur Pulau Lombok. Di bagian ujung timur semenanjung ini terdapat Tanjung Ringgit yang memiliki beberapa gua yang menurut legenda masyarakat setempat dihuni oleh mahluk halus.

Bangsal

Bangsal merupakan kota pelabuhan penyeberangan menuju ke Kepulauan Gili. Dari Bangsal perjalanan dapat dilanjutkan ke Karang Kates di mana terdapat mata air yang memancar ke luar. Di utara Karang Kates terdapat Godang. Dari desa ini perjalanan dapat dilanjutkan ke Air Terjun Tiu Pupas setinggi 30 meter melalui jalan yang kurang mulus.

Segentar

Terletak di wilayah paling utara Pulau Lombok yang merupakan desa Tradisional masyarakat suku Sasak. Segentar terletak sekitar 1 kilometer di sebelah barat Sukadana. Namun untuk menuju tempat ini harus melalui jalan yang kurang bagus kondisinya.

Desa Bayan

Lokasinya beberapa kilometer ke arah tenggara Sukadana melalui jalan raya utama yang disebut-sebut sebagai tempat asal mula kepercayaan Wektu Telu. Namun wilayah ini juga menjadi salah satu tempat awal penyebaran agama Islam. Di sini terdapat sebuah masjid yang diperkirakan berusia lebih dari 300 tahun dan disebut-sebut sebagai masjid yang tertua di Lombok.

Senaru

Adalah desa pertama yang ditemui dalam perjalanan ke Rinjani yang memiliki fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. Beberapa penginapan di tempat ini memiliki panorama yang sangat indah dengan latar belakang ke arah Gunung Rinjani.  Pastikan untuk singgah di air terjun Singgang (Sendang) yang sangat mengesankan.

Sendang Gile

Terletak kurang lebih 80 kilometer dari Mataram, merupakan tempat pemberhentian sebelum mendaki Gunung Rinjani. Di kawasan ini terdapat air terjun yang sangat indah dengan pemandangan yang alami serta air yang dingin. Tak jauh dari tempat ini terdapat juga air terjun Tiu Pepe yang sangat indah dan di tempat ini bisa berendam dan berenang.

Gunung Rinjani

Mendaki Gunung Rinjani merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Lombok. Khususnya bagi Anda yang menyukai wisata petualangan. Gunung Rinjani memiliki panorama indah dan para pendaki gunung dapat menikmati berbagai kecantikan alam yang ditemui sepanjang perjalanan kawasan ini. Pendakian ke Gunung Rinjani bisa menjadi pengalaman tak terlupakan apalagi pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut terdapat kaldera yang membentuk Danau Segara Anak.

Gunung ini terletak di Pulau Lombok bagian utara dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadi Gunung tertinggi kedua di Indonesia. Bagi masyarakat Hindu mereka percaya di puncaknya merupakan tempat suci tempat tinggal para Dewa. Di tengah-tengah terdapat gunung baru yang masih aktif dan tempat ini juga merupakan sumber mata air panas yang dinamakan Kokok Putih.

Teluk Bima

Sumbawa merupakan pulau yang banyak memiliki lokasi yang berpanorama indah. Di bagian timur pulaunya terdapat teluk Bima yang merupakan salah satu pelabuhan alam terbaik di Indonesia yang dikelilingi dataran subur. Pada saat tertentu masyarakat Sumbawa menggelar pertunjukan tradisional seperti pacuan kuda atau kerbau yang dilaksanakan sebelum masa tanam padi. Masyarakat juga menggelar pertunjukan berempah yang merupakan pertarungan tangan kosong.

Pacuan Kuda

Merupakan salah satu atraksi yang cukup menarik di Bima. Pertunjukan balapan kuda ini dilaksanakan di stadion balapan kuda di Desa Panda pada setiap hari minggu pada bulan Mei hingga Oktober. Puncak pertunjukan diselenggarakan pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus.

Rumah Adat Lengge

Uma Lige

Ada juga kegiatan Uma Lige (mahligai) yang di dalamnya adalah U a Pua (Sirih Puan) dan Al Quran untuk dipersembahkan kepada Sri Sultan Bima sebagai simbol peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Sirih Puan yang diarak ini diserahkan oleh Mubaligh atau keturunannya yang membawa agama Islam ke Bima pada tahun 1609 Masehi atau tahun 1018 Hijriyah.

Danataraha

Peninggalan Islam lainnya adalah kuburan raja yang disebut Danataraha yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari terminal bis Kota Bima, mendaki bukit dan menaiki 60 anak tangga. Di sini dapat dilihat kuburan petinggi kerajaan Bima. Di sana bersemayam antara lain perdana menteri Kesultanan Bima, Abdul Sama Ompu La Muni, Sultan Bima pertama yaitu Sultan Abdul Kahir Bin Sawo, sultan ke dua Sultan Abdul Kahir Sirajudin dan sultan lainnya seperti Sultan Nuruddin Ali serta Sultan Jamaludin Ali.

Maluk

Pada umumnya wisatawan yang berkunjung ke Bima adalah para penggemar olahraga selancar (surfing). Kawasan pantai Sumbawa Barat Daya seperti di Taliwang, Jereweh dan Maluk memiliki potensi pantai yang indah dan merupakan lokasi selancar yang menarik dengan ombaknya yang bagus. Pantai Maluk memiliki pasir berwarna putih dengan kawasan perairan yang sangat bagus untuk berselancar. Sekitar 10 kilometer di selatan Maluk terdapat Desa Sekongkong yang juga memiliki lokasi Pantai yang bagus untuk penggemar surfing.

Sumbawa Besar

Adalah sebuah kota kecil dan pada umumnya wisatawan dapat mengelilingi kota ini hanya dengan berjalan kaki. Kebanyakan wisatawan menjadikan Sumbawa Besar sebagai persinggahan atau tempat istirahat sambil melihat istana kesultanan Sumbawa sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata lainnya seperti Pulau Komodo atau Pulau Flores. Sumbawa Besar juga kerap dijadikan tempat persinggahan kapal pesiar mewah dari Bali. [bersambung]

5603 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply